10+ Budaya Papua dan Contoh Lengkapnya

Papua merupakan salah satu wilyah yang berada di bagian paling Timur yang disebut sebagai Mutiara Hitam. Daerah papua ini adalah salah satu Wilayah yang memilk keunikan dan keindaan tersendiri yang tidak dimilki oleh daerah lain sehingga tidak heran jika daerah Papua adalah salah satu wilayah yang menjadi sorotan untuk tempat berwisata.

Budaya Papua


Kebudayaan yang dimiliki oleh Pulau Papua yang terdiri dari dua Provinsi utama, yakni Provinsi Papua dan Papua Barat ini diantranya adalah sebagai berikut;

Logat yang khas


Di derah Indonesia ini terdiri dari berbaga macam suku dan Budaya. Salah satunya adalah suku yang ada di daerah Papua yang memilki ciri kas tersendiri. Apalagi pada saat kalian berada di suatu daerah, secara tidak langsung kamu akan mengkuti lgat atau cara bahasa yang ada di daerah tersebut. Apalagi pada saat itu kamu aka lama berada di daerah tersebut, maka secara tidak langsug kamu aka terbawa kedalam bahasa tersebut.

Apalagi logat yang dimiliki oleh masyaakat papua, pada saat berlibur disana pati akan ingin berkunjung kesana lagi karena keindahan dan suasan yang ada di daerah tersebut. 

Makanan khas Papua 


Salah satu hal yang akan membuat kamu tertarik brkunjung di daerah Papua adalah makanan khas yang dimiliki oleh masyaakat papua tersebut. Makanan khas yang berasal asli dari Papua adalah sebuah makanan yang apabila seseorang memakannya akan membuat orang tersebut menjadi keagihan dan rasanya ingin nmbah lagi dan lagi.

Makanannya tidak heran jika selain tempat wisatanya maknanan nya jga enak, membuat paa wisatawan ingin selalu berkunjung ditempat ini. Makanan khas dari daerah Papa yang sangat terkenal adalah Papeda. Namun bahan yang digunakan dalam makanan tersebut apabila digunakan di luar Papua maka biasanya dijadikan di dalam bentk sagu.

Sedamgkan jika di daerah papua sendiri sagunya masih muni yang baru di ambil dari pohon dan angsung di masak. Hal ini laah yan membuata cita rasa yang dimilikinya tersebut sangat berbeda. 

Transportasi


Seiring dengan berkembangnya zaman taxi ini adalah sebuah kendaraan yang memang sudah berkembng sejak zaman dahulu. Sekaran pun di kota – kota besar sudah terdapat taxi. Apalai di daerah Papua ini, didarah papua ini sudah terdapat taxi yang memudahkaan masyarakat Papua untuk bepergian jauh.

Perlu diketahui bahwa Papua adalah  sebuah daerah bagian dari daerah Indonesia yang berada di paling ujung Timur, sehingga kendaraan atau tranporasi seperti taxi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk ketempat tersebut. 

Alam


Salah satu keunggulan dari daerah Papua adalah tempat tinggal mereka. Papua merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk tempat berwisata. Untuk ana – anak masih bermain di salah satu lahan yang telah disediakan dan menjadi salah satu tempat bermain untuk mereka.

Jika anak zaman sekarang bermain hp dan nonon TV di ruah anak papua masih bemain dan besahabat dengan alam. Di daerah papua ini adalah sbuah daerah ang memiliki laut yang inah udara yang sejuk, tmpat yang asih asli, sehiggga hal ini lah yang menjaddi salh satu alas an menapa anak-anak papua lebih memilih bermain dengan alam dari pada bemain di dalam rumah.  

Flora dan fauna


Di daerah Papua tenyata juga terdapat sebuah hewan atau tanaman yang menjadi slah satu ciri dari hewan tersebut. Dalam hal ini Ppua adalah salah satu tempat yang digunakaan atau mendapat julukan sebagai sebuah wilayah “New Guinea” yaiu hal ini telah di kalsiifikasikan dalam penyebaran sebagai flora dan fauna tersebut.

Beberapa hewan yang enjadi salah satu ciri khas dari hewan yang ada di daerah adalah jenis Burung-burung. Yaitu burung yang eksotis dengan memiliki  bulu yang  indah. Salah satu burung yang menjadi ciri khas dari daerah Papua adalah burung Cenderawasih atau Nuri, hewan-hewan mamalia dengan memiliki sebuah kantung seperti kangguru atau kuskus, selain itu juga ada tanaman – tanamn yang berciri kan khas ari daerah Papua salah satunya adalah tumbuhan paku, anggrek, dan masih banyak tanaman yang lainnya. 

Tari Tradisional (Yospan)


Tarian yang berasal dari daerah Papua adalah salah satunyadapat disebut sebagai Yospan. Yospan adalah nama sebuah tarian yang memiliki kepanjangan yaitu Yosim Pancar. Tarian Yosim Pancar adalah salah satu tarian yang berasal dari daerah Papua yang menceritakan tentang sebuah persahabatan yang dlakukan oleh para pemuda dan juga pemudi yang ada di daerah tersbut.

Pakaian yang digunakan dalam tarian Yosim Pancar ini adalah dengan menggunakan pakaian yang sangat istimewa yang sesuai dengan gerakan dari penari sehingga indah dilihat. Tarian ini di tampilkan pada saat penyambutan tamu atau ada kegiatan khusus atau tradisi, upacara yang ada di daerah kepulauan Papua ini. 

Kehidupan


Salah satu tempat yang paling suah untuk dilupakan setelah berlibr adalah Papua, jia kamu memilih tempat berlibur disini. Selain kebudaaaan yang ada di darah ersebuterlihat memang begitu banyak dan masih terus dikembangkan dan dilesarikan, tempat ini adalah sebuah tempat dimana masih banyak tempat wisata yng masih terjaga keasliannya. Sehingga saat duduk di sebuah tgu – tugu amu akan menikmati sebuah udara yang sangat sejuk.

Di daerah Papupa uka terdapat sebuah cerita lucu yang biasanya memang sering di pedengarkan, cerita tersebut adalah disebut Cerita mop.  Cerita mop merupakan sebuah tunggu yang digunakan untuk tempat berkumpul dan bercerita bersama dengan teman.

Cerita Mop ini hampir sama dengan Stand Up karena cerita yang dibuat dalam perkumpulan ersebut sudah di rancang sedemikian rupa sehingga mendapatkan hasil yang mksimal dan akhirna dapat membuat masaraka yang mendengarnya tertaawa. Hal ini ernyata serng dilakukan oleh masyaraka yan berasal ai luar negeri sepeti Amerika.

Hal ini mereka lakukakan ada saat dimana keadaan masih dlam kondisi yang tegang kebiaaan tesebut di lakukakan untuk mencairkan suasana yang ada di perkumpulan tersebu. 

Keberagaman


Papua adalah salaah satu daerah yang memiiki beeraneka macam dan budaya. Jjatuh cinta dengan kebudayaan dan keindahan allam yang ada didaerah ini merupakan suatu hal yang wajaar. Maka dari itu jka kau sudah berada di daerah tersebut maka kamu akan eenggan untuk beranjak pergi dari darah tersebut.    

Pulau Cendrawasih yang masih tetap lestari


Papua adalah salah satu tempat yang berada di paling ujung di Negara Indonesia, yaitu teptnya berada di bagian paling Timur. Untuk sampai pada titk tersebut kamu membutuhkan waktu 7 hari 7 malam jika melewati ulau Jawa. Namun seiring denga berkembangnya zaman banyak orang yang lebih memilih untuk naik pesawat terbang saja. Dengan waktu yang hanya bberapa jam saja sdah sampai di tempatt. 

Pergaulan


Perlu dikettahui bahwa di daerah Paapua kamu akan merasakan sebuah bukti atau semboyan, yaitu Bhineka Tunggal Ika. Di daerah ini kalin akan ditemukan berbagai macam jenis politik dan SARA yang sering beredardi permukaan.

Padahal masyarakat yang berada di daerah Papua adalah salah sau masyarakat yang mengedepankan Toleansi dan kedamaian yang ada di bumi ini bahkan mereka jua adalah salah satu masyarakat ayang tidaak prnah membedakan agama satu dngan agama yang ain. Merek hidup denggan saling berdampingan dan rukun. 

Nah, itulah tadi pembahasannya secara lengkap mengenai daftar kebudayaan di Papua dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta memberikan pengetahuan mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Papua dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel