9+ Pengertian Nilai Budaya Menurut Para Ahli Lengkap

IlmuBudaya.Com- Nilai-nilai budaya hampir terdapat dalam semua segemen kehidupan masyarakat, baik dalam politik, pendidikan, sekolah, ataupun di dalam adat istiadat. Alasan hal ini diungpakan lantaran setiap seseorang dalam berkelompok memiliki pedoman yang kemudian dijadikan kebiasaan, Sebagai penjelasan lebih lanjut artikel ini akan mengungkapkan tentang pengertian nilai budaya.

Nilai Budaya


Nilai budaya adalah sistemasiasi aturan yang dijadikan pedoman dalam mengontrol tindakan dan prilaku seseorang dalam kehidupan masyarakat. Baik secara kelompok ataupun secara individu/perorangan. Dalam pola seperti ini akan mendapatkan sitigma baik dan buruk.

Pengertian Nilai Budaya Menurut Para Ahli


Adapun berbagai pendapat para ahli, mengenai definisi nilai budaya yang dikemukakan. Antara lain sebagai berikut;

Clyde Kluckholn

Pengertian nilai budaya sebagai sistemasiasi aturan yang memiliki pola teratur dalam mengendalikan perilaku manusia dari satu gelongan ke golongan yang lainnya. Dalam kondisi ini ada citra baik dan buruk untuk proses penarapannya.

Sumaatmadja

Definisi nilai budaya adalah aturan yang terdapat dalam hubungan masyarakat dalam proses menyeimbangakan, menyelarasakan, dan menserasikan antara tujuan dan kenyataan. Oleh karenanya setiap masyarakat memiliki pola yang berbeda-beda.

Thodorson

Arti nilai budaya adalah aturan abtrak yang bisa dituliskan dan tidak dalam mengontrol tindakan manusia yang dijalankannya. Oleh karena itulah setiap kanduangan dalam nilai kebudayaan tidak akan terlepas pada tujuan masyarakat.

Koentjaraningrat

Makna nilai budaya adalah serangkaian system dalam masyarakat yang mempengaruhi dan dijadikan alternatif untuk mendapatkan hak serta menerapkan kewajiban yang dijalankan. Arti ini tentusaja mengindikasikan bahwa nilai budaya adalah konsep yang baik dan harus dijalankan.

Marpaung

Nilai budaya adalah serangkaian kebiasaan manusia yang dijadikan sebagai aturan dalam proses kehidupan masyarakat, dengan kondisi inilah ia mengerucutkan bahwa nilai dasar akan senantiasa berkembang dan melakukan pengembangan dengan kondisi yang berbeda-benda.

Dari definisi para ahli tentang nilai budaya dapat disimpukan bahwa kebiasaan dan tingkah laku manusia yang dijadikan pedoman adalah bagian daripada faktor keselarasan antara tujuan masyarakat dan kenyataan yang dijalankan. Oleh karenannya setiap masyarakat akan senantiasa memiliki karakteristik yang berbeda.

Untuk beberapa kondisi dari nilai-nilai budaya dalam masyarakat yang dinilai berharga untuk diperjuangkan antara lain adalah sebagai berikut;

Nilai Kejujuran

Kejujuran menjadi salah satu penerapan nilai dasar yang haruspula terus menerus dipupuk keberadaannya. Hal ini melihat berabagai kondisi masyarakat di lingkungan daerah atau secara nasional banyak terjadi penyimpangan kejujuran, seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme. Yang umumnya menguntungkan diri sendiri daripada masyarakat.

Nilai Patriotisme

Nilai budaya yang selanjutnya dan terus menerus diperjuangkan adalah pernan terhadap nilai cinta kepada Negara sendiri dengan tidak menganggap buruk Negara/wilayah lainnya. Istilah inilah kerapkali disebutkan sebagai patriotisme.

Nilai Persaingan

Pernanan selanjutnya yang patut diperjuangkan oleh masyarakat adalah persaingan dengan sehat tanpa mengancam pihak lain. Nilai budaya persaingan terus menrus dilestariakan agar generasi muda memiliki jika inovatif dan bisa bersaing secara kompetitif.

Nilai Harmonis dan Kerjasama

Hubungan terhadpa nilai budaya dasar selanjutnya yang harus senantiasa diperjuangan adalah kerjasama yang harmonis. Langkah ini dilakukan mengingat pada saat inilah perluanya proses kerjasama agar tujuan yang diinginkan dapat mudah terwujudukan.

Dari serangkaian pengertian nilai budaya dan fungsinya di atas. Secara sederhana setiap masyarakat harus mampu melestarikan dengan memberikan prioritas terhadap kebiasaan mana yang perlu untuk diperjuangan. Hal ini penting sekali, mengingat banyak contoh nilai budaya yang sudah mulai hilang.

Misalnya saja contoh kehidupan masyarakat yang meninggalkan nilai dasar adalah proses tentang kecintaan terhadap Negara sendiri yang mulai menurun dan lebih bangga mencaci tanpa memberikan solusi. Tentusaja apabila dibiarkan keadaan ini akan dapat mengancam kesatuan Negara Indonesia.

Akhir kata, semoga dengan adanya tulisan tentang pengertian nilai budaya menurut para ahli ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan refrensi arti “nilai budaya:. Trimakasih, 

0 Response to "9+ Pengertian Nilai Budaya Menurut Para Ahli Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel