10+ Budaya Kalimantan Selatan dan Contoh Lengkapnya

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi yang biasanya  disebut juga dengan Kalsel dengan ciri khasnya memiliki banyak budaya daerah. Selain  Kalimantan Selatan kepulauan Kalimantan ini adalah salah satu kepulauan yang terdapat juga beberapa bagian,  diantaranya adalah  Kalimantan  Timur,  Kalimantan  Barat, Kalimantan Utara dan juga Kalimantan Tengah.

Budaya Kalimantan Selatan


Perlu diketahui  bahwa  daerah Kalimantan Selatan ini adalah salah satu kepulauan yang memiliki luas wilayah kurang lebih adalah 36.985 Km². selain itu kepulauan Kalimantan Selatan ini memiliki  jumlah prnduduk kurang lebih  sebanyak  3,626,616 Jiwa. Kepulauan Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi yang memiliki  sebanyak sebelas kabupaen dan terdapat 2 Koa. Pada tanggal 14 Agustus 1950 adalah sebuah hari dimana di tetapkannya kepuauan Kalimantan Selatan tersebut. Pada zaman dahulu daerah Kalimantan Selatan adalah salah satu daerah yang terdapat tiga bagian kerajaan yang memang cukup besar.

Kerajaan–kerajaan tersebut diantaranya adalah Kerajaan Negara Daha, Negara Dipa, dan Kesultanan Banjar. Kemudian setelah Indonesia Merdeka barulah kepulauan Kalimantan Selatan menjadi sebuah provinsi sendiri. Berikut ini adalah 10 Kebudayaan Yang Ada Di Kalimantan Selatan  diantaranya Adalah sebagai berikut:

Rumah Adat


Rumah adat yang ada di daerah Kalimantan Selatan adalah salah satu rumah yang memang telah menjadi ciri khas tersendiri untuk kepulauan Kalimantan tersebut. Rumah adat yang ada di daerah Kalimantan ini berada di atas sungai.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi, karena pada dasarnya memang kegiatan jual beli yang ada di daerah Kalimantan Selatan d lakukan di sungai sehingga masyarakatnya sering membuat rumah di atas Sungai tersebut. Salah satu rumah yang ada di Kalimantan selatan disebut juga dengan Rumah adat Baanjung. Rumah adat ini meruupakan rumah adat yang sangat Unik dan memiliki ciri khas yang khusus. 

Pakaian Adat


Pakaian adat khas Kalimantan tengah adalah salah satu pakaian yang memiliki ciri khas yang khusus. Untuk laki – laki biasanya menggunakan pakaian berupa rompi dengan lengan yang panjang, dan terdapat hiasan yang di rancang khusus, kemudian memakai celana panjang dengan warna yang sama atau senada.

Tidak lupa memakai sarung sampai ke dengkul, dan untuk bagian kepala memakai penutup kepala yang disebut juga dengan destar yang bagian depannya memang terlihat agak naik. Dan tidak lupa memakai keris yang telah diselibkan di depan perut.

Sedangkan untuk wanita memakai karung besisir yang lengkap dengan menggunakan Tapih. Baju yang digunakan oleh wanita disebut kain besisir karena dilengkapi dengan tali di bagian leher dan di bagian tangan. Dan  tidak lupa memakai hiasan atau aksesoris. 

Tari Daerah


Di daerah Kalimantan Selatan ini terdapat bebagai macam jenis tari, diantaranya adalah ada tari Baksa. Kesenian Tari Baksa Kembang adalah salah satu jenis tari yang di tampilkan untuk menyambut tamu agung.

Kemudian ada Tari Radap Rahayu, tarian ini ditampilkan pada saat upacara tepung  tawar, yaitu sebelum pengantin laki – laki dan juga pengantin perempuan di pertemukan. Kemudian ada Tari Mantang Gandut, tari ini adalah salah satu jenis tari yang disebut sebagai tari garapan yang diangkat dari tari tradisional yang  ada di kepulauan Kalimantan. Selain itu Tari ini adalah salah satu jenis tari yang disebut juga dengan tari pergaulan. 

Senjata Tradisional


Di Kalimantan Selatan ini adalah sebuah daerah yang memiliki beraneka macam jenis senjata Tradisional, salah satunya adalah Mandau. Senjata ini adalah salah satu senjata yang hampir mirip dengan keris, senjata ini adalah sebuah senjata yang terbuat dari campuran besi dan juga logam, sehingga hampir sama dengan senjata keris, yang membedakan adalah motif yang dibuatnya.

Ukuran dari senjata tradisional ini sekitar 30 cm. kemudian ada senjata Sarapang. Senjata ini adalah salah satu senjata yang memiliki bentuk seperti tombak bermata lima yang terbuat dari sebuah baja dan kemudian di bagian ujungnya telah dibelah menjadi lima bagian. 

Suku


Di daerah Kalimantan selatan ini terdapat berbagai macam jenis Suku dan marga dalam hal ini suku yang ada di daerah Kalimantan Selatan adalah suku Banjang suku Hulu dan juga suku Banjang Kuala.walaupun begitu mereka hidup rukun satu sama lain. 

Bahasa Daerah 


bahasa yang digunakan pada umunya atau bahasa utama yang di gunakan aalah bahasa Indonesia. Namun di daerah Kalimantan ini terdapat beberapa bahasa, salah satunya adalah bahasa Banjar yang sering digunakan oleh masyarakat yang ada di Kalimantan Selatan.

Lagu Daerah 


lagu daerah yang ada di daerah Kalimantan selatan diantaranya adalah ada lagu Sapu Tangan Bapucu Ampat, dan Ampar Ampar Pisang. Lagu ini adalah salah satu lagu yang paling terkenal di daerah Kalimantan Selatan dan masyarakat mancanegara juga tau lagu tersebut. 

Makanan Khas


Salah satu makanan khas yang ada di daerah Kalimantan Selatan adalah Ketupat Kandanga. ketupat ini adalah salah satu makanan yang berbeda dari biasanya, bumbu – bumbu serta rempah rempah yang ada di makanan tersebut sudah berbeda, penyajian makanan pun juga sudah berbeda dari biasanya.

Cara memakan makanan ketupat kandangan ini yait dengan mencampurnya terlebih dahulu dengan mengggunakan tangan dengan santan yang telah disediakan, kemudian baru memakannya.kemudian ada Dodol Kandangan. Dodol ini adalah salah satu makanan yang memang sudah ada sejak nenek moyang.

Makanan khas lainnya yang berasal dari daerah Kalimantan selatan adalah soto banjar yangmenjadi ciri khas dari Kalmantan Selatan. 

Musik 


Kalimantan Selatan juga memiliki sebuah kesenian music yang terkenal sampai saat ini. Sebuah kesenian Musik yang ada di suku Banjar adalah kesenian Gamelan Banjar. Kesenian ini adalah salah satu kesenian yang hampir sama dengan kesenian gamelan di daerah Jawa.

Bahkan alat yang dignakan untuk memainkan alat music ini pun sama yaitu seperti gong, kendang, sarun, kanung, kangsi, seruling dan selainnya. 

Kesenian

Kesenian yang ada pada umunya memiliki sebuah ciri kkhas yang berbeda – beda baik yang berasal dari keratin attaupun yang eraal dari daerah lainnya. Ada beberapa contok kesenian tari tersebut yaitu seperti kesenian tari yang ada di daerah Kalimantan Selatan ini yaitu tari Baksa Panah dan tari Baksa Dadap.

Tarian ini adalah salah satu jenis tari yang memiliki beberapa ciri yaitu kelentukan dan keseriusan yang dilakukan pada saat penari sedang menari tersebut. Sedangkan slah satu jenis tari yang ditampilkan pada umunya adalah tari Radab Rahayu. Tarian ini adalah salah satu jenis tari yang di tampilkan pada saat uacara pernikahan.

Tarian–tarian yang ada di daerah Banjar ini adalah salah satu jenis tari yang dikembangkan dengan melihat beberapa jenis tarian yang berasal dari daerah Jawa. Namun walaupun begitu tarian ini masih tetap saja indah di mainkan dengan keluesan saat menarkan tarian tersebut.

Tarian tradisional yang berasal dari daerah Kalimantan adalah salah satu jenis tari–tarian yang patut untuk dikembangkan dan dilestarikan di daerah ini. Di daerah Kalimantan Selatan ini juga terdapat sebuah kesenian yaitu kesenian teater.

Kesenian teater yang ada di Kalimantan selatan ini biasanya disebut juga dengan Seni teater Mamanda. Kesenian teater Mamanda adalah salah satu jenis teater yang sering menampilkan cerita kerajaan melayu Belanda.

Kesenian ini adalah salah satu kesenian yang sangat Indah untuk dilihat. Karena padadasarnya masyarakat yang memainkan kesenian teater ini adalah masyarakat yang memang asli dari Melayu, sehingga tidak heran jika mereka sangat menjiwai saat memainkannya. Karena teater ini diliat sangat bagus maka kesenian teater ini dianggap sebagai salah satu kesenian yang berasal ari aerah Banjar, yaitu Kalimantan Selatan.    

Nah, itulah tadi daftar nama-nama budaya di Provinsi Kalimantan Selatan dan contohnya. Semoga ya hadirnya tulisan ini bisa memberikan referensi serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencarainya. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Kalimantan Selatan dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel