10+ Budaya Jawa Tengah dan Contoh Lengkapnya

Kebudayaan yang ada dikepulauan Jawa memang sangatah beragam bentuknya. Salah satunya adalah sebuah kebudayaan yang dimiliki oleh daerah Jawa Tengah. Kebudayaan yang ada di daerah Jawa Tengah ini terus berkembang dan terus dilestarikan.

Jawa Tengah


Tradisi–tadisi yang ada  di kepuluan terebut juga terus di lestrikan dan semakin berkembang. Di daerah Jawa Tengah dalam hal tersebut juga terdapat sebuah daerah yang memiliki kerajaan, khususnya berada di daerah Solo yang disebut dengan kasunanan Solo.

Kebudayaan yang berasal dari kepulauan Jawa memang memiliki berbagai macam jenis sebuah kebudayaan, diantaranya adalah kesenin Wayang Orang Ketoprak, dan kesenian tari. Kebudayaan yang ada di daerah kepulaun Jawa khususnya Jawa Tengah adalah sebuah kepuluan yang memang sngat asli kebudayaan yang sampai saat initerus dlestarikan oleh masyarakatnya.

Budaya Jawa Tengah


Berikut ini adalah jenis-jenis kebudayaan yang ada di daerah kepulauan Jawa Tengah, antara lain;

Rumah Adat

Selain itu ada Rumah adat Jawa Tengah yang disebut juga sebagai Padepokan. Rumah adat tersebut adalah sebuah bangunnan induk dari istana Mangkunegara yang berada di daerah Surakarta. Perlu diketahui bahwa Rumah penduduk dan keratin yang berada di di daerah Jawa Tengah ini terdiri dari tiga ruang.  

Pakaian Adat

Perlu diketahui bahwa Pakaian adat yang ada di daerah Jawa Tengah untuk seorang pria adalah memakai sebuah penutup kepala yang biasa disebut sebagai Kuluk, serta memakai baju berupa jas sikepan, korset dan tidak lupa memakai keris yang diselipkan di pinggang sang pria.

Selain itu pria tersebut juga memakai sebuah batik yang sama dengan pasangannya tersebut. Kemudian untuk wanita memakai sebuah kebaya yang panjang  dan tidak lupa memakai kain batik dan sebuah perhiasan.yang sangat cantik dilihat.



Di daerah Jawa Tengah ini terdaat berbagai macam jenis tarian tradisional, salah satunya adalah Tari Serimpi. Tari tradisional serimpi adalah sebuah tarian tradisional yang sejak zaman dahulu tarian ini hanya di tampilkan di dalam sbuah keratin dengan sebuah suasana yang lembut, agung serta menawan.

Selain itu juga ada sebuah tarian yang berasal dari daerah Jawa tengah diantaranya adalah tari Bambangan Cakil, tarian ini adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang sebuah perjuangan dari Srikandi yang melawan Buto Cakil atau Raksasa.

Alat Musik

Di daerah Jawa tengah jugaterdapat sebuah alat music yang disbut juga sebagai alat music Bonang. Alat musik ini adalah sebuah alat music yang cara memainkannya adalah dengan dipukul. Perlu diketahui bahwa alat music ini terbuat dari sebuah logam-logam yaitu seperti, kuningan, perunggu, atau besi.

Dalam memainkan sebuah alat musik ini biasanya digunakan dengan sebuah alat pemukul kayu yang telah dilapisi dengan sebuah kain atau karet. 

Makanan Khas

Ada beberapa makanan yang memang berasal dari daerah Solo, yaitu di Jawa Tengah, salah satunya adalah Nasi Liwet. Nasi Liwet ini merupakan sebuah masakan yangtelah terbuat dari santan kelapa dan memiliki sebuah rasa yang sangat gurih.

Cara membuat nasi liwet ini adalah dengan membersihkan berasnya terlebih dahulu kemudian dimasak dengan menggunakan santan, dan kemudian diberi sedikit air, kemudian baru dimasak sampai mmatang.

Maka dari itu nasi liwet ini tidak kalah beda dengan nasi uduk, hanya yang membedakan adalah dalam segi penyajiannya. 

Kesenian Tradisional

Drama merupakan sebuah kesenian yang paling popular di daerah Jawa Tengah. Saah satunya adalah kesenian drama Ktoprak, kesenian ini telah muncuk sejak tahun 1887. Pada awalnya kesenian ketoprak ini hanyalah sebuah kesenian yang menggunakan sebuah lesung orang-orang desa di bawah bulan purnama, yang kemudian tradisi tersebut ditambahi dengan sebuah nyanyian.

Maka dari itu bukan hal bau lagu jika kesenian ini menjadi sebuah kesenian yang memang sangat diminati oleh masyarakat yang ada di kepulauan Jawa Tengah tersebut. Setelah berjalan dari tahun ketahun kesenian ini semakin berkembang dan kemudian di tambah dengan alat-alat musik, yaitu kendang, terbang, seruling, dan kecrek, pertunjukan ini dipertontonkan.

Kemudian Pada tahun 1920 kesenian music ini mulai di tampilkan di panggung, bukan di pendapa rumah lagi. 

Cerita Rakyat

Roro Jonggrang merupakan salah satu sebuah cerita rakyat yang sangat menarik yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Dalam sebuah Cerita rakyat Roro Jonggrang ini ia menceritakan tentag sebuah kisah dari seorang pangeran kepada sang putri yang telah berakhiir kepada sebuah kutukan akibat tipu muslihat yang telah dilakukan oleh sang putri tersebut.

Selain itu juga cerita ini mengisahkan tentang asal muasal dari candi Sewu., candi Prambanan, Keraton Ratu Baka, dan arca Dewi Durga yang telah ditemukan di dalam candi Prambanan. Cerita Roro Jonggrang ini memiliki sebuah arti yaitu adalah gadis atau Dara yang langsing. 

Agama

Di daerah kepulauan Jawa Tengah ini terdiri dai berbagai macam suku, budaya dan juga Agama. Di daerah Kepulauan jawa tengah ini masih ada yangtetap mempetahankan tradisi kejawennya yang disebut sebagai Abangan.

Namun banyak juga yang telah beragama islam. Selain itu ada pula yang menganut agama Protestan, Katolik, Hindu , Budha, Kong Hu Cu, dan terdiri dari puluhan aliran kepercayaan yang ada di daerah kepulauan JawaTengah ini.

Namun di samping itu masyarakt tetap satu dan saling berkntribusi serta berkolabrasi utk memajukan daerahnya tersebut. Di daerah JawaTengah ini banyak seali masyarakat yang menganut agama khatolik.

Kirab apem sewu

Perlu diketahui bahwa Kirab apem sewu merupakan sebuah ritual atau sebuah tradisi syukuran yang ada di daerah kampong sewu lebih tepatnya berada di daerah Solo, yaitu Jawa Tengah. Tadisi atau acara ini telah biasa di laksanakan pada bulan Haji.

Dalam hal ini sebuah ritual tersebut di laksanakan untuk mengenalkan bahwa masyarakat yang ada di kampong Sewu dalah sebuah masyarakat yang rata-rata penduduknya adalah para pembuat apem, sehngga masyarakat yang  ada di daerah tersebut sangat menghargai masyarakat kampong sewu dalam pembuatan apem tersebut.

Dalam hal ini sebuah ritual atau tradisi ini masih terus dikembangkan dan berjalan sesuai rencana sampai saat ini terus berkembang. Dalam sebuah tradisi ini memakai pakaianadat yang berasal dari daerah Solo salah atnya adalah sebuah kebaya, tokoh punakawan, dan kostum pasukan keratin untuk yang laki-laki.

Bukan hanya untuk masyarakat dewasa saja yang di perbolekan mengikuti tradisi Kirab Apem Sewu, namun juga untuk Anak-anak sekolah juga menjadi peserta kirab dengan menampilkan sebuh kesenian yang ada di sekolah yaitu marching band SD, atraksi Liong atau naga, serta berbagai macam jenis pertunjukan yang sangat unik dan menarik.

Dalam al ni masyarakat kampong Sewutwlh menyedikan sebanyak seibu kueapem untuk masyarakat. Yang dalam hal ini kueapem tersebut kemudian disusun dan di bawa ke lapangan. Acara ini biasanya di adakan selama satu hari saja.  

Bedhaya Ketawang

Tari Bedhaya Ketawang merupakan sebuah jenis tari yang sangat tidak biasa atau sacral yang sering di tampilkan pada saat ada sebuah tradisi atau acara di dalam sebuah istana sultan Jawa atau Keraton Yogyakarta dan juga Keraton Solo.

Tari Bedhaya Ketawang adalah sebuah jenis tari yangdapat disebut sebagai tarian langit. Tarian ini adalah sebuah arian yang di tampilkann pada upacara yang beupa tarian dengan di hadisrkan sebanyak tujuh pemujaan dan juga sebuah persembahan kepada Sang Pencipta.

Pada zaman dahulu tarian ini hana di tariakan didalam sebuah keratin saja dan di tarikan oleh sebnyak tujuh waanita saja. Namun seiring dengan berkembngnya aman dan tarian ini adalah sebuah tarian yang amat sacral maka jumlah penari kemudian di tambah menjdi Sembilan penari.

Nah, itulah tadi deskrpsi tentang nama-nama Budaya di Provinsi Jawa Tengah dan contohnya. Semoga artikel ini memberikan wawasan serta memberikan edukasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Jawa Tengah dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel