13+ Contoh Budaya Organisasi Perusahaan di Indonesia dan Dunia Lengkap

IlmuBudaya.Com- Budaya organisasi yang ada disetiap perusahaan satu dengan lainnya tentusaja berbeda. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan memiliki mekanisme tersendiri bagi setiap kariawan yang ada di dalamnya. Baik di Indonesia dan di Dunia seperti di Japang, Amerika, Korea, China, dan lain sebaginya ada sejumlah kebiasaan yang menjadi pedoman. Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut artikel ini akan menuliskan tentang contoh budaya organisasi perusahaan.

Budaya Organisasi Perusahaan


Kemunculan budaya organisasi perusahaan sejatinya tidak terlepaskan dari fakta sejarah, yang banyak mengatakan bahwa kekalahan perusahaan di wilayah Amerika Serikat dengan Perusahaan dari Japan pada 1980 sampai 1990 membuat para akademis melakukan sejumlah penelitian tentang keunggulan dan kekuarangan dari perusahaan masing-masing.

Bahkan dengan kemunculan ini, seorang ahli ekonomi Robbist meluncurkan sebuah buku fenomenal dengan judul “Prilaku Organisasi”. Dalam bukunya tersebut ia mengartikan bahwa pengertian budaya organisasi adalah system yang menjadi keyakinan bersama antar anggota-anggota di dalamnya  dengan karakteristik yang beragam lantaran dipengaruhi dengan geografis dan aturan dalam komunitas atau perusahaan. Selengkapnya, baca; Karakteristik budaya organisasi

Dari pengertian budaya organisasi menurut para ahli itulah pada akhirnya dapat memunculkan sebuah sikap implisit bagi setiap perusahaan, termasuk sikap ini akan mempengaruhi pada kondisi sebagai berikut;

Saksi

Saksi menjadi media dalam mengontrol budaya organisasi perusahaan, bentuk hukuman ini bisa dilakukan sebagai upaya menjadikan pedoman bagi setiap anggotanya. Bahkan tingkatannya berbeda-beda, ada yang rendah, sedang, dan tinggi di dalam menentukan hkumannya.

Penghargaan

Penghargaan juga menjadi salah satu media dalam budaya organisasi perusahaan dalam memberikan reword untuk para kariawan yang telah berjasa membesarkan serta mensukseskan segala tujuan yang telah di dapatkan. Hal ini juga akan berpengaruh pada tinggal motivasi kerja.

Pedoman

Dalam hal pemikiran di dalam budaya organisasi perusahaan ada pedoman yang diyakini sebagai idiologi setiap keputusan yang ada. Semjumlah perusahaan di Japang misalnya menerpakan pedoman untuk bisa hidup secara disiplin tinggi, sehingga dikenal Negara Jepang dengan sebutkan Negara paling disiplin di dunia.

Contoh Budaya Organisasi Perusahaan


Untuk beragam bentuk contoh budaya organisasi perusahaan yang ada untuk saat ini, ada yang sifatnya sehat dan tidak sehat. Meskipun begitu, sebagai literasi awal maka tulisan ini akan memberikan contoh yang sifatnya sebagai kebiasaan yang sehat.

Contoh Budaya Organisasi Perusahaan di Indonesia

Kasus mengenai bentuk budaya organisasi perusahaan yang ada di Indonesia, misalnya dalam perusahaan sebagfai berikut;

PLN

Perusahaan PLN adalah jenis perusahaan yang menjadi bagian BUMN, hal ini lantaran PLN mengurus kehidupan masyarakat di Indonesia, mulai dari pasokan listrik dan lain sebagainya. Sebagai gambaran untuk bekerja di PLN terdapat sejumlah pedoman, salah satunya ialah budaya keselamatan tinggi dianut oleh jenis perusahaan ini.

Unilever

Unilever banyak bergerak sebagai distributor kebutuhan keseharaian manusia, mulai dari pasta gigi, shampoo, dan bentuk produk lainnya. Hal terpenting bagi perusahaan ini ialah mempersiapakan kesehatan untuk masa depan, sehingga bagi siapapun yang berkeja di perusahaan ini fokus utama mereka utamanya tentang “kesehatan”.

Lion

Maskapai Lion Air adalah jenis maskapai penerbangan pesawat yang ada di Indonesia. Maskapai ini melayani penerbangan secara domestic di wilayah terpencil yang ada di seluruh Indonesia. Ada sejumlah budaya organisasi perusahaan di maskapai ini, yaitu adalah utamakan keselamatan dengan menekan biaya yang merakyak “murah”.

Gojek

Layanan budaya organisasi perusahaan Gojek akhir-akhir ini menjadi salah satu alternatif yang ada di Indonesia, dengan fokus memperdayakan masyarakat dan memberikan pelayanan keamanan yang tinggi. Dengan system budaya tersebut saat ini Gojek menjadi salah satu perusahaan terbesar di Asia Tenggara.

BPJS

Khusus untuk budaya organisasi perusahaan yang ada di BPJS ini tersedia bagi mereka yang bekerja sebagai Karyawan. Dengan system pensiun dini bagi setiap orang yang bekerja di layanan kesehatana masyarakat ini akan mendapatkan pesangon di usia 35 tahun.

Selain itupula setiap yang mendaftarkan diri kerja di BPJS di larang untuk menikah dalam jangka  waktu 2 tahun. Larangan di fokuskan agar kariawan serta kariawati yang bekerja di sana lebih fokus terhadap karir yang di impikan.

BKKBN

Khusus untuk lembaga kementrian ini juga memiliki salah satu budaya organisasi perusahaan yang unik. Yang bekerja di sana sangat tidak dianjurkan memiliki lebih dari 2 anak. Apalabila dilanggar acmannya ialah jabatan yang ditempuh tidak anak bisa naik lagi.

Hal ini wajar mengingat Badan Kordinasi Keluarga Berencana fokus pada penakanan jumlah anak dengan memfokuskan diri pada kualitas yang diberikan, misalnya pendidikan, kesehatan, dan masa depan. Jargon yang dimiliki seseorang yang bekerja di BBKN ialah “2 Anak Lebih Baik".

Contoh Budaya Organisasi Perusahaan Dunia

Contoh lainnya, mengenai budaya perusahaan yang ada di Dunia, bisa dilihat dari Negara Jepang dan Negara yang ada di Amerika Serikat. Kedua Negara ini pada umumnya menjadi sentral perekonomian yang ada di Negara lainnya.

Japang

Untuk di Japang ada semacam budaya organisasi perusahaan tentang kedisiplinan tinggi. Di Negara jepang tidak akan ditemukan orang yang terlamabat dating sebagimana seringterjadi di Indonesia, disana fokus kerja pada hasil yang maksimal sehingga kariawan yang ada di Jepang terbilang sukses mengelola perusahaan, seperti Toyota, Honda, Yamaha, dan lain sebaginya.

Amerika Serikat

Contoh budaya organisasi perusahaan yang ada di Amerika ini bisa dilihat dari salah satu keunikan yang dimiliki Facebook, atau Google. Yang kedua perusahaan ini membesakan pekerja untuk melakukan kegiatan dimana saja, tidak harus di dalam kantor. Kondisi ini dipengaruhi lantaran produk yang dikenalkan dalam katagori “virtual”.

Nah, demiakinalah contoh budaya organisasi perusahaan di Indonesia dan Dunia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan refrensi dan wawasan bagi segenap pembaca sekalian, yang sedang mencari materi “budaya organisasi”. Trimaaksih, 

0 Response to "13+ Contoh Budaya Organisasi Perusahaan di Indonesia dan Dunia Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel