15+ Pengertian Budaya Organisasi Menurut Para Ahli Lengkap

IlmuBudaya.Com- Keberagaman tingkah laku manusia menuntut pihak-pihak tertentu dapat membaca kajian yang telah dilakukan. Salah satu teoritis kajian ini ialah mengedepankan system kesatuan (organisasi) yang terorganisir satu sama lain dalam sub kultural budaya. Hingga pada akhirnya munculnya ilmu budaya dasar khususnya yang membahas tentang budaya organisasi. Oleh karena itu pada artikel ini akan menuliskan tentang pengertian budaya organisasi.

Budaya Organisasi


Sejarah kelahiran budaya organisasi tidak terpisahkan dengan ilmu antropologi, hal ini dikarenakan subjek utamanya ialah kebiasaan masyarakat. Bahkan pada tahun 1980 sampai 1990 para pakar mulai serius mendalami budaya organisasi, hal ini disebabkan melihat kekalahan perusahaan-perusahaan  Amerika Serikat yang gagal dibadingkan dengan budaya organisasi perusahaan dari Jepang.

Atas dasar inilah kemudian secara serius pendapat tentang pengertian budaya organisasi mulai menurut para ahli muncul. Yang pada intinya definisi kesemuanya mengindikasikan bahwa budaya organisasi adalah sebuah sistemsiasi dari kebersamaan yang dianut anggota dalam satu komunitas atau organisasi masyarakat sehaingga menjadi pembeda dari bentuk lainnya. SelengkapnyaBudaya Organisasi : Pengertian, Fungsi, Karakteristik, dan Contoh [Makalah Lengkap]

Pengertian Budaya Organisasi Menurut Para Ahli


Pendapat para pakar mengenai budaya organisasi salah satunya dijelaskan oleh ahli dari ilmu antropologi, ekonomi, dan ilmu sosial budaya dasar. Diantaranya adalah sebagai berikut;

Robbins (1996)

Pengertian budaya organisasi dalam buku “Prilaku Organisasi” adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam perkumpulan masyarakat, sehingga fakta ini menjadi ciri yang membedakan antara satu perkumpulan dengan perkumpulan lainnya.

Kreitner dan Kinicki (2005)

Definisi budaya oragnsiasi adalah wujud nyata atas penerimaan setiap anggota dalam komunitas atau organisasi secara implisit baik berupa perasaan, kesatuan idiologi, tujuan, ataupun persamaan atas hak dan kewajiban yang telah disepakati.

Creemes (2010)

Pengertian budaya organisasi adalah sistemasisasi kehidupan yang dijadikan pedoman dalam menerapkan segala tindakan serta prilaku masyarakat. Melalui pola ini munculah sebuah rapan besar dalam menjalankan aktivitas yang dilakukan.

Cushway dan Lodge (2000)

Arti budaya organisasi adalah beragam sistem nilai-nilai yang terkandung dalam organisasi sehingga menjadi begitu pengaruh pada pola pekerjaan yang dilakukan atau akan dilakukan karyawan dan anggota yang ada dalam kelompok tersebut.

Mondy dan Noe (1996)

Definisi budaya oragnisasi adalah kayakinan berupa idiologi yang seringkali dianggap sebagai pedoman bagi segenap anggota di dalamnya. Hal ini tentusaja budaya organisasi bukan hanya sebuah perkunmpulan akan tetapi semacam aturan dalam berprilaku.

Soetopo (2012)

Budaya oragnisasi adalah kerangka kognitif pengetahuan dalam setiap anggota di dalamnya, sehingga agar sesuai dengan harapan maka diajdikan sikap, norma, dan nilai dalam mengembangkan keratifitas serta memajukan komunitas di dalamnya.

Hakim (2011)

Pengertian budaya organisasi adalah sisitemasiasi aturan kelompok yang terwujudukan memauli nilai, norma, dan idiologi. Sehingga kondisi ini menjadi pedoman serta keyakinan dalam berprilaku sesuai dengan aturan yang ada.

Brown (2000)

Pengertian budaya organisasi adalah seperangkan nilai, norma, keyakinan, dan aturan berbeda satu sama lain. Sehingga hal ini menjadi karakteritik yang dapat ditunjukan sebagai bahan kajian hasilnya dikemudian hari.

Hariss (2007)

Pengertian budaya organisasi adalah aturan yang tegas yang menjadi keyakinan antar anggota di dalamnya. Maka dengan arti ini dapat dikatkan bahwasanya budaya organisasi mendapatkan peranan yang mampu menciptakan kemajuan ataupun kegagalan dalam kelompok/organisasi tersebut.

Dari serangkaian penjelasan mengenai pengertian budaya organisasi menurut para ahli di atas. Dapat disimpukan bahwa arti kebudayaan dalam organisasi ialah satuan nilai, norma, dan idiologi yang kemudian menajdi aturan dalam berprilaku seseorang.

Arti ini sendiri sejalan dengan karakteritik yang ada dalam budaya organisasi, diantaranya adalah sebagai berikut;

Tujuan Hasil

Orientasi pada hasil yang akan di dapatkan dalam kelompok/perusahaan merupakan kajian utama yang menajdi ciri khas dari budaya organisasi ini. Sehingga melalui keobjektifan ilmu pengetahuan masyarakat dapat menilai mana yang baik dan buruk dalam kemajuan kelompoknya. Selengkapnya, baca; Contoh Budaya Organisasi Perusahaan di Indonesia dan Dunia

Orientasi Tim

Karakteritik yang ada dalam budaya organisasi selanjutnya ialah tujuannya untuk bersama bukan perseorangan. Sehingga kesuksesan organisasi/kelompok di dasai pada kebersamaan yang ada dalam tim tersebut.

Dua hal ini menjadi karakteritik yang ada dalam budaya organisasi, oleh karena itulah setiap masyarakat atau kelompok masyarakat memiliki perbedaan satu sama lainnya. Secara nnyata bahkan dalam budaya organisasi perusahaan masyarakat bisa menilai mana manajemen dan perkembangannya baik dan mana yang sekiaranya akan merugikan ketika melakukan investasi.

Semoga dengan penjelasan secara lengkap mengenai pengertian budaya organisasi dan karakteristiknya ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian yang mencari referensi tentang “budaya organisasi”. Trimakasih, 

0 Response to "15+ Pengertian Budaya Organisasi Menurut Para Ahli Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel