10+ Makanan Khas Belanda yang Terkenal


Belanda memang sudah masuk dalam catatan sejarah dan budaya bagi Negara Indonesia. Pasalnya, jika kita berbicara mengenai Belanda, pasti ingatan kita tak akan lepas dari pelajaran IPS ataupun sejarah yang menjelaskan tentang penjajahan yang dilakukan di negara kita selama hampir lebih dari 1,5 abad. Terlepas dari bentuk penjajahan yang di lakukan oleh Belanda, ternyata negara ini merupakan salah satu negara maju di Benua Eropa. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kunjungan wisatawan domestik yang datang ke Belanda. Di balik segalam macam aspek yang ada, ternyata Belanda juga mempunyai banyak makanan khas yang belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Makanan Khas Belanda


Oleh karena itulah dalam artikel ini, akan dibahas makanan-makanan khas Belanda yang harus kamu ketahui. Berikut 10 makanan khas Belanda yang terkenal.

Olliebollen

Olliebollen adalah kue khas dari Belanda. Kue olliebollen biasa dihidangkan pada musim dingin, musim gugur, dan malam pergantian tahun baru. Kue ini terbuat dari tepung terigu yang dicampurkan dengan telur, susu cair, dan gula pasir.

Campuran bahan tersebut lalu dibentuk bulat dan dimasukkan selai apel sebagai rasa asam ke  dalamnya. Kue seperti ini biasa kita jumpai sebagai donat atau roti goreng. Biasanya kue ini dihadangkan dengan taburan gula halus di atasnya sebagai penambah cita rasa manis yang ada di dalam kue. Kue ini sangat cocok dimakan dalam keadaan hangat dan ketika berkumpul dengan keluarga.

Erwtensoep

Erwtensoep adalah sup yang terbuat dari ercis. Belanda memang terkenal dengan supnya, namun yang sangat kental akan kekhasan Belanda adalah sup ercis. Diberi nama sup ercis, sebab bahan utama yang digunakan dalam pembuatan sup ini yaitu kacang ercis.

Berbeda dengan sup yang ada di Indonesia, sup ercis mempunyai tekstur seperti bubur. Sup ini memiliki warna yang cenderung coklat. Konon, salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan sup ini adalah susu, sehingga memiliki warna seperti susu.

Sup ercis. Bahan lain yang dimasukkan dalam adonan sup ini yaitu daging sapi, kentang, dan wortel. Sup ini sangat cocok dihidangkan ketika musim dingin tiba, dan disajikan dalam keadaan panas. 

Waterzooi

Makanan khas selanjutnya yaitu waterzooi. Tidak jauh beda dari sup ercis (erwtensoep), waterzooi juga termasuk jenis sup-sup an yang khas dari Belanda. Kalau erwtensoep memiliki bahan utama kacang ercis, maka waterzooi menggunakan rebusan ayam dan ikan sebagai bahan utamanya.

Sup ini juga disajikan dengan berbagai macam campuran seperti, wortel, kentang, wortel, dan daun bawang. Bebeda dengan erwtensoep, waterzooi biasa dinikmati dengan roti tawar khas Belanda, yang biasa disebut dengan Baguette. Sup ini juga biasa dinikmati ketika musim dingin tiba, dan sangat cocok disaajikan dalam kondisi yang panas.

Stamppot

Setelah mengenal berbagai sup khas Belanda, kali ini akan dibahas makanan khas lain yaitu Stamppot. Stammpot dibuat dari kentang yang direbus lalu dihancurkan, biasa dikenal sebagai mashed potatoes, Kentang yang telah dihancurkan itu, selanjutnya dicampur dengan sayuran-sayuran, seperti wortel maupun sayuran yang berwarna hijau.

Biasanya, stamppot dihidangkan bersamaan dengan Rookworst, atau yang biasa dikenal dengan sosis besar. Makanan ini sangat terkenal dikalangan turis-turis yang mengunjungi negara kincir angin ini. Makanan khas pertama yang akan dicari oleh turis maupun wisatawan di Belanda adalah stammpot. Namun, makanan ini akan lebih nikmat jika disantap saat musim dingin tiba.

Hutspot

Selanjutnya, makanan khas Belanda yang terkenal yaitu hutspot. Hutspot merupakan makanan yang sangat direkomendasikan oleh para pecinta daging. Bahan utama pembuatan hutspot adalah daging. Hutspot merupakan makanan yang biasa dihidangkan kepada tamu, karena penyajiannya yang begitu mudah dan cepat.

Pembuatan hutspot dimulai dengan memotong sayuran dan bawang, lalu digoreng dengan mentega. Setalah itu, bubuhkan merica, garam, pala, serta kentang yang sudah direbus. Tumis dan masak dengan potongan daging yang telah disiapkan.

Selanjutnya, hutspot siap untuk dihidangkan. Hutspot biasanya dihidangkan dengan bir. Cocok untuk dimakan ketika ada yang bertamu sembari bercengkrama santai. Berbeda dengan makanan khas Belanda sebelumnya, makanan ini cocok dihidangkan pada musim apapun. Tidak harus menunggu musim dingin. 

Boerenkooslstamppot

Jika Indonesia memiliki kubis, maka Belanda memiliki kale sebagai bahan utama pembuatan Boerenkooslstamppot. Makanan ini menjadi makanan populer di Belanda, karena telah dikenal sejak tahun 1661. Bisa dibilang, makanan ini merupakan makanan khas Belanda yang tertua. Pembuatan makanan ini cukup mudah.

Hanya dengan menumbuk kale dan kentang. Lalu dituang dengan sausnya. Sausnya sendiri terbuat dari mentega yang dipanaskan, lalu ditambah oseng-oseng bawang bombai, lada hitam, dan terakhir dicampur dengan maizena. Jadi simpelnya, Boerenkooslstamppot adalah tumbukan kale dan kentang yang dimakan dengan saus. Hidangan ini lagi-lagi sangat cocok disajikan pada musim dingin. Mengingat Belanda memiliki iklim mayoritas yaitu dingin. 

Herring

Jika Jepang memiliki sashimi, maka Belanda memiliki herring. Herring sendiri sebenanya adalah sebuah ikan hanya dapat ditangkap ketika musim panas. Herring hanya kan bermunculan saat musim tersebut, sehingga makanan ini sangat cocok dihidangkan pada musim panas.

Makanan ini sebagai salah satu makanan paling favorit pada musim panas, karena makanan ini segar saat dimulut. Cara menghidangkan makanan ini yaitu dengan membersihkan ikannya terlebih dahulu, lalu dipisahkan dengan bagian kepalanya. Setelah bagian kepalanya terpotong, lalu dibekukan selama satu hari.

Ikan dapat dinikmati secara langsung, atau dengan dibuat seperti sandwich. Makanan ini memiliki rasa asin, namun segar. Teksturnya sangat lembut, sehingga masyarakat Belanda begitu menyukainya. 

Ontbtjkoek

Sarapan merupakan makan pagi yang biasa dilakukan sebelum memulai aktivitas. Di Indonesia biasanya sarapan menggunkan nasi, roti tawar, maupun sereal. Namun, di Belanda masyarakatnya biasa sarapan dengan ontbijtkoek.

Tidak heran jika makanan itu dijuluki sebagai kue sarapan pagi. Kue tersebut merupakan makanan khas Belanda yang biasanya dimakan ketika sarapan. Bahan utama dari kue itu adalah gandum, dengan cengkeg, kayu manis, dan jahe yang dicampur dalam adonannya. Kue ini berwarna kecoklatan seperti kue pada umumnya.

Biasanya kue ini dihidangkan dengan teh sebagai jamuan minumannya. Selain itu, kue ini akan terasa lebih enak jika diolesi mentega yang cukup banyak. Sama halnya ketika makan roti tawar yang diolesi dengan selai. 

Keju Edam

Rasanya tidak ke Eropa jika tidak memakan keju. Ternyata keju terbaik yang ada di dunia terketak di Belanda, keju edam namanya. Keju ini merupakan keju yang paling enak dan lezat jika dibandingkan dengan keju lainnya. Keju edam memiliki kaandungan kalsium yang sangat tinggi, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Sama seperti keju lainnya, keju edam terbuat dari susu sapi. Yang membuat keju edam terasa lebih spesial adalah rasanya yang banyak dikatakan lumayan mirip dengan kacang. Keju ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Ditambah lagi, ternyata keju ini memiliki kadar lemak yang paling rendah. Bahkan, keju ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sebesar 25%. Keju edam biasanya digunakan sebagai topping kue atau hanya sebagai kudapan ketika minum teh. 

Rijsttafel

Terakhir, makanan yang mengingatkan kita kepada sejarah. Makanan ini merupakan makanan paling spesial dari penguasa Belanda. Pasalnya makanan ini sangat erat kaitannya dengan masa penjajahan kolonial Belanda.

Saat dimanda penguasa Belanda merasa lapar ketika menyusun taktik penjajahan. Kelezatan makanan ini terletak dari citarasa dan kehangatan ketika santap bersama, sehingga jika untuk menikmati makanan ini, dianjurkan untuk dimakan bersama. Rijs memiliki arti nasi dan tafel memiliki arti meja. 
Sehingga arti dari makanan tersebut yaitu hidangan nasi yang dinikmati di meja.

Selain itu terkenal dengan makanan khas, Negara Belanda juga sangat terkenal disebut dengan negara kincir angin. Belanda mendapat julukan negara kincir angin karena ia memiliki kincir yang sangat banyak.

Pemerintah Belanda membangun kincir itu selama ratusan tahun. Awalnya, kincir itu dibangun untuk mendorong air menuju laut, karena letak negara ini berada di bawah permukaan laut. Namun, selaras dengan berkembangnya teknologi, kincir-kincir ini digunakan untuk berbagai bidang untuk menunjang kemajuan Negara Belanda. 

Demikianlah serangkaian tulisan dan penjelasan tentang makanan khas Belanda yang paling dikenal oleh masyarakat dunia, termasuk adalah Indonesia. Semoga dengan tulisan ini bisa memberikan refrensi dan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Makanan Khas Belanda yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel