10+ Karakteristik Budaya Organisasi Menurut Para Ahli secara Umum

IlmuBudaya.Com- Budaya organisasi menjadi penting yang harus diketahui bagi setiap segmen disiplin ilmu pengetahuan. Hal ini lantaran kelahirannya yang dianggap serius bagi para ahli. Latar belakang kelahirannya sendiri banyak terjadi setelah kekalahan perusahaan Amerika Serikat terhadap perusahaan Japang. Yang dianggap dalam hal ini Negara Jepang memiliki budaya organisasi pada kerja yang lebih baik. Oleh sebab itulah artikel ini mencoba menguraikan tentang karakteristik  budaya organisasi.

Budaya Organisasi


Pengertian budaya organisasi menurut para ahli secara umum dapat dikatakan sebagai ciri khas yang dijadikan sebagai pedoman dalam berprilaku pada anggota setiap masyarakat/kelompok di dalamnya. Oleh karena itulah setiap organisasi memiliki gaya yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Karakteristik Budaya Organisasi


Sejelan dengan hal itu ada beberapa karakteristik budaya organisasi, baik menurut ahli ataupun secara umum. Jika secara umum maka budaya organisasi yang terpenting adalah kebersamaan dan perepatan pada hasil akhir dalam sebuah rencana organisasi.

Sedangkan menurut pendapat para ahli tentang karakteristik yang ada pada budaya organisasi, antara lain diungpakan oleh para ahli berikut ini;

Luthas

Menurutnya, karakteristik yang utama dalam budaya organisasi antara lain;
  1. Keteraturan prilaku yang ada dalam kelopoknya. Hal ini bisa diamati dengan bahasa dan kebiasaan.
  2. Norma kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anggota dalam organisasinya.
  3. Nilai yang bersifat dominan dari serangkaian nilai yang diterapkan dalam suatu organisasi.
  4. Aturan yang menyakut seluruh element masyarakat yang tergabung dalam organisasi.
  5. Fisafat dalam setiap budaya organisasi, seperti implementasi keyakinan yang dijadikan idiologi.
  6. Iklim organisasi, berkaitan erat dengan budaya lokal yang menjadi ciri khas utama setiap seseorang dalam bergabung dalam organisasinya.

Kinicki

Menurut ahli ini system budaya organisasi yang ada dalam masyarakat, antara lain terdiri dari berbagai hal. Diantaranya adalah sebagai berikut;

Sosialisasi

Penerapan budaya organisasi melalui proses sosialisasi yang baik dalam masyarakat. Langkah ini utama dilakukan selain sebagai penganalan juga dianggap efektif memberikan pemahaman bagi setaip anggota yang ada dalam kelompok tersebut.

Pengaruh Tinggi

Memiliki pengaruh di tempat kerja. Dalam kajian ini tentusaja budaya organisasi akan membawa seseorang ada ikatan yang bersifat implisit sehingga harus di taati oleh setiap orang yang ada dalam masyarakat tersebut.

Memiliki Pandangan

Karakteristik utama dalam budaya organisasi ialah memiliki sejumlah pandangan yang berguna untuk mengevaluasi keseluruhan rencana agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hal inilah setidaknya diyakini bahwa setiap budaya organisasi memiliki padangan keluar dan juga ke dalam.

Dari sejumlah penjelasan mengenai karakteristik budaya organisasi yang ada dalam masyarakat di atas. Dapat disimpulkan bahwa kebudayaan dalam organisasi menjadi begitu penting sebagai identitas yang diyakini akan memajukan secara berkelompok.

Demikinalah penjelasan secara lengkap mengenai karakteristik budaya organisasi menurut para ahli dan secara umum. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menjadi wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Karakteristik Budaya Organisasi Menurut Para Ahli secara Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel