10+ Contoh Budaya Asing di Indonesia Positif/Negatif Lengkap

IlmuBudaya.Com- Beragam kegiatan masyarakat pada saat ini telah menunjukan kemajuan yang signifikan. Hal ini banyak ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi dan komunikasi. Adanya kemajuan tersebut secara tidak langsung dapat berpengaruh besar pada ciri budaya lokal yang sudah mulai menghilang lantaran adanya pengaruh dari budaya asing yang berkembang. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan menuliskan tentang contoh budaya asing di Indonesia yang sifatnya postif dan tidak patut untuk ditiru (negatif).

Budaya Asing di Indonesia


Budaya asing adalah budaya yang berasal dari luar wilayah dan daerah yang ada di batas teretorial Indonesia. Budaya ini banyak mendapatkan dorongan dari kemajuan teknologi, misalnya saja adanya media sosial dan internet yang semua orang bisa meniru dan mencontohnya dengan mudah.

Atas dasar itulah beragam cara dilakukan pemerintah Indonesia, khususnya untuk menjaga kedaullatan bangsa dengan mempertahankan budaya nasional. Kegiatan ini harus mendapatkan dukungan pasalnya prilaku seseorang yang terpengaruh budaya barat yang menympang akan membahayakan bagi keutuhan bangsa dan Negara.

Contoh Budaya Asing


Pernyataan atas beragam contoh dari budaya asing di atas, penting untuk diketahui bahwa sejarah lahirnya budaya asing bermula dari adanya proses revolusi yang dilakukan Bangsa Barat dalam hal ini lebih identik dengan Negara-negara Eropa, seperti Inggris, Prancis, Belanda, dan lain sebaginya.

Budaya asing yang berkembang harus bisa difiltralisasi oleh generasi muda, hal ini ditakutkan lantaran tidak semua budaya asing dianggap baik. Bahkan ada budaya asing yang dinggap berdampak buruk lantaran mengancam budaya lokal, yang sehingga tidak perlu untuk dilakukan.

Budaya Asing Positif

Contoh mengenai budaya asing yang berguna bagi kemajuan bangsa Indonesia misalnya saja proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Dengan belajar bahasa barat itulah masyarakat Indonesia akan mendapatkan posisi yang baik dari kacamata internasional.

Selain belajar Bahasa Asing tersebut ada juga contoh yang bisa disebutkan, misalnya saja adanya perkembangan politik yang dijalankan oleh pemerintah dengan system budaya politik partisipan. Budaya ini dianggap baik lantaran akan menjadikan masyarakat sebagai penguasa.

Dengan cara menjalankan porses dari contoh budaya politik partisipan inilah setidaknya mampu menjadikan Indonesia memiliki tokoh pimpinan yang sesuai dengan keinginannya dan dianggap layak untuk turut menjadi keterwakilan.

Budaya Asing Negatif

Adapun khusus untuk budaya asing yang tidak patut ditiru bagi masyarakat misalnya saja budaya tentang kebebasan seks atau legalisasi LGBT. Di Indonesia budaya seperti itu sangat tidak sesuai dengan asas dan idiologi bangsa yakni sebagai Negara ketuhanan.

Meskipun dengan dalih kebebasan HAK akan tetapi sebagai masyarakat yang patut hokum serta percaya dengan Pancasila dan UUD dasar tidakan budaya seperti ini tidak boleh ditiru oleh generasi muda. Sehingga masyarakat dan seluruh ekement jajarannya mengecam prilaku ini.

Dampak yang timbulkan dari adanya budaya asing yang negatif bagi masyarakat Indonesia apabila dijalankan, antara lain dapat dijabarkan sebagai berikut;
  1. Prilaku atau nilai moral yang dapat mengancam generasi muda
  2. Melanggar Pancasila dan UUD sebagai idiologi yang sah di mata hukum
  3. Seks bebas
  4. Legalnya LGBT/Hubungan sesama jenis

Dari serangkaian penjelasan tentang contoh budaya asing bersifat negatif dan postif di atas, dapat dikatakan bahwa sesungguhnya segala budaya yang muncul dari luar Indonesia yang sekiranya tidak patut untuk dijadikan pedoman haruslah dihindari.

Pasalnya tidakan seperti ini akan memberikan acaman yang mutlak lantaran tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang dikenal sebagai pribadi Budaya Timur, seperti mencium tangan orang yang lebih tua dan lain sebaginya.

Sebagai generasi yang cerdas tidakan yang sekiranya dapat melanggar dan menghilangkan budaya Indonesia dengan tidak memberi kemaslahatan bagi masyarakat haruslah di hindari sedini mungkin demi tercipatanya keutuhan bangsa dan Negara.

Semoga dengan adanya tulisan tentang contoh budaya asing di Indonesia dari sifatnya postif dan negatif ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan segenap pembaca yang sedang mencari referensi tentang kebudayaan asing. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Contoh Budaya Asing di Indonesia Positif/Negatif Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel