Nilai Budaya: Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Contoh [Makalah Lengkap]

IlmuBudaya.Com- Nilai dalam budaya pada hakaketnya bersifat “abstrak” yang tidak dapat dilihat akan tetapi keberadaannya dapat dirasakan. Setiap insan yang hidup dalam kelompok masyarakat memahami tentang konsep ini, oleh karenanya agar memperjelas artikel inilah akan memberikan pemahaman tentang pengertian, konsep, fungsi, dan contoh nilai budaya.


Nilai Budaya


Nilai budaya adalah pedoman umum yang dijadikan sebagai perinsip manusia untuk bertingkah laku dalam keseharian. Segmen dalam nilai budaya ini berpengaruh pada semua lini kehidupan, baik soal ekonomi, adat istiadat, agama, politik, dan lain sebaginya.

Pengertian Nilai Budaya


Pengertian nilai budaya adalah kebiasaan tingkah laku manusia dalam menjalankan aktivitas keseharian. Kebiasaan ini dianut dan dijadikan sebagai landasan hidup lantaran memiliki perenan mementukan baik dan buruknya.

Pendapat demikian tentusaja tidak terlepas dari ungkapan para ahli yang mencoba memberikan definisi tentang arti “nilai budaya”. Berikut adalah pernyataan para ahli tersebut;

Koentjaraningrat (1987)

Pengertian nilai budaya adalah serangkaian konsepsi–konsepsi umum dalam masyarakat yang dijadikan sebagai orientasi serta rujuan dalam bertindak. Hal ini dilakukan dengan menekankan pada sejumlah alternative untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Clyde Kluckhohn dalam Pelly (1994)

Definisi nilai budaya adalah sistematisasi aturan yang sifatnya terorganisasir dan memberikan pengeruh besar dalam kehidupan masyarakat. Baik secara tradisional ataupun prilaku yang dilakukan dalam skala kedaerahan.

Sumaatmadja (dalam Marpaung ; 2000)

Arti nilai budaya adalah kesesuaian aturan masyarakat yang dijadikan sebagai faktor kebiasaan dalam menentukan keserasian, keselarasan,  serta keseimbangan. Sehingga makna ini mendeskripsikan bahwa konsep penentuan dalam nilai budaya tidak akan jauh pada tujuan masyarakat.

Dari serangkaian penjelasan tentang pengertian nilai budaya menurut para ahli di atas, dapatlah disimpukan bahwa nilai budaya akan senantiasa memberikan kontribusi bagi kamajuan daerah, hal ini dikarenakan setiap seseorang akan mendapatkan nilai budaya dari sejak ia dilahirkan. Selengkapnya, baca; Pengertian Nilai Budaya Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Nilai Budaya


Beragam macam yang terdapat dalam nilai budaya dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut;
  1. Kejujuran, nilai budaya ini akan memberikan pengaruh pada stigma baik dan buruk prilaku yang dijalankan oleh setiap individu.
  2. Patriotisme, jenis nilai ini secara singkat mengindinkasikan tentang kecintaan terhadap daerah atau Negara.
  3. Persaingan, macam nilai budaya ini memberikan dorongan kepada setiap masyarakat untuk dapat berfikir inovatif dalam menentuka kehidupan dan masa depannya.
  4. Kerjasama, maka jenis nilai budaya ini lebih melakat pada proses aturan serta gotong royong untuk mewujudkan kesejahteraan dan tujuan bersama.

Konsep Nilai Budaya


Penerapan dalam berbagai lini kehidupan tentang nilai budaya akan menjadikan konsep dari serangkaian unsur penanaman dalam kebiasaan masyarakat. Untuk itulah beberapa konsepsi inilah pembentuk nilai budaya.

Simbol-simbol

Pembentukan dalam proses nilai budaya akan senantiasa memerlukan simbul yang dapat dijadikan sebagai slogan secara jelas. Hal ini penting dilakukan selain sebagai karakteristik juga akan menimbulkan dorongan setiap kelompok atau organisasi untyk mencintai budayanya.

Sikap

Nilai budaya selalu tidak terlepaskan dari kebudayaan tentang sikap yang erat kaitannya dengan tindak laku manusai dalam menimbulkan gerak gerik yang dapat mendorong atau menghambat tujuan suatu masyarakat.

Kepercayaan

Konsep dalam nilai budaya ini akan senantiasa tertanam (believe system) pada setiap diri manusia, lantaran menjadi kerangka acuan dalam bertindak dan berperilaku. Konsidisi inilah kemudian diperkuat kembali bahwa setiap agama akan memiliki nilai budaya yang tidak terpisahkan dari masa lalu.

Fungsi Nilai Budaya


Adapun untuk tujuan dan fungsional dari penerapan nilai budaya dalam masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Mendorong Prilaku

Setiap individu yang tergabung dalam kebudayaan akan senantiasa memberikan gambaran tentang kebiasaan yang dilakukan. Dengan wujud terdapatnya nilai budaya dalam masyarakat inilah akhirnya akan memberikan drongan masyarakat untuk mencapai taget.

Persamaan

Persamaan dalam pemanfaatkan nilai budaya dalam masyarakat bisa menjadi salah satunya fungsinya. Hal ini lantaran seseorang yang hadir akan senantiasa memberikan bantuan atas dasar kekeluargaan yang didapatkan dari kebiasaannya untuk berkerjasama.

Contoh Nilai Budaya


Contoh dalam penanaman nilai budaya dasar dalam masyarakat, bisa dilihat pada salah satu adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat Sulawesi Tenggara. Adat ini dinamakan dengan kebudayaan karia.

Budaya karia yang intinya sebuah tradisi pingitan bagi seorang anak dengan jenis kalamin perempuan yang harus melakukan proses pingitan (karia) selama empat hari empat malam, dua hari dua malam, atau sehari semalam yang itu semua sejatinya tergantung kesepakatan antara penyelenggara karia dengan tetua adat (pomantoto).

Berdasarkan pada proses  tradisi yang dilakukan masyarakat inilah akhirnya akan memberikan nilai kerjasama serta memberikan pengalaman untuk generasi muda, khususnya perempuan. Kanduangan nilai budaya unik yang dimiliki daerah di Indonesia ini setidaknya harus senantiasanya untuk dijalankan. BacaContoh Nilai Budaya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mengingat pada saat ini budaya lokal dan budaya nasional lahan perlahan sudah mulai tersisihkan dengan adanya budaya asing yang berkembang. Khazanah serta sikap patriotism masyarakat di uji dalam kondisi yang seperti ini.

Demikinalah serangkaian penjelasan dan pengulasan secara lengkap mengenai pengertian, jenis, konsep, fungsi, dan contoh pada nilai budaya. Semoga adanya artikel ini bisa menjadi refrensi bagi pembaca dalam pembuatan makalah. Trimakasih, 

0 Response to "Nilai Budaya: Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Contoh [Makalah Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel