10+ Ciri Budaya Lokal di Indonesia dan Contohnya Lengkap

IlmuBudaya.Com- Secara tirminologi budaya lokal berasal dari kata serapan Bahasa Inggris “Local Culture”. Yang singkatnya bermakna identitas sosial masyarakat dalam melakukan segala bentuk kegiatan keseharian. Ciri budaya lokal inilah selalu melakat dalam kehidupan, lantaran dibawa manusia sejak lahir.

Budaya Lokal


Identiknya budaya lokal menjadi alat pemersatu masyarakat sehingga memiliki jiwa loyalitas yang tinggi. Peranan ini kemudian dikembangkan dan disatukan kembali dalam budaya nasional sehingga masyarakat bisa bersatu dalam keadaan yang utuh dengan perbedaan yang ada.

Budaya lokal di Indonesia ada banyak sekali jumlahnya. Bayangkan saja dari 34 Provinsi di Indonesia dengan pulau yang jumlahnya 16.056 Pulau. Sulit rasanya didasarkan pada kesetuan masyarakat yang tinggi. Alangkah bertungnya keadaan ini sudah di baca oleh sejarah pendiri bangsa ini.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan menegakan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang secara konsep artinya meskipun berbeda-beda akan tetapi tetapi satu juga. Dengan semboyan tersebut kemudian setiap masyarakat merasa saling memiliki dan bersaudara satu sama lainnya.

Pengertian Budaya Lokal

Definisi budaya lokal adalah suatu system kebiasaan masyarakat daerah dalam menciptakan karateristik identitas sosial secara menyeluruh dengan mengedepankan aspek kedaerahan. Baik dalam segi politik, ekonomi, sosial, dan lain sebagainya.

Ciri Budaya Lokal


Kelakatan budaya lokal yang menjadi identitas sosial dalam kehidupan masyarakat daerah. Memiliki ciri sebagai berikut;

Dilestarikan Secara Turun Temurun

Budaya lokal identik dengan ciri pewarisan secara turun temurun dalam masyarakat. Pewarisan ini bisa dengan system pengajaran ataupun memulainya dengan pengenalan sejak lahir. Bahkan beberapa daerah menyedikan ruang khusus pada saat ini untuk pewarisannya.

Kelembagaan Sosial

Karakteristik budaya lokal selanjutnya ialah adanya kelembangaan sosial dalam kehidupan bermasyarakat hal ini dilakukan sebagai upaya koordinasi tindakan sosial. Lembaga ini memiliki fungsi serta peranan yang amat kuat dalam pembentukan orientasi perilaku sosial internal dalam masyarakat kedaerahan.

Rasa Kesatuan Yang Tinggi

Lantaran budaya lokal berkaiatan dengan kedaerahan yang dibawa sejak lahir maka kondisi tersebut menjadikaln pemahaman bahwa segala kebutuhan setiap anggota masyarakat ditanggung secara bersama-bersama.

Lantaran adanya penyebab inilah budaya lokal akan lebih mudah menjadi seseorang memiliki jiwa loyalitas yang tinggi. Sehingga dengan kata lain kebudayaan lokal menjadi alat pemersatu yang tidak bisa di elakan kembali.

Bersifat Personal

Ciri selanjutnya dari kebudayaan lokal di Indonesia ialah hubungan serta interaksi sosial setiap anggota dalam masyarakat sifatnya tinggi. Tingkat ketinggian ini menjadi seseorang semakin sadar akan arti kebersamaan di dalam anggotanya.

Kolektifitas Yang Tinggi

Penghargaan dan pemersatuan dalam budaya lokal terbilang cukup baik dalam perkembangannya. Hal ini banyak dia dasari bahwa kebudayaan lokal membawa seseorang semakin mengataui kebersamaan terutama dengan system kolektifitas untuk memenuhi kebutuhannya. 

Dibawa Sejak Lahir

Budaya lokal akan senantiasa sulit dihilangkan bagi seseorang. Hal ini lantaran budaya lokal dibawa sejak lahir dan akan terus ada dalam prilaku kesehariannya. Meskipun seseorang tersebut sudah tidak lagi ada dalam wilayah yang sama, akan tetapi dari segi ras, suku, serta logat bahasa yang digunakan tidak dapat dihilangkan.

Dari serangkaian penjelasan tentang pengertian dan ciri budaya lokal di Indonesia di atas. Dapat disimpulkan bahwa kebudayaan lokal berpengaruh besar terhadap system prilaku setiap manusia dari lahir sampai akhir hayatnya. Kondisi ini sudah di dasari pada prilaku manusia yang tidak akan terpisahkan dari kebudayaan lokal yang ada.

Contoh Budaya Lokal di Indonesia


Contoh mengenai kasus budaya lokal di Indonesia ada yang sifatnya postif dan adapula yang negative. Tergantung bagimana cara melakukan prilaku tersebut;

Positif

Prilaku positif yang seringkali di dasari pada budaya lokal misalnya saja kegiatan pelestraian reog ponorogo. Yang terus dikebangkan dari sajak dulu sampai saat ini, bahkan dengan identias tarian daerah inilah masyarakat di Ponorogo dapat menarik perhatian turis asing untuk mempelajrainya.

Negatif

Kasus tentang dampak negatif dari kegiatan seseorang pada ciri budaya lokal. Misalnya saja adanya peperangan antara masyarakat dayak dan Madura di Provinsi Kalimantan Barat, dengan loyatitas tinggi tanpa di dasari pada persamaan hak dan keajiban sebagai masyarakat Indonesia kondisi ini akhirnya terjadi saling hantam, pembunuhan, hingga akhirnya menyebabkan banyak sekali nyawa yang melayang.

Demikinalah serangkaian penjelasan mengenai ciri budaya lokal di Indonesia dan contohnya. Semoga dengan ulasan ini bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan bagi segenap pembaca yang ingin menbetahui makna “kebudayaan lokal”. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Ciri Budaya Lokal di Indonesia dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel