Ilmu Sosial Budaya Dasar: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Tujuannya Lengkap

IlmuBudaya.Com- Kajian mengenai konsep yang berkembang dalam ilmu budaya dasar begitu panjang telaah yang diberikannya. Banyak sekali anggapan bahwa ilmu budaya yang berkembang dalam masyarakat adalah hasil dari kajian spesifik di dalam ilmu sosial-alamiah. Oleh sebab itulah dalam artikel ini akan menuliskan tentang pengertian, ruang lingkup, dan tujuan ilmu sosial budaya dasar.

Ilmu Sosial Budaya Dasar


Ilmu sosial budaya dasar adalah pengetahuan tentang kondisi dan kegiatan masyarakat dalam keseharian yang dilakukan secara terus menerus, sehingga hal ini terdorong dilakukan penelitian agar dapat dipertanggung jawabkan.

Meskipun penelitian dari hasil ilmu sosial budaya dasar tidak dapat sepenuhnya dipercaya (karena berupa abstraksi) akan tetapi secara spesifik akan mampu mendorong ilmu budaya dasar sebagai salah satu ilmu pengetahuan penting bagi masyarakat.

Sejalah dengan kondisi itulah pengertian ilmu budaya dasar menurut para ahli sudah menjelaskan bahwa sejatinya kebudayaan diperlukan langkah-langkah ilmiah dalam mengakaji perubahan sosial, yang menyangkut tentang perubahan sikap, prilaku, sosial, ekonomi, bahkan politik.

Pengetian Ilmu Sosial Budaya Dasar


Pengertian ilmu sosial budaya dasar adalah pembukaan wawasan terhadap berbagai sisi kehidupan mengenai kebiasaan yang manusia lakukan, sisi ini mencangkup tentang ekonomi, sosial, dan juga system pemerintahan.

Sedangkan pengertian ilmu sosial budaya dasar menurut para ahli, salah satunya diungkapkan oleh Kian Amboro yang menyebutkan bahwa intisari dalam ISBD adalah ilmu pengetahuan yang dinilai dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pengetahuan dasar yang mampu melakukan kajian pada masalah-masalah sosial kemanusiaan dan kebudayaan.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Budaya Dasar


Ruang lingkup kajian yang terdapat dalam ilmu sosial budaya dasar antara lain sebagi berikut;

Kegiatan Dasar Manusia

Kegiatan dasar setiap manusia dilakukan kajian penuh pada ISBD ini sendiri mendapatkan perhatian pada faktor hakakat manusia hidup yang tidak bisa secara sendiri, sehingga diperlukan kontribusi orang lain dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya. 

Ilmu Sosial

Ruang lingkup lainnya, yang terdapat dalam ilmu sosial budaya dasar adalah tentang beragam ilmu sosial yang mempengaruhinya, seperti ilmu psikologi, sosiologi, ilmu sejarah, yang kesemuanya dianggap mampu untuk memberikan peran nyata dalam kajian kebudayaan yang ada.

Humaniora

Arti humaniora adalah ilmu pengetahuan yang dianggap mampu menausiakan manusia dengan pada posinya. Dengan kenyataan ini tentusaja tujuan ISBD dianggap dapat memberikan kontrbusi pengetahuan yang luas pada perkembangan kembudayaan yang ada.

Tujuan Ilmu Sosial Budaya Dasar


Tujuan umum dari pengembangan Ilmu Sosial Budaya Dasar sebagai ilmu pengetahuan ialah proses pembentukan dan pengembangan kepribadian serta bentuk kontribusi yang nyata dalam perluasan wawasan yang diberikan oleh setiap insan.

Dari tujuan inilah setidaknya pentingnya ilmu sosial budaya dasar untuk dipelajari dalam perguruan tinggi dan masyarakat. Mengingat budaya sendiri hal yang paling lekat dalam kehidupan manusia dan tidak bisa dipresdiksi perubahannya.

Contoh Ilmu Sosial Budaya Dasar

Contoh yang dapat diuraiakan dalam kajian ilmu sosial kebudayaan ini sendiri misalnya tentang penggunaan sendok sebagai alat memakan mamakanan. Sendok yang kita pergunakan bagian daripada budaya keseharian yang tentusaja diperlukan untuk menjaga higenitas makanan yang ada.

Selain makanan menggunakan sendok, ada contoh lainnya. Dalam hal ini kaitannya erat dengan budaya politik partisipan. Yang mana hekakat bangsa Indonesia sejatinya perpolitikan/kekuasaan dipilih melalui kerjaan secara turun menurun.

Lantaran adanya budaya lokal dan peran serta budaya nasional yang beragam pada akhirnya pendiri bangsa ini sadar akan peranan masyarakat yang mengingkan pemilihan umum sebagai bagian daripada contoh budaya politik partisipan. Selengkapnya bacaContoh Ilmu Budaya Dasar dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari

Demikianlah serangkaian penjelasan dan pengulasan mengenai pengertian, ruang lingkup, dan tujuan ilmu sosial budaya dasar. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa menambah wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca yang membutuhkan materi tentang “ilmu sosial dan budaya dasar”. Trimakasih, 

0 Response to "Ilmu Sosial Budaya Dasar: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Tujuannya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel