Budaya Asing: Pengertian, Unsur, dan Contoh [Lengkap]

IlmuBudaya.Com- Budaya Asing pada dasarnya merupakan sebuah makna yang sama dengan Budaya Barat atau Budaya Eropa. Histori kesamaan ini merunjuk pada pengaruh budaya bangsa-bangsa eropa terhap budaya nasional yang sudah ada. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan menuliskan tantang pengertian budaya asing, unsur, dan contohnya.

Budaya Asing


Budaya asing adalah suatu prilaku yang diserap oleh masyarakat di wilayah tertentu dengan mengambil dari kebiasaan di luar wilayahnya. Budaya inilah seringkali terjadi dalam dua proses panjang, pertama dengan system akulturasi dan proses asimilasi.

Budaya asing akan memberikan dampak positif dan negatif tergantung daripada penjalannya akan tetapi yang pasti dengan adanya budaya asing maka secara tidak langsung budaya lokal dan budaya nasional harus bisa memfiltralisasi sehingga tidak terancam keberadaanya.

Pengertian Budaya Asing


Pengertian budaya asing adalah adat kebiasaan masyarakat yang dilakukan dengan pemahaman masyarakat luas. Kejadian ini sudah terjadi di Indonesia akibat adanya globalisasi yang tidak terbendung lagi. Sehingga siapapun yang mengenal lebih dalam tentang budaya asing haruslah cerdas agar tidak terjerumus dalam keadaan yang tidak baik.

Pengertian Budaya Asing Menurut Para Ahli

Pendapat para ahli tentang definisi budaya asing antara lain sebagai berikut;

Novita Wijaya

Menurutnya, pengertian kebudayaan asing adalah tata kelakukan yang dijalankan oleh seseorang dalam masyarakat dengan bersumber dari dari luar daerah. Prilaku tersebut  diterima dan dijalani oleh seseorang dengan tanpa paksaan.

Wikipedia

Definisi budaya asing adalah budaya-budaya yang dilakukan masyarakat barat dengan  melakukan imitasi pada norma, system politik, ekonomi, dan sosial untuk kemudian dijalani dengan mengilangkan atau tidak kebudayaan lokal/nasional yang ada.

Dari pengertian budaya asing menurut para ahli di atas, dpatlah disimpulkan bahwa budaya asing adalah prilaku seseorang dalam masyarakat dengan mencontoh atau meniru prilaku yang dilakukan bangsa di benua Eropa. 

Unsur Budaya Asing

Adapun untuk beberapa sub bidang yang bisa terpengaruh dengan budaya asing. Antara sebagai berikut;

Politik

Bidang politik berkaiatan erat dengan pemerintahan dan kekuasaan. Percaya atupun tidak unsur ini sudah terpengarhui di Indonesia, misalnya saja dalam budaya politik partisipan yang mengedepankan system pemilaihan tokoh politik dengan partsipasi masyarakat. Selengkapnya, baca; Contoh Budaya Politik Partisipan dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia

Pada khusus di Indonesia sendiri sejatinya adalah kerjaan yang pemerintahannya tidak demokratis. Akan tetapi kesadaran akan adanya ciri budaya lokal yang berbeda antar satu dengan lainnya pada akhirnya Indonesia mengadopsi pemilihan budaya politik ini.

Agama

Unsur selanjutnya yang mendapatkan pengaruh dari budaya asing adalah unsur agama, seringkali melihat bahwa budaya asing mendapatkan peranannya pada unsur ini. Misalnya saja masuknya ajaran Kristen dari Bangsa Barat ataupun Masuknya Islam dari Bangsa Timur.

Teknologi

Peranan teknologi dalam budaya asing juga mendapatkan tempat yang baik dalam teknologi. Hal ini di dasari pada masyarakat bahwa untuk memperlancar urusan globalisasi yang tidak terbendung maka teknologi menjadi kunci kesuksesaanya.

Adat Istiadat

Unsur yang ada dalam budaya asing selanjutnya adalah adat Itiadat dengan aspek inilah masyarakat sedikit banyak akan terpengaruhi. Banyak kaitan adat ini, misalnya saja dalam segi pakaian, segi biacara, ataupun dalam segi kumunikasi pada seseorang.

Contoh Budaya Asing


Selanjutnya contoh yang dapat diberikan dalam peranannya budaya asing di Indonesia, misalnya saja kegiatan belajar Bahasa Inggris yang notabene sebagai bahasa Internasional. Bahasa yang dipelajari tersebut tentu bukanlah budaya di Indonesia dan bukan bagian daripada adat.

Akan tetapi lantaran ada keharusan agar masyarakat mendapatkan peran di dunia internasional maka setiap sekolah-sekolah di Indonesia diwajibkan memberi ajaran Bahasa Inggris. Sisi lainnya agar tidak mengilangkan budaya daerah dan budaya lokal maka pemerintah juga mencanangkan kewajiban belajar Bahasa Lokal dan Bahasa Indonesia. Selengkapnya, baca; 10 Contoh Budaya Asing di Indonesia Positif/Negatif

Serangkaian penjelasan mengenai pengertian, unsur, dan contoh budaya asing tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteritik yang muncul sebagai ciri khas tentang arti budaya asing. Antara lain adalah sebagai berikut;
  1. Mempengaruhi prilaku masyarakat
  2. Berasal dari luar daerah/wilayah
  3. Menjadi rutinitas yang dijalankan
  4. Mendatkan peranan yang dapat memajukan budaya lokal atau mengancamnya

Demikinalah serangkaian penjelasan dan pengulasan tentang pengertian, unsur, dan contoh budaya asing. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "Budaya Asing: Pengertian, Unsur, dan Contoh [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel