10+ Contoh Budaya Organisasi di Indonesia Yang Kita Temukan

IlmuBudaya.Com- Budaya organisasi dalam bahasan dan cangkupannya begitu luas. Hal ini lantaran berhubungan erat dengan system kebiasaan yang ada dalam kelompok/komunitas dalam masyarakat. Khusus di Indonesia ada beberapa contoh budaya organisasi mudah sekali kita temukan, misalnya di kampus, sekolah, dan masyarakat.

Budaya Organisasi


Budaya organisasi adalah ciri khas yang hanya terdapat dalam satu kelompok yang diyakini sebagai aturan serta kepercyaan anggotanya dalam menjalankan segala aktivitas terkait kegiatan keseharaiannya. Hal ini mengindikasikan bahwa setiap kelompok-kelompok masyarakat memiliki karakteristik budaya organisasi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pengertian Budaya Organisasi

Perenyataan tentang stitemen di atas, tentusaja berdasarkan pada pendapat para ahli mengenai pengertian budaya organisasi. Antara lain;

Cushway dan Lodge (2000)

Pengertian budaya organisasi adalah serangkaian nilai dan norma dalam organisasi untuk menjadi pedoman dan pengaruh penting bagi berperilaku seseorang yang ada didalamnya. Dalam definisi ini dapat disimpulkan bahwa sejatinya budaya organisasi adalah tindakan dan aturan.

Robbins (1996)

Definisi budaya organisasi adalah persepsi yang menjadi pedoman bersama dalam melakukan tindakan yang sesuai dengan adat-istiadat dalam organisasi tersebut. Konteks ini secara langsung menyatakan bahwa budaya dan organisasi sebagai idiologi bersama yang harus di yakini.

Dari pengertian budaya organisasi menurut para ahli di atas. Dapat disimpulkan bahwa budaya dan organisasi ialah keyakinan yang menjadi aturan bersama sebagai simbul serta ciri khas yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Contoh Budaya Organisasi


Beragam contoh tindakan yang berkaitan dengan budaya organisasi di masyarakat, antara lain sebagai berkut;

Perusahaan

Contoh budaya organisasi perusahaan misalnya saja larangan untuk menikah selama bekerja di kantor. Larangan ini secara langsung mengindikasikan sebagai aturan yang seolah bagi yang sudah menikah di wajibkan untuk keluar kerja.

Ada banyak faktor dari aturan terhadap budaya larangan menikah ini, salah satu yang paling ditakutkan adalah mengindari perpecahan kosentrasi dalam melakukan kewajiban atas pekerjaan yang disandang. Sebagai diketahui bahwa orang yang sudah menikah bisanya lebih fokus pada urusan rumah tangga, terutama seorang wanita. SelengkapnyaBudaya Organisasi Perusahaan: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Kampus

Contoh lainnya dalam budaya organisasi ini juga bisa dilihat dalam kampus. Aturan kedisiplinan kampus bagi Mahasiswa FKIP ialah dilarang mempergunakan celana jens dalam model apapun, larang ini kemudian dijadikan budaya, lantaran sebagai calon guru tingkah serta titah lakukanya selalu menjadi contoh dikemudian hari.

Masyarakat

Contoh lainnya mengenai budaya organisai di dalam kehidupan masyarakat dapat dilihat ketika menjalankan aturan untuk gotong royong. Sebagi upaya menjaga kebersihan besama, konteks ini tentusaja menimbulkan bahwa masyarakat memiliki tanggungjawab pada lingkungannya.

Pemerintah di Indonesia

Contoh mengenai budaya organisasi yang ada di Indonesia, khususnya dalam kajian budaya politik partisipan ialah munculnya DPRD, DPD, DPR RI, dan Presiden. Seolah dalam aturan tersebut ada wewenang yang jelas yang membedakan fungsi satu dengan lainnya.

Administrasi

Prihal administrasi pada saat ini menjadi sangat penting dilakukan bagi setiap oragnisasi, baik informal ataupun nonformal. Kasus ini bahkan menjadi penting dengan membentuk LPJ (Laporan Pertangung Jawaban) sebagai bagian daripada administrasi.

Apabila tidak dilakukan dengan administrasi yang baik maka dapat dikatakan organisasi tersebut mendapatkan hukuman secara masyarakat atupun secara norma-norma dalam perusahaan. Bahkan tak jarang kerapihan administrasi menajdi nilai penting KPK dalam melihat kegiatan yang dilakukan.

Organisasi Sekolah

Contoh lainnya terhadap budaya organisasi di sekolah dapat dilihat dari berbagai bentuk kegiatan mahasiswanya, yang salah satunya ada KIR (Karya Ilmiah Remaja). Dalam KIR setiap anggota yang bergabung haruslah suka melakukan ekperiment dan meningkatn inovasi pemikiran yang diperlukan.
Keluarga

Contoh lainnya berkaitan dengan budaya organisasi ialah dalam keluarga, yang merupakan bagian terkecil dari kesatuan rumah tangga. Setiap keluarga diyakini memiliki konsep tersendiri antara anak dan orangtua. Misalnya saja larangan untuk pulang malam, larangan membawa pacar sebelum halal dan lain sebaginya.

Agama

Fenomena budaya organisasi dalam agama juga begitu terlihat, dalam hal ini misalnya saja untuk Organisasi NU (Nahdalutul Ulama’) yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia. Di NU ada bagian tersendiri bagi setiap anggota yang bergabung, antara PMII, Fatayat, Ansor, ataupun Muslimat sebagai badan otonomo memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi bagi calon anggotanya.

Dari serangkaian penjelasna tentang contoh budaya organisasi di Indonesia dalam berbagai sisi kajiannya yang telah ditemukan, maka dapat disimpulkan bahwa segala kegiatan dalam kelompok masyarakat yang dilakukan secara terus menrus dan menjadi aturan tingkah laku ialah bagian budaya organisasi.
Baca Juga; Budaya Organisasi: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, dan Contoh [Makalah Lengkap]
Semoga dengan adanya tulisan tentang contoh budaya organisasi ini dapat meningkatkan wawasan dan menambah pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang membutughkan literasi tentang “budaya dan organisasi”. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Contoh Budaya Organisasi di Indonesia Yang Kita Temukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel