Ilmu Budaya Dasar, Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Contoh [Lengkap]

IlmuBudaya.Com- Ilmu budaya dasar menjadi salah satu kajian yang sangat menarik perhatian bagi segenap kalangan akademisi. Khusus di Indonesia ilmu buday dasar dikenal dengan istilah PDB yang asal-usul istilah ini secara tirmologi berasal dari Bahasa Inggris The Humanities. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan menuliskan tentang Pengertian Ilmu Budaya Dasar, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Contohnya.

Ilmu Budaya Dasar


Ilmu Budaya Dasar yang dikenal dengan IDB kelahirannya di latarbelakangi dengan munculnya berbagai asepek budaya di Indonesia, dari Pulau Sabang sampai Meroke budaya yang berkembang semakin menunjukan eksistensinya. Atas dasar inilah system serta perubahan sosial dalam masyarakat perlu adanya kajian ilmiah hingga menuntut IBD diajarkan di berbagai sekolah dan perguruan tinggi.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar


Pengertian Ilmu sosial budaya dasar adalah ilmu pengetahuan yang di dorong untuk memberikan stimulasi pada kajian ilmiah beradarkankepada asepek kajian yang menyangkut tengang pengetahuan manusia dan sistem kebudayaannya.

Sedangkan menurut para ahli, definisi mengenai IBD antara lain sebagai berikut;

Herskovits

Menurutnya, pengertian ilmu budaya dasar adalah ilmu pengetahuan yang superorganik dengan di dasarkan pada kajian absolut dari generasi satu ke generasi laiannya. Kajian ini dituntut memberikan dorongan pada perkembangan dari waktu ke waktu.

Andreas Eppink

Pengertian ilmu budaya dasar ialah serangkaian wawasan mengenai norma sosial, nilai sosial, dan struktur sosial dalam masyarakat yang terjadi secara kasab mata dengan mengendepankan rutinitas dalam keseharian yang dilakukan (budaya).

Edward Burnett Tylor

Arti ilmu budaya dasar adalah serangkaian hokum, kepercyaan, adat istiadat, dan permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan ditelaah menggunakan pendekatan pengetahuan sehingga hasil yang di ungkapkan sesuai dengan keadaan dalam kehidupan masyarakat di era saat ini.

Dari penjelasan mengenai pengertian  ilmu budaya dasar menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa IBD membawa pedekatan ilmuah atas dasar subjek pokok manusia dan kebudayaan. Dengan pendekatan seperti itulah kajian serta permasalahn kompleks dalam kehidupan manusia dapat dilihat dan dapatpula di atasi segala problema yang ada. Baca jugaIlmu Sosial dan Budaya Dasar: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Contohnya

Tujuan Ilmu Budaya Dasar


Tujuan yang diharapkan dari adanya kajian mengenai IBD sebagai ilmu pengetahuan ialah untuk memberikan jawaban sistematis berdasarkan pada kondisi empiris hubungan manusia dan lingkungan yang berkembang, terutama di dalam mangatasi segala permasalahan yang ada.

Selain pada pengembangan permasalahan yang dilakukan ilmu budaya dasar ialah untuk memberikan cara berfikir yang sistematis pada setiap insan yang mempelajarinya, sehingga apa yang ditelaah dapat sesuai dengan kondisi perkembangan zaman.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar


Jika dilihat dari ruang lingkup yang ada dalam masyarakat. Ilmu budaya dasar fokus pad kajian-kajian berikut ini;

Budaya

Sistem budaya yang berkembang dalam kehidupan merupakan naluriah yang tidak bisa dipisahkan dalam rencana sub kultural masyarakat. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh insan di muka bumi ini secara kontinyu merupakan bagian daripada kebudayaan yang dilakukan masyarakat.

Masyarakat

Ruang lingkup dari IBD yang terkhir ialah manusia, proses manusia dalam melakukan kegiatan secara terus menerus yang dijadikan sebagai patokan budaya menajdi bagian yang diulas secara lengkap dalam IBD oleh karena itulah setiap manusia yang hidup dalam masyarakat menjadi bagian kajian empiris IBD sebagai ilmu pengetahuan.

Contoh Kajian Ilmu Budaya Dasar


Contoh ilmu budaya dasar di masyarakat, misalnya saja tentang adanya tarian adat di wilayah Indonesia. Tarian tersebut bisa disajikan dalam sejumlah penelitian dilakukan sebagai seni hidup setiap manusia dalam masyarakat.

Perbedaan tarian daerah-daerah di Indonesia khususnya, mulai dari Lampung, Aceh, dan lainnya sebagimana menunjukan keanekaragaman bahwa sebagai manusia mulai dari keinginan dan harapan yang dimunculkan berbeda-beda satu sama lainnya, akan tetapi tetap di usahakan untuk hidup bersama demi terciptakan kedamaian.

Selain contoh di atas, ada lagi kajian manusia dalam memanfaatkan teknologi hasil bumi. Mulai dari zaman purba sampai sekarang perkembangan teknologi menyesuaiakan dengan kebutuhan dan perkembangan dalam ilmu pengetahuan, semakin mengalami kemajuan dalam segi pengetahuan maka alat yang dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari semakin praktis.

Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa sejatinya IBD dihasilkan sebagai kajian ilmiah atas latar belakang perlunya masyarakat melakukan sistemasiasi dalam melakukan kegiatan keseharian (budaya). Dengan dasar itulah setiap masyarakat memiliki cara berbeda dari masyarakat satu ke masyarakat yang lainnya.

Semoga dengan adanya tulisan mengenai pengertian, tujuan, ruang lingkup, dan contoh kajian ilmu budaya dasar ini bisa memberikan jawaban atas kegusaran pembaca sekalian dalam memahami aspek ilmu budaya yang ada. Trimakasih, 

0 Response to "Ilmu Budaya Dasar, Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Contoh [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel