10+ Budaya Cina dan Contoh Lengkapnya

Negeri Cina atau Tiongkok merupak sebuah Negara yang sampai saat ini masih terus menunjukkan perkembangan akan kemajuan yang sinifikan. Sehingga bukan hanya itu saja terdapat beberapa masyarakat yang telah menunjukkan beberapa penemuannya seperti, kompas, kertas, dan kode biner komputer. Kemudian banyak kalangan masyarakat yang telah percaya bahwa Negara Cina merupakan sebuah Negara yang tidak dapat di kalahan dengan yang lain, terutama pada kebudayaan masyarakat yang ada di Negara Cina tersebut.

Budaya Cina


Negara Cina adalah sebuah Negara yang terletak di daerah kota Beijing, yang termask kedalam ibukota Tiongkok, dan untuk sekarang ini kota ini telah menjadi sebuah kota yang sekarang menjadi Museum istana.

Selama hampir 500 tahun lamanya tersebut. Negara tersebut adalah sebuah Negara yang telah menjadi sebuah Negara dengan pusat kegiatan politik  pemerintah Cina. Bagunan tersebut yaitu bangunan Forbidden City dibangun pada tahun 1406 sampai 1420, yang dalam hal tersebut bangunan ini terdiri dari 980 bangunan yang menempati area seluas 72 hektar.

Didalam sebuah bangunan tersebut memang ternyata banyak sekali paaa wisatawan yang berkunjung si istana tersebut yaitu Dengan lebih dari 14 juta pengunjung setiap tahunnya, sehingga dalam hal tersebut museum ini adalah sebuah museum yang memiliki banyak sekali pengunjung di Dunia. 

Jenis dan Contoh Budaya Cina


Berikut ini adalah 10 kebudayaan yang ada di Negara Cina adalah sebagai berikut:

Tomb Sweeping Day atau Hari membersihkan Kuburan  

Festival ini adalah sebuah festival yang sangat penting dan juadiadakan semeriah mungkin. Festival ini adalah sebuah festival yang telah dilaksanakan oleh masyarakat Cina pada tanggal 12, bulan 3 mengikuti penanggalan Cina.

Kegiatan dari festival ini adalah biasanya orang Cina datang ke kuburan orang-orang yang lebih tua untuk dapat memebrsihkan kuburan dari kerabat mereka tersebut dan mendakannya secara bersam – sama.

Dan tidak lupa masyarakat cina membeli kotak khusus yanga akan dibakar nantinya. Dalam koak tersebut berisiskan sebuah perhiasan mainan, mobil-mobilan, baju kertas, celana kertas, uang, dan Emas yang terbuat dari kertas :

Ghost Festival atau festival Hantu

Festival ini adalah saah satu festival yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa setiap Tahunnya. Festival ini biasana di selenggarakan pada tanggal 15 bulan 7 yaitu dalam penanggalan yang ada di Negara Cina tersbut.

Dalam acara ini menceritakan tentang  dalam penangalan masyarakat cina, dalam hal ini masyaakat Cina percaya bahwa festiva terbut telah membuka pintu neraka sehingga tidak ada pembatas antara dunia arwah dan dunia manusia. Sehingga dalam hal ini setan bebas berkeliaran dimana pun dia mau.

Buddha’s Birthday atau Ulang Tahun Buddha

Festval ini adalah sebuah festival yang diadakan dengan sebuah acara yang besar dan sangat mewah. Selain itu acara ini adalah sebuah acara yang dilaksanakan untuk emperingati hari lahirnya Pangeran Siddharta Gautama sang Buddha.

Ternyata acara ini bukan hanya di rayakan di Negara Cina saja Namun Korea juga melaksanakan acara ini. Selain di Cina, festival ini juga dirayai di Korea. Selain  itu festival ini di laksanakan untuk mengenang para leluhur dan mencerminkan nilai luhur yang ada. 

Festival Tahun Baru Imlek 

Tahun Baru Imlek atau biasa disebut juga dengan Festival Musim Semi biasanya dirayakan oleh masyarakat Tionghoa. Festival ini adalah sebuah festival yang diadakan oleh masyarakat tersebut dengan sangat menarik dan semeriah mungkin.

Dalam festival ini maka akan dberi sebuah hiasan yang di gantungkan, sepeti hiasan lampion merah, menempel kertas merah bertuliskan ‘FU’, dan tidak lupa menyiapkan angpao, sampai pesta kembang api dan tarian naga serta barongsai. Pada zaman dahulu tahun baru imlek adalah tahun baru yang diadakan sesuai dengan pergantian musim. yakni dari musim dingin ke musim semi. 

Festival Cap Go Meh

Festival Yuan Xiao atau biasa dikenal dengan perayaan Cap Go Meh. Festival ini adalah sebuah festival yang diadakan setiap tanggal 15 padaawal penanggalan Imlek. Festival ini adalah sebuah festival yang tidak kalah menariknya dengan festival yang lainnya, yaitu sebuah festival yang diadakan dengan semeriah dan semenarik mungkin.

Didalam sebuah festival ini juga terdapat tarian yang disebut juga dengan tarian barongsai, naga atau liong, dan terdapat beberapa atraksi beladiri wushu, pergelaran alat musik tradisional China, pertunjukan tarian khas negeri Tiongkok, dan masih banyak pertunjukkan yang disajikan di daerah ini.

Perlu diketahui bahwa festival Cap Go Meh adalah sebuah festival yang disebut juga sebagai sebuah upacara kirab, yaitu turun ke jalan raya dengan menggotong Kio atau usungan yang diisi dengan sebuah arca para Dewa.

Dalam hal tersebut nanati aka nada beberapa atraksi yang ditunjukkan seperti atraksi sayat lidah, memotong lengan atau badannya dengan sabetan pedang dan masih banyak yang lainnya. 

Festival Ceng Beng 

Festival Qing Ming atau biasa disebut juga dengan Ceng Beng merupakan sebuah hari dimana masyarakat yang adadi Tiongkok berziarah ke kuburan para kerabatnya yaitu orang tua, sanak family. 

Selain itu festival ini dilakukan dengan tujuan untuk membersihkannya dan bersembahyang di makam, kemdian tidak lupa sambil membawa makanan seperti, buah-buahan, kue, dan karangan bunga. Hari Ceng Beng ini adalah sebuah hari kebahagiaan untuk masyarakat Tiongkok yang dilaksanakan pada taggal 5 April sesuai dengan penanggalan Imlek. 

Festival Duan Wu 

Festival Duan Wu adalah sebuah festival yang ada sejak tahun 2000 tahun yang lalu. Dalam kegiatan festival ini ada dua kegitan yang sampai saat ini masih terus di lakukan yaitu kegiatan makan Bak Chang dan kegiatan perlombaan perahu naga.

Festival ini adalah sebuah festival yang diadakan untuk mengenang patriot Qu Yuan yang mati bunuh diri karena telah terjun kedalam sungai karena rasa setia yang dimilikinya tersebut. 

Festival Qi Xi 

Festival Qi Xi adalah sebuah festival yang biasa disebut juga dengan festival Qi Qiao. Festival ini adalah sebuah festival yang sangat romantic yang ada sejak zaman kebudayaan yang ada di daerah Tionghoa. Bukan hanya itu saja festival ini juga adalah sebua festival yang Bahkan disebut sebagai hari valentine nya masyarakat Tiongkok.

Festival Qi Xi ini adalah sebuah festival menceritakn tentang kisah yang romantis antara pria penggembala Niu Lang dan Zhi Nu seorang perempuan penenun. Dalam cerita tersebutpemuda ini hanya bertemu setiap satu tahun sekali yaitu pada tanggal 7 bulan 7 dengan menggunakan penanggalan Imlek.

Dalam festival ini banyak sekali para pemuda yang meminta permohonan agar mendapatkan suami yang setia dan mencintainya. 

Festival Tiong Ciu Pia

Festival ini adalah sebuah festival yang sering disebut juga dengan festval muim gugur. Festival ini dilakukan dengan makan makanan yang disebut sebagai kue bulan atau kue pia. Festival ini dlaksanakan pada tanggal 15 bulan 8 yaitu sesuai dengan penanggalan tahun imlek tersebut.

Perlu diketahui bahwa Festival musim gugur ini adalah sebuah festval yang dilaksanakan sejak dinasti Xia dan Sheng yaitu pada tahun 2000-1600 SM. 

Festival Chong Yang

Di Negara Cia terdapat beberapa macam jenis festival salah satunya adalah Festival Chon, festival ini diadakan setiap tanggal 9 bulan 9 yaitu pada saa memasui tahun baru imlek. Dalam festival ini artinya adalah agar memiliki umur yang panjang, dan jugaharii ini bertepatan dengan festival trsebut dirayakan sebagai hari lanjut usia atau biasa disebut juga dengan Lansia.

Festival tersebut dilaksanakan setiap tanggal 9 karena menurutmereka tanggal tersbut adalah tanggal dimana memiliki hal-hal yang positif di bandingkan dengan angka yang lainnya. Pada saat acara festival ini banyak sekali masyarakat Tiongkok yang menikmati pesta besama. Dengan menikmati Indahnya bunga yan berada di pegunungan tersebut.

Nah, itulah tadi sekilas tentang nama-nama Budaya Cina dan contohnya. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan bagi segenap pembaca sekalian, ya. Trimakasih,  

0 Response to "10+ Budaya Cina dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel