10+ Budaya Riau dan Contoh Lengkapnya

Di Daerah Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi yang telah menunjukkan perkembangannya sejak lama. Kebudayaan Riau ini merupakan salah satu kepuluan yang telah memiliki beraneka macam jenis suku di dalamnya, diantaranya adalah suku Melayu dan etnis Tionghoa, Jawa, Bali, Bugis, Batak, di daerah Kepulauan Riau  mayooritas adalah berasal dari agama Islam. Suku melayu yang ada di kepulauan Riau ini juga beragama Islam.

Budaya Riau


Berikut ini adalah macam-macam nama kebudayaan yang ada di kepulauan Riau, antara lain;

Rumah Adat

Riau adalah salah satu keaneka ragaman yang memiliki beraneka macam ciri khas. Diantaranya adalah Rumah adat, bangunan tersebut di buat dengan beberapa tiang penyangga di dalam rumah tersebut.

Rumah tersebut di bangun dengan tujuan agar terhindar dari air yang akan masuk kedalam rumah, bukan hanya itu saja rumah adat ini dibangun agar tidak terdapat hewan yang masuk kedalam rumah. Rumah adat asli dari kepulauan Riau ini digunakan untuk menyimpan beberapa alat-alat pertanian, tempat bertukang dan di gunakan untuk membuat kerajinan dan menangkap ikan.

Rumah adat ini juga sering kali digunakan untuk tempat berkumpul bersama keluarga dan bermain untuk anak-anak. 

Pakaian Adat

Pakaian adat asli dari dari daerah kepulauan Riau adalah untuk pakaian adat yang digunakan oleh laki-laki memakai pakaian adat berupa baju Kurung Cekak Musang atau biasanya disebut juga dengan baju Kurung Belangga.

Bukan hanya itu saja biasanya juga memakai kain yang memiliki beberapa miotif yang sesuai dengan baju yang digunakan. Tidak lupa juga di bagian kepala menggunakan sebuah mahkota. Dan memakai sebai di bagian kiri, tidak lupa juga memakai rantai panjang berbelit dua yang dan dikalungkan di leher. Memakai canggai yang dipakai di bagian tangan yaitu pada bagian kelingking.

Kemudian memakai sepatu yang runcing, tida lupa memakai keris yang diselipkan di bagian inggang sebeah kiri. Sedangkan untuk perempuan tidak lupa memakai gaun berupa baju kurung kebaya dan dikepala memakai sanggul yang dihiasi dengan bunga – bunga dan  aksesoris lainnya.

Senjata Tradisional Riau

Senjata yang berasal dari daerah Kepulauan Riau disebut juga dengan senjata Bandik. Bandik adalah alat tradisional yang sampai saat ini masih digunakan oleh masyarakat asli dari kepulauan Riau. Badik adalah senjata tradisional yang sudah popular dikalangan masyarakat Bugis.

Selain itu ada senjata yang disebut juga dengan Tumbuk Lada, senjata ini adalah salah satu senjata tradisional yang berasal dari asli kepulauan Riau. 

Tari Tradisional

Tari Tradisional yang berasal asli dari daerah kepulauan Riau adalah tari Tandak. Tari Tandak merupakan sebuah tari tradisional yang di tampilkan oleh seorang laki-laki dan beberapa perempuan. Tarian ini di tampilkan dengan beberapa alunan music serta beberapa alunan lagu.

Tarian ini adalah salah satu Tarian yang ditmpilkan untuk beberapa acara, selain itu juga digunakan untuk menyambut kedatangan tamu yang agung. Sehingga tidak heran jika tarian ini adalah salah satu jenis tarian yang paling popular di kepulauan Riau. 

Makanan Khas Riau

Selain terdapat kebudayaan dan keanekaragaman yang ada di  daerah tersebut, di kepulauan Riau juga terdapat makanan khas yang sangat di sukai oleh masyarakat Kepulauan Riau, para wisatawan memang sangat banyak berkunjung di daerah ini.

Makanan khas dari daerah kepulauan Riau adalah Bolu Kemejo, Lempuk Durian, Es laksamana Mengamuk, Roti Jala, Kue Bangkit dan masih banyak makanan yang  lainnya yang memang masih banyak di daerah kepulauan Riau. 

Bolu Kemejo

Kesenian dan kebudayaan adalah salah satu kesenian yang memiliki beraneka ragam. Bolu Kemejo adalah salah satu makanan yang paling khas dari daerah Bolu Kemejo. Makanan khas dari daerah Bolu Kemejo adalah salah stu makanan yang memang di beli pada saat datang kekepulauan Riau.

Bolu adalah salah satu makanan khas yang memang hal wajib dibeli di daerah kepulauan Riau, Bolu juga adalah salah satu makanan yang p0aling disukai di daerah Kepulauan Riau. Selain itu makanan ini adalah salah satu makanan yang paling di cari oleh masyarakat. 

Tarik Tambang

Tarik Tambang adalah salah satu permainan khas yang berasal dari daerah kepulauan Riau. Kemudian untuk daerah ini adalah salah satu daerah yang memiiki beraneka macam jenis. Salah satu daerah yang ada di kepulauan Riau adalah daerah yang memiliki beraneka macam jenis permainan yang tradisional, bahkan masyarakat yang ada di daerah ini masih tetap digunakan sampai saat ini.

Permainan tradisional ini masih terus berkembang dan di lestarikan sampai saat ini. Sehingga sampai saat ini permainan ini terus berkembang dan masih terus di jaga keasliannya.

Terompa Panjang

kebudayaan yang ada di daerah Riau adaolah solah satunya yaitu Terompa Panjang.o  Trompa panjang atau masyarakat yang ada di kepulauan Riau sering menybutnya dengan Bakiak.Bakiak adalah salah satu selop yang berukuran panjang dan bakiak ini terbuat dari kayu sedangkan tali dari terompa atau Bakiak ini terbuat dari karet ban.

Tali ini disusun sampai tiga  sampai lima kakik. Permainan ini adalah salah satu permainan tradisional yang sampai saat ini masih tetap dilestarikan dan di kembangkan sehingga sampai saat ini permainan teradisional ini sudah dikenal di manca Negara.  Pemainan Terompa Panjang atau dapat disebut juga dengan Bakiak cara permainannya yaitu dengan diiringi alat musik.

Alat permaianan ini di tampilkan untuk melatih kekompakan, melatih konsentrasi, pada zaman dahulu permainan ini hanya dapat di temukan di daerah kepulauan Riau namun saat ini permainan ini sudah banyak di temui di berbagai daerah. Bahkan masyarakat yang ada di Indonesia sering kali melakukan permainan ini untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia atau festival yang lainnya. 

Congkak

Kebudaayan yang ada di daerah Riau salah satunya adalah Congkak. Congkak merupakan salah satu kebudayaan yang masih tetap lestari sampai saat ini. Congkak ini terbuat dari kayu dengan bentuk papan yang panjang kemudian dilubangi sebanyak 14 Lubang sebagai anak dan 2 lubang.

Cara memainkan alat tradisional yang disebut Congkkak ini adalah dengan meletakkan dibagian ujung kiri dan ujung kanan, kemudian kesenian ini dimainkan oleh dua orang yang di mainkan dengan cara bergantian dengan mengikuti kaki. Permainan yang biasanya masyarakat Riau sebut dengan Congkak ini di tampilkan untuk melatih kerjasama dan kekompakan diantara satu dengan yang lainnya.

Permainan ini ada pada saat acara-acara tertentu, yaitu pada saat upacara atau festival yang lainnya. Sehingga tidak heran jika masyarakat yang ada di kepulauan Riau sangat menyukai permainan ini dan bukan hanya itu saja, permainan ini adalah salah satu permainan yang sudah sangat popular di Indonesia. 

Badik Tumbuk Lado

Badik Tumbuk Lado merupakan salah satu senjata tajam yang ada di kepulauan Riau. Senjata ini adalah salah satu senjata yang hampir sama dengan Negara lain, seperti  Negara Malaysia, dan Jambi. Senajata ini di beri  nama Badik Tumbuk Lado, yaitu kata Badik yang memiliki arti sebuah sebjata yang merupakan sejata tradisional masyarakat bugis dan beberapa masyarakat yang ada di daerah Sumatera.

Kemudian untuk kata Tumbuk Lado adalah memiliki arti senjata tradisional masyarakat yang digunakan oleh masyarakat Melayu dan masyarakat Semenanjung Melayu. Karena khasan yang dimiliki dan memiliki beberapa kesamaan dengan senjata lain.

Maka dari itu tidak heran jika tarian ini memangsaolah satu tarian tradisional yang asli dari kepulauan Riau. Tumbuk LOado adalah salah satu train yang masih terus berkembang sampai saat ini dan terus di lestarikan, maka dari itu perminan ini adalah salah satu permainan yang masih berkembang sampai saat ini. Badik Tumbuk Lado adalah sebuah senjata tradisional yang masih terus digunakan sampai saat ini, sehingga senjata ini sangat popular di Indonesia. 

Nah, itulah tadi artikel yang memberikan ulasan tentang macam-macam budaya Provinsi Riau dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta referensi mendalam bagi segenap pembaca. Trimakasih,

0 Response to "10+ Budaya Riau dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel