Budaya Nasional: Pengertian, Unsur, dan Contohnya Lengkap

IlmuBudaya.Com- Budaya menjadi element sangat penting bagi perkembangan hidup manusia. Setiap rutinitas kegiatan yang dilakukan seseorang dalam lingkungan masyarakat bisa dikatakan sebagai budaya. Konsep inilah setidaknya dijelaskan dalam ilmu budaya dasar yang juga membuat tentang pengertian budaya nasional, unsur, dan contohnya.

Budaya Nasional


Budaya nasional adalah sistemasiasi kegiatan manusia yang dilakukan secara berulang dari generasi satu ke yang lainnya. Kegiatan ini bisa terwujud melalui adat istiadat, kearifan lokal, politik, ekonomi, dan segi kehidupan yang lainnya.

Pengertian Budaya Nasional


Pengertian budaya nasional adalah kesatuan budaya lokal yang tergabung menjadi peleburan dalam meningkatnya eksistensinya tanpa menghilangkan nilai-nilai luhur ke Indonesia. Budaya nasional ini terwujud akan adanya kesadaran masyarakat di dalam pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

Pengertian Budaya Nasional Menurut Para Ahli

Adapun menurut pendaftar para ahli tentang arti “budaya nasional” antara lain diungkapkan oleh tokoh-tokoh kebudayaan dan Undang-Undang dasar, diantarnya;

Koentjaraningrat 

Definisi kebudayaan nasional ada budaya kesatuan yang memiliki peranan sebagai identitas masyarakat Indonesia yang dibentuk dengan latar belakang komunitas, suku daerah, dan adat yang ada. Hingga melahirkan ciri khas berbeda akan tetapi tujuannya sama yakni “mengeksistensikan Indonesia”

UUD 1945 Pasal 32

Dalam Undang-Undang Dasar arti kebudayaan nasional ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha rakyat Indonesia secara keseluruhan dan membentuk identitas yang sama sebagai sebangsa dan senegara secara untuh.

Unsur Budaya Nasional


Dari penjelasan mengenai pengertian budaya nasional di atas, dapat dikatakan bahwa unsur pembentuk budaya ini antara lain sebagi berikut;

Kesadaran Masyarakat Indonesia

Pentingnya nilai kesadaran dalam kehidupan masyarakat secara kesluruhan bisa diberi arti sebagai budaya nasional yang artinya dengan adanya element ini masyarakat akan senantiasa mengetahu pentingnya nilai serasa atar masyarakat meskipun berbeda antara satu dengan lainnya.

Daerah dan Negara

Unsur lainnya yang menjadi latarbelakang munculnya budaya nasional ialah adanya daerah yang berbeda-beda, baik dalam segi bahasa, bentuk tubuh, ataupun kearifan lokal yang ada. Meskipun adanya keanekaragam di atas penting diketaui bahwa masyarakat semakin mengerti bahwa kesatuan sesama “Indonesia” lebih penting dari segala-galanya.

Dari penjelasan di atas, seangatlah sejalah bahwa kesadaran dalam budaya nasional banyak dilahirkan dalam masyarakat kesahraian, hal ini barangkali dipengarhui dengan simbul serta sembiyan Indonesia yaitu “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya meskipun berbeda-beda akan tetapi tetap satu jua.

Contoh Budaya Nasional


Dapun contoh yang dapat digolongkan sebagai budaya nasional dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut;

Bahasa Indonesia

Munculnya bahasa Indonesia diakui ataupun tidak bagian daripada budaya nasional yang terlahir atas adanya kesamaan ras dan sejarah bagi masyarakat. Hal ini tentusaja menjadi salah satu aspek penting mengingat Bahasa Indonesia bisa dipergunakan di semua wilayah yang ada.

Prilaku Saat Pemilihan Umum

Identitas lainnya yang dapat dikatakan sebagi bagian daripada budaya nasional ialah prilaku di saat adannya Pilkada (Pilihan Kepala Daerah) yang menuntut masyarakat untuk ikut dalam ajang peseta demokrasi tahunan ini.

Meskipun berbeda wilayah khusus di Indonesia prilaku mereka sama, yaitu mencipatakan budaya politik partisipan dengan menggunakan pesta demokrasi. Contoh budaya politik partisipan ini bisa dijadikan sebagai salah satu budaya nasional yang ada di Indonesia.

Pancasila

Pancasila diidentikan sebagai idiologi bangsa dan Negara Indonesia yang bisa dikatakan sebagai bagian daripada contoh budaya nasional. Hal ini di dasari bahwa pancasila bagian daripada gagasan sama bagi seluruh masyarakat. Oleh karenanya apa yang dilakukan dan akan dijalankan seseorang yang masih berstatus sebagai WNI haruslah sesuai dengan Pancasila.

Contohnya saja adanya tindakan untuk mendirikan PKI (Partai Komunis Indonesia) atau HTI yang bertentangan dengan idiologi bangsa dan Negara. Maka tak khayal segala gagasan itu ditentang oleh masyarakat dan dilarang secara legal kegiatannya di Indonesia.

Demikianlah serangkaian penjelasan dan pembahasan secara lengkap mengenai pengertian, unsur, dan contoh budaya nasional Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan dan memberikan pemahaman bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "Budaya Nasional: Pengertian, Unsur, dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel