Budaya Organisasi Perusahaan: Pengertian, Ciri, dan Contoh [Lengkap]

IlmuBudaya.Com- Budaya organisasi perusahaan menjadi salah satu kajian yang terus menerus dilakukan bagi karyawan, pihak menajemen, ataupun bagi pemilikinya. Hal ini lantaran dengan mengetahui kebiasaan perusahaan akan menentukan arah serta kebijakan yang akan diambil. Oleh karena itulah artikel ini mengulas tentang pengertian budaya organisasi perusahaan, ciri, dan contohnya.

Budaya Organisasi Perusahaan


Budaya organisasi perusahaan dilakukan dalam upaya dukungan agar terciptanya siklus kegiatan perusahaan dengan nilai efektif. Hal ini penting sebagai jati diri yang akan menjadi prilaku organisasi di perusahaan berjalan dengan maksimal, sehingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Pengertian Budaya Organisasi Perusahaan


Budaya organisasi perusahaan adalah serangkaian nilai sosial yang dijadikan sebagai pola perilaku anggota perusahaan untuk dapat mempelajari dan memiliki. Sehingga secara tidak langsung terjadi proses pewarisan dari generasi yang tua ke generasi berikutnya.

Adapun pengertian budaya organisasi menurut para ahli dalam perusahaan, salah satunya diungkapkan oleh Andy (2011) yang menyatakan bahwa proses terbentunya tidak bisa dilakukan sertamerta begitu saja, akan tetapi perlu memahami setiap kegiatan dan tujuan dalam perusahaan di dalamnya.

Dari penjelasan di ataslah dapat disimpulkan bahwa nilai yang terkandung dalam budaya organisasi perusahaan akan senantiasa ada, dan mementingkan kepentingan bersama dengan melihat pada kegiatan anggota/pemilik perusahaan serta tujuan yang diinginkan, sehingga kondisi ini mencerminkan karakteristik budaya organisasi yang berbeda.

Ciri Budaya Organisasi Perusahaan


Jikalau dilihat dari simbulnya, maka dalam system budaya perusahaan ini memiliki ciri sebagai berikut;

Lingkungan Perusahaan

Ciri pertama berkaiatan erat dengan adanya hubungan lingkungan perusahaan yang dibangun pemilikinya. Dengan adanya hubungan ini secara otomatis setiap perusahaan dapat melihat kondisi yang nyata dan dijalankan secara terus menerus.

Nilai

Setiap jenis orgaisasi perusahaan akan memiliki nilai yang diyakini sebaga idioologi sehingga hal ini akan memicu setiap anggotanya untuk bekerja dengan efektif dan mendapatkan hasil maksimal. Oleh karenannya nilai ini kerapkali dijadikan pedoman.

Agenda

Agenda yang terjadi pada perusahaan seperti makan bareng, buka pusa bersama, arisan, dan lain sebaginya. Secara tidak langsung menjadi tipikal yang baik bagi setiap perusahaan untuk dapat mementukan arah kebiajakannya dengan memberikan rasa kebersamaan.

Dari ciri tersebut setidaknya dalam jenis perusahaan yang berkembang, ada 2 bentuk. Yaitu, sehat dan tidak sehat. Untuk budaya yang sehat dalam organisasi perusahaan ialah bersifat akuntabel serta segala kebijakannya diketahui setiap masyarakat.

Adapun untuk tipikal budaya organisasi perusahaan tidak sehat sangat menutupi system keterbukaan dengan anggota. Akibatnya dapat yang ditimbulkan adalah runtuhnya jenis perusahaan ini dengan berjalan yang tidak maksimal.

Contoh Budaya Organisasi Perusahaan


Beragam contoh yang bisa disebutkan dalam budaya berkembang dalam perusahaan, misalnya saja sebagai berikut;
  1. Budaya organisasi perusahaan Apple yang fokus utamanya ialah menyedikan smart phone dengan keamanan yang tinggi.
  2. Budaya organisasi perusahaan Samsung yang berada di Korea Selatan ini menjadi simbul akan kokohnya smart phone yang telah mampu menjadi telephone genggam pilihan.
  3. Budaya organisasi perusahaan Toyota berasal dari Japang ini memproduksi alat otomotis terutama mobil.
  4. Budaya organisasi perusahaan Indofood dengan produk utamanya ialah jenis makanan siap saji.
Demikianlah serangkaian penjelasan dan pengulasan secara lengkap mengenai pengertian, ciri, dan contoh budaya organisasi perusahaan. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menjadi wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian, trimakasih.

0 Response to "Budaya Organisasi Perusahaan: Pengertian, Ciri, dan Contoh [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel