10+ Budaya Kalimantan Utara dan Contoh Lengkapnya

Perlu diketahui bahwa Provinsi Kalimantan Utara adalah salah satu Provinsi yang ke-34 yang ada di Indonesia. Kalimantan Utara adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang terletak dibagian utara Pulau Kalimantan yang memang telah terpisah dari provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Utara berbatasan dengan Negara bagian Serawak dan Sabah, Malaysia Timur.

Kalimantan Utara


Pada Awalnya, pelemabaran dari sebuah provinsi baru ini hanya Kalimantan Timur yang memang telah terpisah, kemudian telah mengalamai proses yang sangat panjang mulai pada tahun 2000. Kemudian Hingga pada akhirnya pada 25 Oktober 2012 dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan pembentukan provinsi baru Kalimantan Utara sebagai provinsi yang ke-34 di Indonesia berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012. Di daerah Kalimantan Utara ini juga telah memiliki beberapa kebudayaan dan berragam seni.

Kebudayaan Kalimantan Utara


Adapun 10 kebudayaan yang ada di daerah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Rumah Adat

Rumah Baloy adalah salah satu rumah adat yang paling terkenal di masyarakat Kalimantan Utara. Bentuk bangunan dari rumah adat ini terlihat lebih modern dan modis karena hasil pengembangan arsitektur Dayak dari Rumah Panjang atau Rumah Lamin yang dihasilkan oleh Masyarakat suku Tidung yang tidak lain adalah suku di Kalimantan Utara. Seperti suku lainnya, suku Tidung ini juga telah mempunyai kebudayaan dan model rumah adat sendiri.

Rumah Baloy yang telah dibangun menghadap ke utara, sedangkan pintu utamanya dibangun menghadap ke selatan. Rumah adat baloy terbuat dari bahan dasar dari kayu ulin. 

Pakaian Adat 

Pakaian adat yang ada di Kalimantan Utara hampir sama dengan pakaian adat yang ada di daerah Kalimnatan Timur. Karena pada dasarnya Kalimantan Utara adalah salah satu provinsi yang sejak zaman dahulu memang termasuk kedalam provinsi Kalimantan Timur, sehingga untuk suku bangsa dan kebudayannya pun hampir sama dengan yang ada di Provinsi Kalimantan timur Pakaian adat untuk laki-laki yang ada di Kalimantan Utara memakai sebuah rompi tanpa lengan serta dililitkan kain hingga selutut.kemudian di bagian kepala memakai topi berhiaskan bulun burung.

Sedangkan untuk pakaian perempuan memakai sebuah rompi yang bercorak khas Kalimantan tanpa lengan serta bagian bawahnya rok. Dikepalanya telah memakai sebuah hiasan topi yang unik.


Tari Kancet Ledo merupakan tarian daerah yang berasal dari Baram-Sarawak, Kalimantan Utara yaitu suku Dayak Kenyah. Gerakan tari ini menggambarkan kelembutan seorang gadis, seperti ketika angin berhembus yang mengayunkan padi.

Pakaian yang dikenakan dalam tari ini menggunakan pakaian adat suku Dayak Kenyah dengan rangkaian buket sejumlah ekor burung enggang. Adapun Tari Jepen merupakan tari bernuansa islam diiringi musik seperti musik rebana.

Baju yang dikenakan berupa baju berwarna hijau dan kuning. Jumlah penarinya dalamtari ini dua orang atau lebih pasangan (perempuan dan laki-laki). Tarian ini didominasi dengan gerakan kaki. Di negeri tetangga tari Jepen juga terkenal disana seperti Filipina, Brunei Darussalam dan Malaysia.

Tari Jepen hampir sama dengan tari-tari yang ada diwilayah pesisir seperti Riau, dengan sebutan yang berbeda yakni Tari Zapin atau Japin.

Senjata Tradisonal

Di daerah Kalimantan Utara ini memang memiliki Senjata Tradisional yang beraneka Ragam. Salah satunya adalah Manda. Senjata Mandau ini adalah salah satu pusaka tradisional suku Dayak, berupa pusaka turun temurun yang dianggap keramat.

Suku Bangsa

suku atau marga yang ada di daerah Kalimantan Utara adalah Suku Jawa yang merupakan kelompok terbesar, disusul penduduk asal Sulawesi Selatan. Selebihnya merupakan penduduk asli Kalimantan yaitu Suku Banjar, Suku Bulungan, Suku Dayak, Suku Tidung dan Suku Kutai.

Bahasa Daerah

berbagai jenis bahasa memang telah di pakai oleh masyarakat Kalimantan Utara: diantaranya adalah Bahasa Indonesia, bahasa Tidung, dan Bahasa Dayak.

Alat Musik

Babun adalah salah satu alat music yang memang telah terbentuk seperti bulatan dan alat music ini adalah alat music yang terbuat dari kayu, yang setiap sisinya dilapisi dengan kulit kambing dan ada lubang ditengahnya.

Alat Musik ini Biasanya dimainkan dengan cara dipukul. Selanjutnya adalah gambang salah satu alat music yang ada di Provinsi Kalimantan Utara di Indonesia yang terletak dibagian utara Pulau Kalimantan yang juga merupakan pecahan dari provinsi Kalimantan Timur.

Kalimantan Utara berbatasan dengan Negara bagian Serawak dan Sabah, Malaysia Timur. Awalnya, pemekaran provinsi baru ini yang terpisah dari Kalimantan Timur mengalamai proses yang sangat panjang mulai pada tahun 2000-an.

Hingga pada akhirnya pada 25 Oktober 2012 dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan pembentukan provinsi baru Kalimantan Utara sebagai provinsi yang ke-34 di Indonesia berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kebudayaan semuanya masih dilestarikan sampai sekarang dari rumah adat, tarian tradisional, suku.

Tari Magunatip atau Lalatip

Tari Magunatip atau Tari Lalatip adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Tarakan dan Malinau Kalimantan Utara. Pada zaman dahulu tarian magunatip ini telah digunakan sebagai latihan ketangkasan kaki dalam melompat dan menghindari rintangan. Hal ini dilakukan karena adanya perang antar suku.

Kemudian latihan ketangkasan itu kini dijadikan sebuah tarian. Dalam tarian magunatip atau lalatip yang merupakan tarian tradisional Kalimantan Utara ini terdapat tiga kelompok pemain yaitu kelompok penjepit kaki dengan menggunakan batang kayu, kelompok penari sambil menari juga menghindari jepitan kayu dan kelompok pemain musik dengan alat musik tradisional Kalimantan Utara berupa gong dan kendang.

Tarian ini mendebarkan karena penari dapat terjepit atau terapit kakinya oleh batang kayu bila terlambat menghindar apalagi saat penari menari dengan ditutup kedua matanya. 

Senjata Tradisional Mandau

Senjata tradisional mandau ini adalah salah satu senjata tradisional yang memang berasal dari suku kebudayaan dayak yang ada di Kalimantan Utara. Mandau ini merupakan salah satu senjata tradisional yang ada di Negara Indonesia.

Senjata mandau tersebut mempunyai beberapa ukiran-ukiran pada keping-nya yang mana ukiran-ukiran itu mempunyai makna tersendiri/makna tertentu. Karena, mandau ini berasal dari kata “Man” yang mana kata “Man” tersebut berasal dari salah satu suku didaerah cina bagian selatan, dan dalam bahasa cina, arti dari kata “dao” ini adalah golok.

Senjata tradisional mandau ini mempunyai berbagai jenis fungsi didalam kehidupan penduduk di suku dayak didaerah Kalimantan Utara. Ketika pada zaman dahulu kala, mandau ini digunakan oleh penduduk ini ketika sedang peperangan, dan juga sedang pengayuan (pemenggalan kepala musuh).

Ambang Mandau

Ambang ini adalah salah satu Senjata Tradisional yang ada di Kalimantan Utara sebutan bagi mandau yang mana ambang ini terbuat dari besi biasa. Ambang ini kerap dijadikan cinderama oleh masyarakat penduduk suku dayak tersebut.

Orang-orang awam atau orang-orang yang tak terbiasa melihat benda tersebut atau memegang senjata tradisional yang asli, maka orang tersebut akan merasa kesulitan untuk membedakan antara ambang dengan mandau yang asli. Apabila dilihat dan diterawang secara jelas/detail memang kedua senjata tersebut hampir memiliki bentuk yang sama.

Akan tetapi, kedua senjata tersebut sangatlah berbeda. Apabila kita melihat senjata tersebut lebih jelan lagi, maka disitulah akan terlihat bahwa ada perbedaan ambang dengan mandau ini. Perbedaan ambang dengan mandau ini adalah, perbededaan mandau ini terdapat pada senjatanya sendiri, yang mana senjata mandau ini memiliki ukiran emas, tembaga atau perak.

Selain itu, mandau ini lebih kuat dan lentur. Bahkan ambang ini kebalikan dari mandau, senjata ambang tersebut hanya dibuat dari besi-besi biasa tanpa menggunakan tembaga, emas dan bahan-bahan lainnya.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai daftar nama-nama budaya Kalimantan Utara dan contohnya. Semoga artikel ini bisa memberikan bahasan serta menambah pengetahuan mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Kalimantan Utara dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel