10+ Budaya Nusa Tenggara Barat dan Contoh Lengkapnya

Nusa Tenggara Barat adalah salah satu sebuah provinsi yang berada di daerah kepulauan Negara Indonesia. Kepulauan ini adalah salah satu kepulauan yang ada di daerah bagian barat kepulauan Nusa Tenggara.

Nusa Tenggara Barat (NTB)


Terdapat Dua kepulauan  terbesar yang ada di daerah Nusa Tenggara Barat adalah berada di Provinsi Lombok yaitu yang terletak di bagian barat provinsi Nusa Tenggara Barat dan di daerah Sumbawa. Daerah ini adalah salah satu daerah yang terletak dibagian timur provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Barat adalah berada di Kota Mataram lebih tepatnya berada di kepulauan Lombok. Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari Suku Sasak , sementara Suku Bima dan Sumbawa adalah salah satu kelompok etnis terbesar yang ada di Pulau Sumbawa.

Penduduk Nusa Tenggara Barat Mayoritas menganut agama Islam. Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki beraneka ragam kebudayaan baik itu dalam hal seni yaitu berupa seni tari atau kerajinan tangan, namun juga ada pakaian adat, rumah adat, lagu daerah, alat music daerah,  upacara adat,  makanan khas daerah sampai obyek wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Budaya Nusa Tenggara Barat


Berikut ini ada nama-nama kebudayaan yang ada di daerah Nusa tenggara Barat diantaranya;

Rumah Adat

Di Daerah Nusa Tenggara barat memang terkenal akan rumah adatnya yang sering disebut sebagai sebuah Istana Sultan Sambawa. Istana tersebut adalah sebuah istana dengan memiliki tiga lantai yang bertingkat.

Lantai pertama adalah digunakan sebagai salah satu tempat pengawal atau penjaga Istana. Apabila ada upacara maka pengawal yang ada di lantai satu wajib berbaris di bawah tangga sesuai dengan pangkatnya.

Kemudian untuk Lantai yang kedua digunakan untuk tempat tinggal sultan dan juga  permaisuri. Kemudian di sebelah kanan yang berhadapan langsung dengan kamar Sultan adalah kamar yang digunakan oleh para pangeran-pangeran. Sedangkan untuk  lantai yang ketiga digunakan untuk para putri dan keluarga sultan yang lainnya.  

Seni Tradisional

Di daerah Nusa Tenggara Barat terdapat berbagai macam jenis tarian diantarnya adalah Tari Mpaa Lenggogo adalah sebuah tarian yang ditampilkan pada saat  hari besar yaitu Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Namun bukan hanya itu saja Tari Mpaa Lenggogo sering di tampilkan pada saat upacara - upacara perkawinan atau upacara khitanan  dari keluarga raja. Kemudian untuk Tari Batu Nganga adalah sebuah Tarian yang berlatar belakang cerita rakyat.

Tarian tradisional ini menceritakan tentang sebuah rasa cinta rakyat terhadap putri raja yang telah mesuk kedalam batu. Kemudian Mereka memohon agar sang putri dapat di keluar dari dalam batu itu.

Yang selanjutnya adalah Tari Gora atau Gogo Rancah adalah salah satu tarian yang telah menceritakan sebuah keceriaan atau rasa bahagia dan kegembiraan para petani saat menanam padi. Tarian ini adalah sebuah tarian yang di kembangkan dari sebuah tarian yang berasal dari suku Sasak, suku Sumbawa, dan suku Bima.
Senjata Tradisional

Senjata tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Barat adalah sebuah keris. Di daerah ini terdapat berbagai macam jenis keris, salah satunya adalah sampari dan sondi. Di daerah Lombok senjata tradisional sondi dapat disebut sebagai grantin.

Keris adalah salah satu senjata tradisional yang di dapat dari nenek moyang atau ada sejak zaman leluhur. Keris adalah benda pusaka, yang ada pada saat upcara-upacara tertentu misalnya pada saat upcara keagamaan yaitu untuk menyambut hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW, Idut Fitri, Idul Adha dan pada waktu menerima tamu negara. 

Pakaian Adat

Pakaian Adat yang berasal dari Nusa Tenggara Barat dapat disebut juga dengan pakaian adat Tradisional Lombok. Pakaian adat ini untuk laki – laki memakai penutp kepala dan memakai baju dengan berlengan panjang dan tidak lupa memakai kain sarung sebatas dengkul dan kain sarung yang ditenun.

Sedangakan untuk perempuan memakai sebuah kebaya yang panjang dengan memakai kain songket. Untuk perempuan tidak lupa memakai sebuah Perhiasan di kepala berupa perhiasan bunga, anting - anting, kalung bersusun, pending, dan gelang.

Sedangkan untuk Pakaian adat laki-laki yang berasal dari Sumbawa perhiasan yang dipakai adalah berupa tutup kepala,baju jas tutup, kain songket dan kain tenun yang melingkar dipinggang.  Dan perempuan memakai model baju bodo, dan kain songket. Dan tidak lupa memakai Perhiasan berupa hiasan bunga dikepala, kalung bersusun, pending, dan gelang tangan.

Suku

Di daerah Nusa Tenggara Barat Sebagian besar dari penduduknya berasal dari suku Sasak, sedangkan untuk suku Bima dan suku Sumbawa adalah sebuah kelompok etnis yang paling besar di kepulauan Sumbawa.

Komposisi dari Penduduk yang ada di daerah Nusa Tenggara Barat adalah suku Sasak yang jumlahnya hampir  68%, kemudian Bima 14%,Sumbawa 8%, Bali 3%,Dompu 3%, dan Jawa 2%. 

Bahasa Daerah

Bahasa yang digunakan di daerah Nusa Tenggara Barat ini beraneka ragam ada yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan ada yang menggunakan bahsa Sasak, bahasa Samawa,dan bahasa Mbojo

Festival Mataram

Pada saat terjadi sebuah festival di daerah Kota Mataram ini setiap tahunnya. Kota Mataram menjadi sebuah kota tujuan utama para wisatawan atau kota primadona. Seluruh budaya yang ada di kota ini dihadirkan oleh beberapa Suku yaitu suku Sasak, suku Sumbawa, suku Mbojo, suku Bali, dan masih banyak lagi. 

Festival Senggigi

Daerah ini dalah salah satu daerah yang memiliki beberapa Lombok Barat yang akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi, pameran, dan pesta rakyat. Festival Senggigi dalam rangka mempromosikan pariwisata kabupaten Lombok Barat.

Salah satu acara yang telah berbagai macam atraksi adat dan budaya, pagelaran seni daerah dan modern serta berbagai macam pameran yang akan ditampilkan untuk wisatawan selama sepekan penuh di wilayah Pantai Senggigi.
Festival Taliwang

Festival Taliwang merupakan sebuah kegiatan yang telah melibatkan Balapan Kebo, Karnaval Kebo Hias, Pesta Kesenian Lawas hingga Paralayang. Festival ini adalah sebuah kegiatan yang telah diselenggarakan setiap tahunnya.

Bukan hanya itu saja daerah Nusa Tenggara Barat juga akan di selenggarakan sebuah seminar tentan Wisata Rinjani menuju Geopark Dunia dan juga menyelenggarakan Seminar tentang Wisata Halal, Menyusul kemenagan Pulau Lombok sebagai Destinasi Wisata Halal terbaik di Dunia. 

Kerajinan Daerah

Di daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki sebuah kerajinan tangan yang sangat beragam. Salah satu kerajinan tangan Diantaranya adalah Gerabah Banyu mulek dan Kain Tenun yang memang ciri khas Nusa Tenggara Barat. Kerajinan tangan khas Nusa Tenggara Barat ini telah dilakukan oleh masyarakat Nusa Tenggara barat yang ada sejak zaman dahulu kala.

Salah satu kerajinan tangannya adalah Gerabah Banyumulek merupakan sebuah kerajinan tangan yang memang berasal dari Nusa Tenggara Barat yang dibuat dengan alat berupa lempengan bulat yang dapat diputar dengan tangan. Gerabah Banyumulek terbuat dari bahan tanah liat dan tanah liat tersebut dibentuk dengan alat pemutar. Setelah jadi tanah liat yang tadi sudah dibentuk dijemur dan dibakar.

Jadilah kerajinan tangan khas Nusa Tenggara Barat yang bernama Gerabah Banyumulek.Namun ada produk yang unik dan paling banyak laku di pasaran yakni adalah kendi maling. Kain tenun atau dikenal dengan kain songket adalah ciri khas dari Pulau Lombok.

Kain songket merupakan kain tenunan yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan, hiasan dibuat dengan menyisipkan benang perak, emas atau  benang warna di atas benang lungsi. Terkadang juga ada yang dihiasi dengan manik-manik, kerang atau yang berasal dari uang logam dan bahan yang lainnya. 

Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkapnya mengenai jenis-jenis budaya Nusa Tenggara Barat (NTB) dan contohnya. Semoga hadirnya artikel ini memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Nusa Tenggara Barat dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel