Budaya Lokal: Pengertian, Ciri, dan Contoh [Lengkap]

IlmuBudaya.Com- Budaya lokal (local culture) berkiatan erat keberadannya dalam budaya nasional. Budaya ini bersifat sentris dan menjadi salah satu ciri khas dari kearifan lokal setiap manusia yang hidup dalam kelompok masyarakat. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan mengungkapkan tentang pengertian, ciri, dan contoh budaya lokal.

Budaya Lokal


Budaya lokal adalah system kebiasaan yang dilakukan masyarakat dalam menguraikan tentang prilaku serta kegiatannya secara ajeg (terus menrus). Sistem ini bisa dalam bentuk tarian, suara, alat yang dipergunakan, politik, ekonomi, dan lain sebaginya.

Syarat dikatakan sebagai bagian dari budaya lokal setidaknya harus secara spesifik ada dalam masyarakat tersebut. Dengan demikian ciri khas yang melakat membuat setiap insan menydari akan pentingnya identitas diri.

Pengertian Budaya Lokal


Pengertian budaya lokal adalah system kebiasaan masyarakat secara terus menerus dilakukan sehingga menjadi ciri khas yang terdapat di dalamnya. Konteks ini sejalan dengan keinginan masyarakat yang memiliki identitas diri sebagai kebanggaan kesatuan dalam kelompok.

Dalam ilmu budaya dasar, bagian yang terdapat dalam budaya lokal ini identik dengan cara-cara serta prilaku yang dikerjakannya. Dua simbul inilah setidaknya mampu mengatakan bahwa budaya lokal akan bersifat bagi selama masih sejalan dengan norma dan nilai sosial yang ada.

Pengertian Budaya Lokal Menurut Para Ahli

Adapun pendapat para ahli tentang definisi dari kebudayaan lokal ini antara lain sebagai berikut;

W Ajawaila

Menurutnya, pengertian budaya lokal adalah kebiasaan masyarakat yang menjadi ciri khas kegiatan dengan mengedepankan pada aspek kebiasaan lokal masyarakat. Kondisi ini ada disetiap wilayah-wilayah yang tersebar di semua Negara, termasuk di Indonesia.

Murphy dan Hildebrand

Pengertian kebudayaan lokal adalah karakteristik yang lekat dengan nilai kedaerahan dalam perilaku kelompok masyarakat. Hal ini mengindikasikan bahwa budaya lokal mencangkup segala asepk kehidupan seperti pada aspek budaya politik partisipan atapun komunal.

Bovee dan Thill

Definis budaya lokal adalah sistemasisasi dalam uraian berbagai simbol-simbol masyarakat, sebagimana kepercayaan, idiologi, sikap, nilai-nilai, harapan, ataupun norma-norma untuk berprilaku dengan mengedepankan identitas yang dianutnya.

Geertz

Arti budaya lokal Indonesia adalah system budaya kedaerahan yang berbeda-beda di setiap wilayah, lantaran dipengaruhi oleh kondisional geografis masyarakat Indonesia yang berebeda-beda dari Pulau  Sabang sampai Meroke.

Dari penjelasan mengenai pengertian budaya lokal menurut para ahli di atas, dapat dikatakan bahwa budaya lokal adalah kebiasaan masyarakat dalam berprilaku yang sesuai dengan keadaerahan dimana berasal. Hal ini tentusaja mengindikaskan bahwa badaya lokal bagian daripada kearifan lokal masyarakat.

Ciri Budaya Lokal


Sedangkan untuk karakteristik yang ada dalam budaya lokal masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut;

Menjadi Identitas Setiap Orang

Karakteristik yang ada dalam budaya lokal ialah identitas kehidupannya yang hanya terdapat dalam kehidupan. Hal ini banyak dipengaruhi lantaran golongan etnik terbawa sejak lahir sehingga sulit sekali untuk dihilangkan keberadaannya.

Kesatuan Yang Kuat

Ciri dari kebudayaan lokal selanjutnya berakiatan dengan tingkat kekuataan, yang mana untuk kekuatan masyarakat yang memiliki budaya lokal tidak dapat diragukan lagi kesatuannya. Bahkan untuk menompang rasa kesatuan inilah setiap masyarakat yang masih masuk jajaran budaya lokal akan berusaha untuk memaksimalkan kesatuan antar golongan.

Tradisi Unik yang Dikenal

Ciri yang ada dalam kebudayaan lokal selanjutnya ialah tentang tradisi masyarakat yang lebih dikenal olehnya hanya dengan antar anggota. Tradisi unik ini menjadi identitas dan bahkan tak jarang diyakini sepenuh hari.

Baca Juga10 Ciri Budaya Lokal di Indonesia dan Contohnya
Contoh Budaya Lokal


Untuk kaiatannya dengan contoh budaya lokal yang ada di Indonesia semua wilayah-wilayah memilikinya. Meskipun ada budaya yang dilarang atau dianggap sebagai budaya primitive tapi pada kenyataannya malah menjadi hal yang menarik bagi kepariwisataan Indonesia.

Tarian Adat

Tarian adat menjadi salah satu jenis budaya lokal yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat dalam prosesi penyambutan tamu, ataupun dalam proses menciptakan acara-acara peringan besar. Tarian adat yang menjadi budaya lokal ini misalnya saja tarian Jawa, Tarian Kalimantan Barat, serta Tarian Sunda, dan lain sebaginya.

Bahasa

Bahasa menjadi identitas budaya lokal yang sampai saat ini masih dianggap sebagai system kekayaan Indonesia. Budaya memiliki karakteritik hubungannya dengan logal yang dipergunakan. Misalnya saja di bagian Indonesia Barat, Tengah, dan Indonesia bagian Timur memuliki kebiasaan bahasa yang berbeda dari satu ke yang lainnya.

Dari penjelasan mengenai pengertian kebudayaan lokal, ciri, dan contohnya di atas, maka dapatlah disimpulkan bahwa budaya lokal menjadi identitas sebagai setiap orang yang terbawa sejak lahir. Oleh karenanya adanya rasa kesatuan dan persatuan dalam masyarakat akhirnya terciptakan budaya nasional yang dipergunakan sebagai lembaga pemersatuan sekala besar.

Pemersatuan ini banyak di latarbelakangi dengan adanya persamaan sejarah. Sebagimana hal ini terjadi pada Indonesia yang memiliki sejarah sama-sama sebagai Negara jajahan di wilayah-wilayah yang di dalam naungannya.

Demikianlah penjelasan secara lengkap mengenai pengertian, ciri, dan contoh budaya lokal. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari tentang arti kebudayaan lokal Trimakasih, 

0 Response to "Budaya Lokal: Pengertian, Ciri, dan Contoh [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel