15+ Contoh Budaya Politik Partisipan dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia

IlmuBudaya.Com- Budaya politik menjadi salah satu fokus kajian yang dijalankan dalam setiap berbangsa dan bernegara. Banyak beredar jenis budaya politik ini, salah satunya ialah partisipan yang asal muasal katanya dari “Partisipatif”. Pada intinya jenis budaya politik ini ialah menekatkan tingkat keaktifan masyarakat dalam memilih langsung pemimpin politiknya. Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan menuliskan tentang contoh budaya politik partisipan.

Budaya Politik Partisipan


Pengertian budaya politik partisipan adalah system keatifan masyarakat dalam berpartisipasi di dunia politik. Ciri khas yang melakat pada politik partisipan ini dinilai dari tingkat warga masyarakat yang mampu memiliki intelktualitas dalam partisipiasi politik yang ditunggi.

Kondisi tentang tingkat ke aktifan tersebut di ukur dari kegiatan masyarakat yang sepenuhnya mengetahui tentang perkembangan dan kemajuan yang ada di suatu Negara. Tak khayal untuk contoh nyata tentang budaya ini berkembang dari masyarakat di seluruh dunia, seperti halnya di Indonesia yang akhir-akhir ini kehidupannya perpolitikan sudah mengalami kemajuan.

Budaya Politik Partisipan dalam Masyarakat Indonesia


Beragam kegiatan yang menunjukan bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia sudah tergolong aktif di dalam politik misalnya saja tentang adanya Pemilihan Umum, baik Presiden, Gubernur, Walikota/Bupati, bahkan tingkat Kepala Desa dan RT sekalipun.

Fenomena sosial terhadap pemilah secara langsung di atas, hakaketanya menunjukan bahwa masyarakat Indonesia secara langsung sudah tergolong berpartisipatif tinggi di bandingkan dengan Negara berkembang lainnya. Meskipun dalam kegiatanya politik di Indonesia masih di warnai dengan kecurangan dan penyimpangan.

Contoh Budaya Politik Partisipan


Adapun pernyataan bahwa masyarakat Indonesia secara tidak langsung prilakunya sudah menunjukan pada system budaya politik ini, misalnya saja kegiatan-kegiatan keseharaian yang bentuk agendanya antara lain sebagai berikut;

Kehidupan Berbangsa

Contoh mengenai system masyarakat Indonesia yang sudah tergolong dalam kebudayaanpartisipatif ini misalnya adanya penerapan tokoh politik yang dilakukan olej pemerintah Daerah Jakrta, Kota Bandung, dan wilayah lainnya tentang  “keterbukaan” administrasi.

Dengan langkah Ini secara langsung masyarakat bisa melihat secara online tentang anggara dana pemeritah di dalam merancang pembangunan. Fakta inilah menunjukan bahwa budaya politik partisipatif sudah berjalan di Indonesia.

Lingkungan Masyarakat

Contoh lainnya yang berkaiatan erat dengan system budaya politik partisipan antara lainnya adalah pengembangkan kebudayaan untuk masyarakat dalam mengajukan pendapat dan berargumentasi secara santun di tempat umum dan diskusi pembangunan.

Daerah

Contoh mengenai budaya politik partisipan yang ada di lingkungan daerah misalanya saja adanya keputusan secara terbuka dan dilakukan dengan langkah demokratis, dalam mengembangka sportivitas di saat adanya pemilihan kepala daerah.

Sekolah

Contoh lainnya tentang terjadinya budaya politik partisipan di lingkungan sekolah misanya adanya kebiasaan organisasi di sekolah dalam proses rekruetmen kader secara transparan berdasarkan kualitas layak dan tidak layanya diterima dalam anggota tersebut.

Bernegara

Contoh lainnya yang berkaiatan erat dengan system budaya politik partisipan misalnya saja dalam bernegara setiap orang yang ada di wilayah Negara Indonesia melakukan pencoblosan saat adanya pemilihan kepada Negara (presiden).

Datangnya masyarakat dalam melakukan pemilihan tersebut secara tidak langsung dapat dikatakan sebagai bagikan dari partisipasi masyarakat yang dilakukan secar aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi yang ada.

Kehidupan Sehari-hari

Contoh dalam keseharian sebagai penerapan daripada system budaya politik ini misalnya saja adanya petisi yang menunjukan tentang ketidaksetuan masyarakat dalam program pemerintah. Petisi ini dilakukan secara online dan tersebar secara luas melalui media masa, ataupun media sosial.

Dengan adanya kejian tersebut secara tidak langsung dapat diungkapkan bahwa bentuk petisi yang dilakukan bagian daripada “budaya politik partisipan” yang dilakukan secara bersama-sama dan memberontak atau mengajukan masukan akan kebiajakan tokoh politik lakukan.

Dari serangkaian penjelasan tentang pengertian dan contoh budaya politik partisipan di atas, dapat disimpulkan bahwa budaya politik akan senantisa berkembang sesuai dengan kemajuan zaman, sebagimana kenyataan ini keterkaitannya dengan bentuk kemajuan berfikir manusia sebagai proses untuk mewujudkan masyarakat yang madani dalam keteraturan sosial yang ada.

Demikianlah serangkaian penjelasan dan pengulasan mengenai contoh budaya politik partisipan. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang membutuhkan materi tentang “budaya politik”. Trimakasih, 

0 Response to "15+ Contoh Budaya Politik Partisipan dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel