10+ Budaya Sumatra Barat dan Contoh Lengkapnya

Sumatra Barat adalah salah satu daerah yang memang masyarakatnya berasal dari daerah Minangkabau. Daerah ini adalah salah satu daerah yang memiliki beberapa jenis suku, diantaranya adalah suku dengan budaya Batak, suku Mandailing dan ada juga suku Jawa. Agama yang ada di daerah Sumatra barat mayooritas adalah agama islam. Namun juga terdapat bebeapa agama lain seperti agama Kristen, agama Buddha dan juga agama Hindu.

Budaya Sumatra Barat


Berikut inilah setidaknya beberapa daftar mengenai macam-macam kebudayaan yang ada di daerah Sumatra Barat, diantaranya adalah sebagai berikut:

Rumah Adat

Di daerah Sumatera Barat adalah saah satu daerah yang memiliki beraneka macam jenis rumah adat salah satunya adalah Rumah Gadang. Rumah adat ini adaah salah satu rumah yang biasannya digunakan sebagai saah satu tempat tinggal untuk masyaraka yang berada di daerah Sumatera Barat. Rumah gadang ini adalah salah satu rumah yang memiliki beberapa ciri, rumah adat ini terdapat beberapa tonjolan di atas atapnya.

Dalam hal ini tonjolan tersebut disebut juga dengan Gojoang. Rumah Gadang ini memiliki dua sampai tiga lubang yang disebut juga dengan Bayo-bayo yang artinya yaitu persendian padi. 

Pakaian Adat

Pakaian adat yang ada di daerah Sumatera Barat adalahsalah satu pakaian adat yang digunakan hanya dalam acara–acara tertentu saja. Untuk pakaian adat yang digunakan oleh laki – laki menggunakan poenutup kepala yang disebut juga dengan Saluak. Pakaian adat ini mulai memakai model teluk belanga yaitu sebuah poakaian yang berukuran poanjang dan lebar di bagian ujung tangan dan memiliki lengan yang pendek.

Ia memakai sebuah celana yang poanjang dengan tidak lupa memakai kain songket yang melingkar di bagian badan. Sedangkan untuk pakaian adat yang digunakan oleh poerempuan adalah memakai poenutupo kepala bergonjang yang biasanya di sebut juga dengan tangkuluak tanduak, tidak lupoa memakai baju kurung dengan kain songket menyelempang di bahu dan berkain songket.

Dan tidak lupa memakai sebuah aksesoris dan perhiasan berupa anting-anting, kalung bersusun dan gelang pada kedua belah tangan. 

Tari-tarian
Didaerah Sumatra Barat adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka macam jenis tari, diantaranya adalah Tari Piring, Tari piring ini adalah salah satu jenis tarian yang di tampoilkan dengan tujuan kegotong–royongan masyarakat yang ada di  daerah Sumatera Barat atas tgas–tugas yang telah diberikan.

Yaitu berkebun, di sawah dan di ladang yang biasanya di lakukan pada saat Siang hari. Tari piring ini merupakan sebuah tarian yang di tampoilkan secara berpasangan dengan memakai paying di bagian tangan. Hal ini sebagai poenanda bahwa laki-laki akan selalu melindungi perempuan. Selain itu juga ada Tari Kiek Gadih Minang.

Tarian tradisional ini adalah salah satu jenis tari kelompook yang di tampoilkan dengan tujuan memberitahu bahwa wanita sangat sibuk sekali pada saat akan poergi ke masjid. 

Senjata Tradisional

Di daerah sumatera barat terdapoat sebuah senjata yang memang asli dari daerah tersebut diantaranya adalah Karih dan juga Belati. Senjata ini adalah sebuah senjata yang masih sering digunakn oleh masyarakat yang ada di daerah Sumatera Barat.

Selain itu juga ada sebuah senjata yang memang hamopir sama dengan golok yaitu Ruduih. Senjata  ini adalah sebuah senjata yang masih tetap di lestarikan dan salah satu senjata tajam yang popular di Sumatera Barat. 

Suku

Daerah Sumatera Barat adalah salah satu Suku dan marga yang berbagai macam disana. Salah satu suku yang ada di daerah tersebut adalah suku Mentawai, suku Minangkabau suku Jambak, suku Guci, suku Piliang, suku Caniago, suku Tanjung, suku Pisang, suku Sikumbang, suku Panyalai, dan suku Koto. Semu suku ini hidup secara berdampingan dan damai anatara satu dengan yang lainnya. Toleransi yang ada di daerah ini memang  sangat di jaga.

Bahasa Daerah

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat asli dari sumatera barat adalah menggunakan bahasa Minangkabau, Melayu. Namun daerah ini masih ada beberapa yang menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa itu adalah salah satu bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari yang ada di Sumatera Barat. 

Upacara

Di daerah Sumatera Barat adalah salah satu daerah yang terdapat beberapa upacara – upacara yang ada di daerah tersebut. Upacara ini adalah salah satu upacara yang sering di lakukan di daerah Sumatera Barat. Upacara ini dilaksanakan hanya pada saat memperingati hari-hari tertentu. Salah satu uupaca yang masih di laksanakan oleh masyarakat Sumatera Barat adalah Tabuik.

Tabuik adalah sebutan untuk seorang jenazah yang selalu di bawa pada saat upacara tertentu. Masyarakat yang memasih sering melaksanakan upacara ini adalah masyarakat Sumatera Barat yang masih menganut Syiah namun sering kali masyarakat yang menganut agama suni juga sring kali menganut upacara ini.

Sehingga tidak heran jika kegiatan upacara ini sampai sekarang masih terus di dilestarikan dan di kembangkan. 

Pacu Itiak

Pacu Itiak atau dapat disebut dengan Balapan Itik adalah salah satu tradisi yang berada di daerah Sumatera Barat. Kegiatan pacu itiak adalah salah satu kegiatan yang di lakukan setiap tanggal sebelas yang dilakukan oleh salah satu tempat yang berbeda di daerah ini.

Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan seperti perlombaan. Caranya adaah dengan melempar itiak tersebut sampai itiak lari, kemudian barulah itiak tersebut lari sampai ke Garis finish.itiak yang lari dan mencapai garis finish terlebih dahulu itulah yang di nyatakan sebagai pemenang. 

Kegiatan Pacu Jawi

Salah satu kebudayaan yang ada di daerah tersebut adalah kegiatan Pacu Jawi. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang masih tetap di lestarikn dan dikembangkan sampai saat ini. Perlu diketahui bahwa Pacu Jawi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Sumatera Barat yang ada di daerah kecamatan Sungai Tarab, Rambatan, Limo kaum, dan Pariangan.

Selain itu Pacu Jawi juga dilaksanakan di wilayah Kabupaten Lima puluh Kota dan Payakumbuh. Pacu Jawi meruakan sebuah kegiatan yang dilakukan yang sering disebut sebagai kegiatan karapan sapi.

Hal yang membedakan adalah jenis lahannya jika karapan sapi di laksnakan di sawah yang kering maka Pacu Jawi ini adalah sebuah kegiatan yang di laksanakan sebuah tempat yang berlumur dan ditempat saah. Untuk memncing kecepatan lari dari sapi tersebut tidak menggunakan tongkat, namun dengan menggigit sapi tersebut. 

Upacara Tabuik

Kegiatan yang sampai saat ini masih dilaksanakan olh masyarakat Sumatera Barat adalah Tabuik. Masyarakat Tabuik adalah salah satu masyarakat yang setiap satu kegiatan yang dilakukan setiap satu tahun sekali melaksanakan setiap satu tahun sekali.

Upacara ini dilaksanakan untuk memperingati meninggalnya dari cucu nabi Muhamad SAW, Hasan dan Husein. Kegiatan upacara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merayakan Hoyak Tabuik. Kegiatan Upacara ini dilaksanakan sampai satu minggu penuh. Upacara ini dilaksanakan setiap pada tanggal 10 Muharam.

Dalam kegiatan ini masih terus berkembang dan di lestarikan sampai saat ini. Upacara iniadalah salah satu upacara yang dilaksanakan sebagai sebuah puisi yang memang hal wajib di tampilkan pada upacara ini.

Perlu dikethu kalimat yang di sampaikan tentang Pariaman dan Tabuik yaitu berbunyi Pariaman tadanga langang, batabuik mangkonyo rami. Pada saat itu upacara tersebut penuh di kota pariaman dan tabuik ini.

Bersama-sama ingin mengikuuti kegiatan upacara tersebut. Kegiatan ini juga sudah sangat populer di Indonesia. Sehingga tidak heran jika masyarakat yang ada di daerah Sumatera Barat ini sangat menjaga dan terus melestaiakan kegiatan peninggalan leluhur ini. 

Nah, itulah tadi daftar mengenai jenis-jenis nama Budaya Sumatra Barat dan contohnya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta memberikan edukasi mendalam bagi pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Sumatra Barat dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel