5+ Contoh Ilmu Budaya Dasar dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari

Ilmu Budaya Dasar pada saat ini menjadi salah satu kajian sosial yang penting untuk diketahui oleh semua kalangan akademis. Ruang lingkup IBD ini meluputi tentang ilmu sosial, humaniora, dan kegiatan dasar manusia sebagai proses berfikir secara ilmiah. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan menuliskan tentang contoh ilmu budaya dasar.

Ilmu Budaya Dasar


Pengertian ilmu budaya dasar adalah kajian ilmu sosial yang menyakup tentang masyarakat dan kebudayaan sebagai salah satu aspek yang terus berkembang. Meskipun hasilnya masih berupa issue serta ramalan masa depan akan tetapi secara spesifik hal ini mampu memberikan stimulasi dari ilmu yang lainnya.

Bahkan pengertian ilmu budaya dasar menurut para ahli, salah satunya diungkapkan oleh Herskovits sebagai ilmu yang paling dekat dengan kehidupan manusia lantaran dilakukan secara terus menerus tanpa mengenal kurun waktu tertentu (supersonic). Dengan demikian seseorang yang mempelajari IBD akan mudah menkaji dan melestarian kebudayaan yang sedang dianutnya.

Contoh Ilmu Budaya Dasar


Beragam contoh Ilmu Budaya Dasar, baik dalam keseharian, kehidupan masyarakat, keluarga, sekolah, ataupun dalam proses adat istiadat yang semua mahluk hidup mempunyai cara berbeda dari satu golongan ke golongan lainnya.

Keseharian

Dalam keseharian secara tidak langsung seseorang sudah menerapkan pengetahuan tentang budaya, misalanya saja ketika memiliki teman yang berasal dari daerah Jawa Tengah, maka logat serta gaya bicara yang dipergunakan menggunakan bahasa yang lemat lebut dengan intonasi di pelankan.

Kondisi ini berbeda hal jika kita bergaul dengan teman yang berasal dari wilayah Indonesia Timur atau wilayah Sumatra yang notebene gaya bicara serta susunan katanya mempergunakan bahasa dengan suara keras serta itonasi yang seolah menekan.

Masyarakat

Contoh ilmu budaya dasar dalam masyarakat yang bisa diterapkan dalam kehidupan misalnya kajian mengenai adanya budaya untuk tidak mempergunakan alat telekomunikasi pada masyarakat Baduy di wilayah Provinsi Banten. Apapun yang dilakukan dalam masyarakat Baduy merupakan kearifan lokal yang siapa saja berkunjung diharuskan menghormati kebudayaan yang ada di sana.

Keluarga

Contoh ilmu budaya dasar dalam keluarga yang bisa dilakukan kajian sosial misalnya saja tentang adanya kebiasan keluarga untuk tidak pulang larut malam. Demi menghormati orangtua serta sanak saudara maka kebiasaan tersebut secara tidak langsung seseorang dalam anggotanya akan senantiasanya menghormatinya.

Pergaulan

Contoh terapan dalam ilmu budaya dasar di dalam pergaulan ialah adanya rasa tenggang rasa antar manusia untuk bisa mengormati kebudayaan yang ada dalam masyarakat. Dalam sisi pergaulan setiap masyarakat yang berkembang bertanggung jawab untuk turut menjaganya.

Misalnya dalam pergaulan kita mengenai beragam agama, setiap agama diwajibkan melakukan ritual ibdah. Dengan adanya sisi kasih saying antar mahluk hidup serta tanggung jawab terhadap yang menciptakan hidup maka kegiatan teman yang berebda agama tetap harus diberi kesempatan untuk bisa malakukan ibadahnya dengan khusuk.

Dari serangkaian penjelasan dan pengulasan di atas, secara lengkap maka contoh ilmu sosial dan budaya dasar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari merupakan perwujutan implementasi budaya secara langsung maupun tidak langsung dilakukan.

Demikianlah pengulasan tentang contoh ilmu budaya dasar. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan serta wawasan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan materi lengkap mengenai “ilmu sosial budaya dasar”. Trimakasih,

0 Response to "5+ Contoh Ilmu Budaya Dasar dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel