7+ Pengertian Ilmu Budaya Dasar Menurut Para Ahli Lengkap

IlmuBudaya.Com- Penjelasan mengenai Ilmu Budaya Dasar (basic humanities) yang juga dikenal dengan IBD hakaket sejarahnya berasal dari kata serapan Bahasa Inggis “the Humanities” yang artinya manusia, berbudaya, dan halus.  Istilah ini kemudian dikembangkan secara menyeluruh oleh para hali mulai dari pengertian, tujuan, ruang lingkup, dan contoh.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar


Ilmu budaya dasar adalah kajian ilmu sosial yang difungsikan untuk memberikan dasar-dasar dan pengertian umum tentang kajian problematik manusia dan kebudayaan. Melalui studi penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar Menurut Para Ahli


Sedangkan arti IBD (Ilmu Budaya Dasar) menurut pendapat para ahli tentang kebudayaan, antara lain sebagai berikut;

Edward Burnett Tylor

Pengertian Ilmu budaya dasar adalah aspek menyeluruh yang bersifat komplek dalam kehidupan manusia yang menyangkut tentang pengetahuan, kajian  kepercayaan, kesenian, nilai, norma, moral, hukum, adat istiadat, dan hal lain yang berkaitan erat dengan kegiatan manusia dalam masyarakat.

Herskovits

Definisi Ilmu budaya dasar ialah kajian ilmu sosial secara terus menerus dilanjutkan dalam generasi satu ke yang lainnya. Hal ini didasari pada IBD kajian yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat, mulai dari adat, budaya, dan lainnya. Sehingga dalam penyebutannya ahli ini mengatakan bahwa IBD ialah ilmu superorganic.

Andreas Eppink

Menurutnya, Ilmu budaya dasar adalah sekumpulan pernyataan-pernytaan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara intelektual dari kondisi masyarakat dan lingkungan yang ada di dalam kehidupannya. 

Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi

Ahli sosiologi di Indonesia ini menjelaskan bahwa system ilmu kebudayaan dasar ialah hasil karya, rasa dan cipta masyarakat yang dilakukan kajian dengan sangat serius sehingga apa yang dilakukan manusia dalam  masyarakat selanjutnya dapat di ramalkan.

Koentjaraningrat

Arti Ilmu Budaya Dasar ialah hasil keseluruhan sistem gagasan yang ada dalam fikiran manusia sebagai klain bahwa manusia sendiri diwajibkan untuk dapat belajar dengan semua golongan dan semua aktivitas yang dilakukannya.

Dari penjelasan mengenai pengertian ilmu budaya dasar menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan umum dilakukan kajian ialah untuk proses pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan terhadap kebudayaan yang berkembang.

Hal ini di dasari pada proses perhatian bahwa gejala sosial dalam masyarakat timbul karena adanya agar daya tanggap, persepsi serta bentuk beranekaragam penalaran yang berkaiatan antara manusia dan lingkungan yang ada di sekitaranya.

Oleh karena itulah dalam ruang lingkup kajian dalam IBD selalu berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini lantaran Ilmu Budaya Dasar menyangkup tentang pristiwa-peristiwa yang paling dekat dengan kehidupan manusia, seperti agama, politik, adat, hokum organisasi, dan kajian ilmu sosial lainnya.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Beberapa tujuan yang dihasilkan IBD sebagai kajian ilmu pengetahuan dasar bagi seseorang yang mempelarinya, antara lain adalah sebagai berikut;
  1. Bertujuan untuk mempelajari masalah sosial dalam masyarakat serta budaya yang berkembang yang perlu dipecahkan permasalahannya.
  2. Menciptakan nunsa demokrasi bagi kehidupan untuk menerima keanekaragaman
  3. Melatih berbeda pendapat  serta metode ilmiah yang dilakukan dalam telaah ilmu sosial.

Dari serangkaian penjelasan mengenai pengertian Ilmu budaya dasar di atas, secara lengkap mana dapat diartikan bahwa kajian ini tergolong dalam general education yang memberikan gambaran secara menyeluruh serta bersifat tabu keberadaan kajiannya.

Baca Juga;

Demikianlah serangkaian penjelasan dan pengulasan tentang pengertian Ilmu budaya dasar menurut pendapat para ahli. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan pembaca yang sedang mencari materi tentang “Ilmu budaya dasar”. Trimakasih, 

0 Response to "7+ Pengertian Ilmu Budaya Dasar Menurut Para Ahli Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel