10+ Budaya Bangka Belitung dan Contoh Lengkapnya


Perlu dikethui bahwa Pemerintahan Provinsi Bangka Belitung ini telah disahkan pada tanggal 9 Februari 2001. Provinsi ini telah di salahkan pada saat setelah oleh Gubernur yaitu H. Amur Muchasim, SH yaitu mantan Sekjen Depdagri. Telah kita ketahui bersama bahwa Provinsi Bangka Belitung adalah slah satu provinsi yang berada di bagian Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Sumatera Selatan yang ternyata memiliki banyak macam-macam budaya.

Bangka Belitung


Provinsi Bangka Belitung merupakan sebuah kepulauan yang berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 pada Tahun 2000 yaitu Tentang Pembentukan Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 21 November 2000. Kepuluan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi yang terdiri dari Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung serta Kota Pangkalpinang.

Kemudian Pada tahun 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tanggal 23 Januari 2003 dilakukan sebuah perluasan wilayah dengan penambahan 4 kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur.

Provinsi Bangka Belitung adalah sebuah povinsi yang terapat di daerah Sumatera di bagin Timur. Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu kepulauan yang letak ibukotanya berada di daerah Pangkal Pinang. Di daerah Bangka Belitung ini memiliki sebanyak ada 470 buah dan memiliki sekitar 50 kepulauan yang terdapat penghuninya.

Selain itu keindahan alam yang dimiliki di daerah ini membuat daerah ini menjadi sebuah daerah tujuan untuk para wisatawan yang berkunjung di Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satuu kepulauan yang berada di Negara Indonesia.

Ada beberapa kepulauan yang terdapat di daerah kepulauan Bangka Belitung, salah satunya adalah kepulauan Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau dan Pulau  Selat Nasik. Selain itu daerah ini adalah salah satu daerah yang penghasil utama adalah penghasil timah. Kebudayaan yang ada di daerah ini selain terdapat kebudayaan local ada juga kebudayaan import. Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu kepulauan yang terkenl dengan pantai.

Budaya Provinsi Bangka Belitung


Dalam hal ini ada 10 kebudayaan masyarakat Bangka Belitung yang perlu diketahui, diantaranya adalah:

Rumah Adat

Di daerah  Bangka Belitumg terdapat beberapa  rumah adat, salah satunya adalah rumah panggung, rumah limas dan rumah rakit. Rumah tradisional ini adalah salah satu rumah adat yang hampir sama dengan rumah adat yang ada di daerah lain.

Selain itu masyarakat Bangka Belitung adalah salah satu masyarakat yang masih sangat menjaga keaslian dari rumah adat tersebut termasuk kedalam Arsitekturnya, yaitu masih menjaga arstitektur dari masyarakat melayu.

Salah satu dari ciri khus rumah adat yang khas di daerah Bangka Belitung adalah yaitu masih terdapat khas melayu awal. Kemudian untuk rumah adat Melayu Bubung Panjang dan Melayu Bubung Limas. Rumah ini terbuat dari kayu, bamboo, rotan, akar pohon, daun – daun atau alang – alang yang banyak tumbuh di lingkungan sekitar.

Kemudian untuk Arsitektur rumah Melayu Awal yaitu memiliki sebuah atap yang sangat tinggi dan sebagian atapnya miring. Kemudian pada Saat proses pembangunan rumah, pada bagian  tiang dibentuk sebuah filsafsh yang telah dipercayai oleh masyarakat Bangka Belitung tersebut. Ada 9 filsafah yang dipercayai, sehingga dalam tiang yang di bangun tersebut ada 9 buah tiang 9 tiang tersebut terletak di beberapa bagian, diantaranya adalah berada di tengah, dan di atap rumah tersebut terdapat sebuah tutup yang dibuat dengan daun rumbia. Dan kemudian dindingnya dibuat dari bahan pelepah atau kulit kayu atau menggunakan buluh atau bambu. 

Pakaian Adat


Pakaian adat yang ada di daerah Bangka Belitung adalah salah satu Untuk pakaian yang digunakan hanya pada saat acara–acara tertentu saja. Untuk wanita memakai sebuah pakaian adat yaitu pengantin yang terdiri dari sebuah baju kurung dengan bahan dar sebuah kain Bludrru dengan warna merah dan di lengkapi dengan penutup atau teratai, peutu tersebut digunakan dari kain asli Bangka Belitung yaitu kain Cual yang bersal dari Mentok.

Kemudian tidak lupa memakai perhiasan, berupa hiasan kepala dan hiasan yang lainnya. Kemudian untuk pria memakai pakaian pengantin yang terbuat dari bahan kain bludru bewarna merah cerah dan perhiasan berupa manik–manik. 

Lagu Daerah


kemudian untuk daerah Lagu daerah yang asli dari daerah Bangka Belitung, memiliki beberapa jenis lagu, salaah satunya adalah lagu Miak Serumpun, lagu Bujang Lapok, dan lagu Men Sahang Lah Mirah.  

Suku 


Daerah Bangka Belitung adalah salah satu daerah yang terdiri dari berbagai macam jenis suku, salah satunya adalah suku asli masyarakat Bangka Belitung adalah Suku Asli Arab dan Jawa.

Bahasa Daerah


Masyarakat daerah Bangka Belitung adalah masyarakat yang menggunakan bahasa asli atau bahasa resmi, yaitu Bahasa Indonesia namun ada beberapa masyarakat yang menggunakan bahasa melayu. 

Senjata Tradisonal


Ada beberapa senjata yang memang digunakan oleh masyarakat asli Bangka Belitung, slah satunya adalah keris, kujang dan parang, kedik dan siwar panjang.masyarakat Bangka Belitung percaya bahwa di dalam senjata tersebut terapat pesan khusus dan symbol khusus untu masyarakat Bangka Belitung .

Tari Tradisional


Di daerah Bangka Belitung terdapat berbagai macam jenis tari, salah satunya adalah Tari Campak. Tari Campak merupakan sebuah tari yang berasal dari daerah Bangka Belitung. Tarian ini menceritakan tentang sebuah keceriaan masyarakat muda yang ada di daerah Bangka Belitung.

Tarian ini adalah sebuah tarian yang biasanya dimainkan pada saat panen padi atau ada saat pulang dari kebun. Dan bukan hanya itu saja tarian itu digunakan sebagai hiburan pada saat kegiatan. 

Upacara Adat


Buang Jong adalah salah satu upacara yang ada di daerah Bangka Belitung. Kata Buang berarti artinya membuang dan Jong yang memiliki arti yaitu seperti perahu. Sehingga dalam hal ini Buang Jong  merupakan sebuah tradisi membuang atau melayarkan perahu Jong ke laut, namun pada saat ritual ini perhu yang dibuang adalah sebuah perahu kecil yang dibuat seprti miniature tersebut.

Perlu diketahui bahwa perah tersebut adalah sebuah perahu yang terbuat dari bambu yang dibuat seperti rumah yang di dslsm persshu tersebut telah diisi berbagai macam jenis sesaji. Upacara ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali. 

Nirok Nanggok 


Tradisi Nirok Nanggaok merupakan sebuah tradisi yang di adakan oleh masyarakat Bangka Bitung setiap satu tahun sekali. Pada saat musim kemarau pajang masyarakat Bangka Belitung bersama – sama mencari ikan di laut. Alat yang digunakan untk mencari ikan tersebut adalah sebuah Tirok. Perlu diketahui bahwa Tirok adalah sebuah alat yang hampir sama dengan Tombak yang bermata besi runcing dan Tanggok yaitu sejenis jala kecil dengan gagang dari kayu.

Sepintu Sedulang


Di daerah Bangka Beltung adalah sebuah daerah yang terdiri dari berbagaii macam jenis budaya, salaha satunya adalah Sepintu Sedulang. Perlu diketahui bahwa Sepintu Sedulang adalah salah satu semboyan yang digunakan oleh masyarakat yang berasal dari Bangka Belitung yang memiliki arti yaitu persatuan dan kesatuan serta gotong royong.

Sebuah tradisi atau Ritual Sepintu Sedulang adalah salah satu sebuah kegiatan yang di lakukan oleh penduduk pulau Bangka Belitung pada saat pesta. Pesta ini adalah sebuah pesta  kampong yang membawa dulang atau tempat wadah yang berisi beberapa makanan untuk dimakan tamu. Atau yang berada di balai adat.

Karena hal ini lah membuat daerah Bangka Belitung menjadi salah satu daerah yang menjadi destinasi khusus masyarakat didaerah tersebut dan para wisatawan. Sehingga tidak heran jika kegiatan budaya yang terdapat di propinsi Bangka Belitung ini menjadi salah satu  kekayaan seni dan budaya masyarakat Bangka Belitung.

Sebuah keBudayaan yang ada di daerah Bangka Belitung adalah terdapat beberapa adat atau tradisi salah satunya adalah Perang Ketupat, Buang Jong, Mandi Belimau, Ruwah, Kongian, Imlek, Sembahyang Rebut, Sembahyang Kubur, Kawin Masal, dan Nganggung.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkapnya mengenai jenis-jenis budaya di Provinsi Bangka Belitung dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan referensi kepada segenap pembaca sekalian, ya. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Bangka Belitung dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel