10+ Budaya Jawa Timur dan Contoh Lengkapnya

Kebudayaan masyarakat Jawa Timur adalah sebuah kebudayaan yang telah diikuti oleh seluruh masyarakat yang berada di pulau Jawa, bukan hanya itu saja, ternyata kebudayaan masyarakat yang ada di luar kepulauan Jawa, seperti Sumatra, Kalimantan, sampai Papua. Dalam hal ini masyarakat yang berada dikepulauan Jawa, lebih mengutamakan kepada kesamaan dalam kehidpan sehari-sehari, sehingga terjalinlah sebuah toleransi  yang baik antar yang satu dengan yang lain. Selain itu masyarakat yang ada di kepuluan Jawa Sangat menjunjung tinggi kesederhanaan yang dimiliki antar satu dengan yang lainnya.

Budaya Jawa Timur


Adapun tulisan ini akan mendekripsikan tentang jenis-jenis nama kebudayaan yang ada di Jawa Timur. Antara lain adalah sebagai berikut;

Wayang Purwa

Salah satu kebudayaan yang berada dikepulauan Jawa Timur adaah Wayang purwa merupakan sebuah wayang yang telah digunakan dalam berbagai jenis wayang, baik wayang kulit atau wayang jenis yang lainnya. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa, wayang memiliki berbagai macam jenis, dintaranya adalah wayang wahyu, wayang sadat, wayang gedhog, wayang kancil, dan wayang pancasila. 

Reog Ponorogo

Salah satu kesenian yang ada di Jawa Timur adalah kesenian Reog Ponorogo, kesenian ini merupakan salah satu kesenian yang  berasal dari daerah Jawa Timr yaitu dibagian Barat Laut dan daerah Ponorogo. Bahkkan  didaerah ponorogo telah diaggap sebagi salah satu asal mullai terciptanya sebuah keenian reog ponorgo ini.

Bahkan Kesenian reog Ponorogo merupakan salah satu reog yang masih sngat kental akan mstis dlam ssebah erita yang dimilikinya tersebut. 

Tari Tayub

Tari Tayub adalah salah satu sebuah kesenian yang berasal dari daerah Jawa. Tariayubatau Tayuban meruakan salah satu keenian yag sangat populerdan mengandung berbagai unsur dalam kesenian atau acara Tayuban baik dalam keserasian gerak atau masih banyak yang lainya.

Tari Tayub adalah sebuah tarian yang hampr mirip denan tarian Jaipong yang bersal dari daerah Jawa Barat. Dalam hal ini keindahan yang dimiliki dalam taran ini tergantug dari dalam diri sang penari membawakan tarian tersebut.

Selain mirip dengan tari Jaipong Tarian ini juga hampir sama dengan tarian yang berasal Tari daerah Jawa Tengah yaitu Tari Gambyong yang sangat terkenal di daerah Jawa Tengah. Tarian ini adalh sebuah tarian yang biasa ditampilkan pada acara khitanan atau acara pernikahan yang sangat besar. Selain tu dalam perayaan har besar republik Indonesia atau acara bersih desa.

Ada beberapa anggota yang bergabung dalam kesenian tari ini dintaranya adalah Sinden dan mmasih banyak lagi. 

Srimulat

Srimulat merupakan salah satu sbuah kelompok lawak yang berasal ari Indonesia yang berhasil didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo yang berasal dai daerah Solo pada tahun 1950. Kat Srimulat ini diaml dari sebuah nama istri sang pencipta tersebut.

Seiring berkembangnya zaman kemudian Srimulat ini mendirikan sebuah cabang yang ada di Surabaya., Semarangdan Jakarta. Srimulat ini merupakan salah satu grup yang masih eksis pada zaman dahulu meskipun telah mengalaami bongkar pasang  pemain sampaai saat ini. Karena hal tersebutlah membuat grup srimulat in makin berkembang dan memilki grup yang paling banyak dari yang lainnya.   

Tari Kuda Kencak

Tari Kuda kencak merupakan salah sat taran yang ditarikan dengan jogetan yang tidakk berhenti. Salah satu tarian yang dimainkan adalah dnan menganguk –anggukaan kepala dan menggyangkkan pinggul dengan irama gamelan yang asik.

Dalam hal ini ada sebuah daerah yang sangat di gemari keseniannya dinantaranya adalah didaerah Lumajang,, bak itu cowok aata cewek, anak-anak atau dewasa sangat menggemari kesenian ini. Di daerh tersebut apabila aa salah satu dari anak mereka khitannan biasanaya menggelar sebuah acara yaitu kuda kencak.

Dalam pertunjukan ini biasanya diawali dengan sebuah ritual yang disebut dengan Ludrukan atau sambutan pembukaan. Kemudian kuda tersebut di dandani dengan sebuah hiasan hiasan seperti raja – raja zaman dahulu,agar terlihat indah dan begitupun dengan anak yang menunggangi kuda tesebut.  

Tari Gandrung

Salah satu kebudayaan yang ada di daerah Jawa Timur adalah sebuah tarian yang disebut juga sebagai Tarian Gandrung Banyuwangi. Tarian ini adalah sebuah tarian yang ditampilkan pada saat masyarakatnya sedang mengalami panen.

Tari tradisional ini adalah sebuah kesnian tari yang hampir sama dengan tari Ketuk Tilu di Jawa Barat, Tayub di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat, Lengger yang berasal dari Banyumas dan Joged Bumbung di Bali.

Tarian ini adalah sebuaah tarian yang melbatkan seorang penari laki – laki dan juga penari pria. Selain itu tarian ini adalah sebuah tarian yang di tarikan dengan sebuah iringan lagu atau irama dari music gamelan, biasanya taian ini juga di tarikan dengaan bersamaan dengan tamu.

Dalam hal ini tarian tersebut di tarikan secara berpassangan laki-laki dan perempuan yang disebut juga sebaga gandung dan pemaju tarian ini adalah sebuah tarian yang telah didominasi dengan sebuah tarian dengaan sebuah orchestra yang sangat khas dan menarik. 

Yadnya Kasada

Upacara Yadnya Kasada adalah sebuah upacara yang berada didarah Jawa Timur yang aada di bwah kaki gunung bromo. Dalam Upacara tersebut dilakukan pada tengah malam hingga pagi hari pada saat bulan purnama yaitu da bulan Kasodo menurut penanggalan Jawa.

Sejak zaman ahulu tempatterseut merupakan sebuah tempat yang sangat suci, seingganya mereka adalah salh satu abi – abdi kerajaan yang ada di Majapahit. Sampai saat ini lah agama yang dianutpun masih agama hindu. Acaar ini diselenggarakan setiap satu tahun sekali.  

Karapan Sapi

Karapan sapi adalah sebuah kesenian yang ada di daerah tersebut yang merupakan sebuah kkebudayaan yaitu lomba karapan sapi. Perlomaan ini basanya di adakan di keuluan Madura yaitu berada didaerah Jawa Timur.

Perlombaan ini adalah sebuah perlombaan yang sangat menarik, dimana sepsang sapi menarik kkereta dari kayu dan kemdiaan ada joki yang berdiri dan mnendalikan aangannya tersebut. Kemudian pasanan spi tersebut diaddu kecepataan lari dengan pasangan yang lainnya. Lomba tersebut biasanya palng lama sekitar sepuluh sampai 15 detik berjalan.

Dikota Madura ini biasana menelenggarakan ebuah perlombaan karapan sapi ini pada bulan Agustus dan juga desember. Kemudian dalam dalam perlomban ini terjadi sebuah babak yaitu babak pertama adalah Babak pertama adalah babak ppenentu dari mana kelompok yang menang da nada babak kedua dimana babak tersebutadalah babak penentu dari kelompok yang kalah. Sehingga padaakhirnya akan memperoleh sebuah juara.  

Nisfu Sya’ban

Di daerah Jawa Timur juga terdapat sebuah adat yang disebut juga sebagai Nisfu Sya’ban. Kata Nisfu berarti searh atau pertenghan dan Sya’ban merupakan sebuah kata yang diambil dari nama ke-8 dalam seuah kalender islam.

Dalam malam terseut akan diisi dengansebuah pemacaan Surat Yaasiin dengan tiga kali berjamaah dengan niat dalam hai bahwa semoga diberi umur panjang, diberi rizki yang banyak dan barokah, serta ditetapkan imannya.

Dan kemudian setelah itu baru akan di teruskan dengan melakukan sholat Awwabin atau yang biasa disebut juga dengan sholat tasbih. Dan kkemudian baru aan di lanjuan oleh cermahdan lanjut makan bersama.

Selain itu peringatan bukan hanya dlkukan untuk Negara IIndonesi saja namun mesir juga melaksanakan atau memperingati hari ini. Beberapa orang berendapat bahwa mala mini adalah sebuah mallam bahwa allah kan memeberiahu tentang kehidupan kita selam satu tahun kedepan.  

Nah, itulah tadi deskripsi lengkapnya mengenai materi dalam nama-nama Budaya Jawa Timur dan contohnya. Semoga ulasan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian, trimakasih.

0 Response to "10+ Budaya Jawa Timur dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel