Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Contohnya Lengkap

IlmuBudaya.Com- Ilmu sosial yang berkembang dalam cabang ilmu lainnya, seperti psikologi, sosiologi, antropologi, dan lain sebaginya selalu tidak bisa terpisahkan dari ilmu budaya dasar. Hal ini disebabkan karena ilmu sosial dan budaya dasar yang paling dekat dengan aktifitas manusia dalam keseharian. Oleh karena itulah pada artikel ini akan menuliskan tentang pengertian, ruang lingkup, dan contoh ilmu sosial dan budaya dasar.

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar


Istilah ilmu sosial dan budaya dasar lebih dikenal dengan ISBD yang merupakan bagian kata serapan dari Bahasa Inggris “basic humanitiesm” dan  “the Humanities”. Yang tujuannya ialah menjadi manusia sebagai subjek kajian yang lebih dekat dengan kenyataan kehidupan.

Untuk memahami dua istilah ini tentusaja tidak cukup hanya dengan sekedar meramal lantaran ada 2 istilah penting di dalamnya. Oleh karena itulah secara tersendiri, arti ilmu sosial dan budaya dasar akan diuraikan sebagai berikut;

Ilmu Sosial Dasar


Ilmu Sosial Dasar (basic sosial studies) adalah disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang aspek dasar manusia sebagai mahluk sosial, aspek ini masalah sosial, fenomena sosial, dan perubahan sosial yang mempengaruhi seseorang melakukan tindakan tertentu. Oleh sebab itulah atas arti ini maka ilmu sosial dasar bukanlah ilmu tersendiri karena bagian abstraksi dari kajian ilmu lainnya.

Ilmu Budaya Dasar


Pengertian ilmu budaya dasar (basic humanities) adalah konsep kajian yang mengendepankan terhadap masalah-masalah manusia dari segi kebudayaan, yang memuat unsur adat istiadat, politik/kekuasaan, dan lain sebaginya.

Dari pengulasan tentang kedua istilah ini maka dapat disimpulkan bahwa pengertian ilmu sosial dan budaya dasar adalah suatu objek pengetahuan sosial yang lebih condok terhadap kebudayaan masyarakat yang ada. Dengan hal ini jugalah kondisi permembangan kebudayaan akan lebih untuk diramalkan berdasarkan kajian ilmu yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial dan Budaya Dasar


Ruang lingkup yang ada dalam ilmu sosial dan budaya dasar pada masyarakat, antara lain sebagai berikut;

Manusia dan Masyarakat

Manusia yang hidup dalam masyarakat bagian ruang lingkup utama daripada kajian ISBD ini, hal ini disebabkan lantaran dengan keduanya bagian objek penelitian yang tidak bisa dipisahkan satu sama yang lainnya.

Kebiasaan dan Adat Istiadat

Ruang lingkup lainnya dalam ilmu sosial dan budaya dasar adalah kegiatan yang dilakukan terus menurus hingga menghasilkan kebiasaan yang erat kaitannya dengan adat istiadat. Dalam kondisi inilah setiap orang mempunyai peranan dalam mengkaji keduanya.

Contoh Kajian Ilmu Sosial dan Budaya Dasar


Contoh kajian yang dapat di uraikan dalam ilmu sosial dan kebudayaan dasar misalnya saja kasus adanya masyarakat Baduy yang melarang warganya untuk menggunakan alat telekomunkasi. Atas dasar itulah masyarakat di wilayah Provinsi Banten ini tertinggal dari masyarakat yang lainnya.

Meski memiliki dampak negatif ada sisi positif yang perlu di contoh. Salah satunya bertahankan kearifan lokal yang dapat menarik para wisatawan yang ada di mancanegara untuk meneliti, mengkaji, atau sekedar mengnunungi keberadaan budaya lokal ini. Selengkapnya baca; Contoh Ilmu Budaya Dasar dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari

Demikinalah serangkaian penjelasan tentang pengertian, ruang lingkup dan contoh ilmu sosial dan budaya dasar dalam masyarakat. Semoga dengan tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian, terutama yang sedang mencari arti ilmu sosial budaya dasar. Trimakasih, 

0 Response to "Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel