10+ Budaya Nusa Tenggara Timur dan Contoh Lengkapnya

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi yang terdiri atas 21 Kabuaten atau dapat di sebut juga dengan Kota. Pada saat kemerdekaan Indonesia, kepulauan Nusa Tenggara Timur adalah salah satu kepulauan yang berada di provinsi Sunda kecil.

Nusa Tenggara Timur (NTT)


Daerah Nusa Tennggara Timur adalah salah satu kepulauan yang beribukota di daerah kota Singaraja. Kemudian untuk saat ini daerah Nusa Tenggara ini telah terdiri dari tiga Provinsi, diantaranya adalah di bagian barat, yitu Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Kebudayaan Nusa Tenggara Timur


Kebudayaan yang ada di Nusa Tenggara Timur adalah sebagai berikut;

Rumah Adat

Nusa Tenggara Timur adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka macam jenis kebudayaan, salah satunya adalah Rumah adat ini. Di daerah ini terdapat dua rumah adat yang memang terlihat sangat unik dan juga menarik, diantaranya adalah rumah adat Mbaru Niang dan rumah adat Sao Ria Tenda Bewa Moni Koanara.

Mbaru Niang merupakan salah satu rumah adat yang terletk di daerah Wae Rebo, yaitu sebuah Desa yang berada di Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai Barat, yaitu di bagian Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Rumah adat Mbaru Niang ini adalah salah satu rumah adat yang berbentuk kerucut namun menjulur ke bawah dan hampir menyentuh tanah. Ketigian dari rumah adat ini kuang lebih hampir 5 meter dengan Strukturnya setinggi 5 lantai.. 

Pakaian Adat

Nusa Tenggara Timur adalah salah satuu daerah yang memang sejak zaman dahulu adalah bagian dari daerah sunda kecil. Perlu diketahui bahwa daerah ini selain memiliki beaneka macam budaya dan pakaian adat yang masih di jaga kelestariannya sampai saat ini, kepulauan Nusa Tenggara timur terdiri atas beberapa kepulauan, diantaranya adalah Pulau Flores, Sumba, Timor, Alor, Lembata, Rote, Sabu, Adonara, Solor, Komodo, dan Pulau Palue.

Keanekaragaman ttradisi dan kebudayaan yang ada di daerah ini membuat daerah ini saling berbaur antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya. Pakaian adat yang ada di daerah Nusa Tenggara Timur ini hana di gunakan pada saat acara-acara tertentu untu  memperingati sebuah tradisi atau upacara yang sedang berlangsung. 

Tari Tarian

Daerah Nusa Tenggara Timur adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka macam kebudayaan, salah satunya adalah tarian yang ada di daerah ini. Salah satunya adalah Tari Hopong, tari ini merupakan sebuah ada istiadat atau ritual yang ada di daerah Nusa Tenggara Timur yang memang telah berkembang sejak zaman dahulu.

Tari ini di tampilkan sebagai salah satu uapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas rahmat yang telah di berikan. Selain tari tersebut juga ada Tari Kataga. Tari Kataga adalah salah satu jenis tari yang ada di daerah Nusa Tenggara Timur. Tarian ini di tampilkan oleh beberapa orang penari laki-laki dengan memakai pakaian adat atau kostum yang telah di tentukan.

Tarian ini adalah salah satu jenis tari yang di tampilkan untuk acara-acara adat, untuk menyambut tamu yang agung dan di tampilkan pada saat terdapat sbuahpertunjukan budaya di daerah tersebut. 

Senjata Tradisional

Salah satu senjata  yang ada di daerah Nanggro Aceh Darussalam adalah Sundu. Sundu adalah salah sat senjata yang hampir sama dengan senjata tradisional keris. Senjata ini memiliki bentuk yang panjang lurus dan hampir sama dengan sayap burung tersebut.

Di dalam senjata ini  juga terdapat motif yang melngkar berbentuk horizontal yang terdapat pada sarung senjata ini. Senjata tradisional ini juga adalah salah satu senjata yang sering digunakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur Penduduk yangada di daerah Nusa Tenggara Timur ini telah memiliki anggapan bahwa senjata ini adalah sebuah senjata yang telah banyak digunakan sebagai senjata tajam yang  sangat ampuh dan juga  keramat.

Selain senjata Sundu terdapat senjata yang lainnya yaitu Kabeala, senjata ini adalah salah satu senjata yang telah banyak dignakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur sebagai  parang pinggang. Sehingga senjata ini sering kali di temukan di daerah pulau Sumba. Biasanya di daerah ini senjata ini memiliki banyak macam ukuran, yaitu mulai dari ukuran panjang 48 cm, 50 cm,5 cm sampai dengan yang 53 cm dan 58,5 Cm.

Sehingga dalam hal ini tidak heran jka daerah Nusa Tenggara Timur adalah salah satu daerah yang memiliki keanekaragaman di berbagai daerah yang ada di Nusa Tenggara Timur tersebut. 

Suku 

Di daerah  Nusa Tenggara Timur adalah salah sau daerah yang memang trdiri dari berbagai macam jenis suku dan marga. Sedangkan untuk Penduduk asli yang beraada di daerah Nusa Tenggara Timur adalah saah satu daerah yang terdiri atas berbagai macam jenis suku diantaranya adalah desa Helong adalah salah satu daerah yang merupakan bagian dari sebuah wilayah yang berada di daerah Kabupaten Kupang, kemudian ada desa Dawan, desa ini adalah salah satu daerah yang berada pada bagian yangada di wilayah tenun.

Dan masih banyak lagi daerah–daerah yang termasuk kedalam sebuah daerah yang menduduki berbagai macam suku di dalamnya. Selaain itu juga daerah ini adalah salah sat daera yang masih tetap melestarikan kebudayaan yang ada sampai saat ini. Dengan selalu menjaga silaturahmi antar satu dengan yang lainnya. Dan selalu mengembangkan kebudayaan yang ada. 

Bahasa Daerah 

Di daerah Nusa Tenggara Timur adalahsalah sat daaerah yang memiliki beraneka macam jenis bahasa Daerah, dalam hal ini bahasa utama yang digunakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur adalah Bahasa Indonesia, namun bahasa yang digunakan pada umumnya adalah bahaa Sumba Timor, Hawu, dan bahasa Beku.
Lagu Daerah

Di daerah Nusa Tenggara Timur ini terdiri dari berbagai macam jenis lag, diantaranya adalah lagu Potong Bebek, Desaku, dan lagu Anak Kambing Saya. Lagu ini adalah salah satu jenis lagu yang memangpaling popular sampai saat ini, sehingga tidak hera jika lagu ini menjadi salah satu pilihan yang tepat saat bermain dengan anak atau adik dan sepupu.


Alat Musik Tradisional

Di daerah Nusa Tenggara Timur ini terdapat Alat musik tradisional yang memang asi dari daerah tersebut, salah satu alat music tersebut adalah Sasando, alat musik Sasando adalah salah stu alat  music yang memang telah popular sejak zaman dulu, alat muusik ini adalah salah satu alat musik yang menceritaan tentang sebuah ciri yang khusus dari alat musik tradisional yang ada di daerah Nusa Tenggara Timur. Seperti yang berada di suku Atoni, suku Manggarai, suku Sumba, suku Lamaholot, suku Belu, suku Rote, dan suku Lio ini. 

Upacara Adat  

Di daerah Nusa Tenggara Timur adalah salah satu daerah Yang sampai sekarang masih terdapat seuah tradisi–tradisi khusus, salah satunya adalah salah satu uacara yang di lakukan pada saat terjadi sebuah pernikahan. 

Kesenia Foy Doa

Foy Doa merupakan sebuah alat music yang berasal ari daerah Nusa Tenggara Timur. Foy Doa adalah memiliki arti yaitu sebagai suling ganda. Dalam suling ini memangteah tersusun menggunakan dua instrument, yang keduanya saling di mainkan seara bersama–sama.

Alat music ini adalah salah satu alat music yang cara memankannya yaitu dengan mengiringi nyanyaia yangsedang di nyanyikan oleh petuah. Biasanya petuah–petuah tersebut sering sekali di saampaikan oleh kedua orang tua. 

Itulah tadi bahasan dari kami secara lengkapnya mengenai budaya-budaya di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan contohnya. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca ya, trimakasih.

0 Response to "10+ Budaya Nusa Tenggara Timur dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel