10+ Budaya Sumatra Utara dan Contoh Lengkapnya

Indonesia adalah sebuah Negara yang paling terkenal dengan rempah–rempah dan juga kekayaan alam yang lainnya. Indonesia adalah sebuah bangsa yang juga terbagi menjadi beberapa provinsi dengan berbagai kebudayaan yang berbeda dan dari setiap daerah yang dimilikinya. Provinsi ini merupakan termasuk kedalam sebuah provinsi yang perlu diketahui. Salah satunya adalah sebuah Provinsi Sumatra Utara yang memiliki sebuah kebudayaan yang sangat khas.

Kebudayaan Sumatra Utara


Adapun untuk budaya-budaya yang ada di Sumatera Utara hakekatnya bukan hanya ada budaya batak saja, yakni ada tradisi lainnya yang lekat sekali dengan nama wilayah dengan Ibukota Medan ini. Berikut inilah adalah penjelasan tentang budaya di Sumatra Utara, antara lain;

Rumah Adat


Rumah adat yang ada di daerah provinsi Sumatera Utara merupakan sebuah daerah yang memang sangat beragam diantaranya adalah rumah adat. Sumatra utara adalah salah satu daerah yang memiliki beberapa ciri khas, diantaranya adalah rumah adat. Rumah adat yang ada di rumah ini adalah salah satu rumah adat yang ada di daerah batak yaitu Toba.

Rumah adat yang ada di daerah ini adalah salah satu rumah adat yang memang digunakan sebagai salah satu tempat pertemuan apabila terdapat beberapa hal yang akan diselenggarakan atau terdapat musyawarah yang akan di lakukan. Selain itu ada juga terdapat rumah adat yang di sebut juga dengan rumah Jabu Bolon rumah adat ini adalah salah satu rumah yang berbentuk seperti panggung, selain itu juga rumah adat ini telah digunakan sebagai salah satu tempat untuk pertemuan.

Pakaian Adat


Pakaian adat yang ada di daerah Sumatera Barat adalah untuk laki –laki tidak lupa memakai penutup kepala yang biasnya disebut juga dengan sabe – sabe. Penutup ini terbuat dari kain Ulos Maringin. Kemudian di bagian bahu laki – aki tersebut di beri sampiran yang berasal dari kain Ulos tidak lupa juga memakai kain sarung.

Sedangkan untuk perempuan pakaian adat yang digunakan adalah biasanya memakai pakaian adat yang berasal dari kain Ulos yang di gunakan pada kedua bahunya. Selain itu juga pakaian adat ini di tambahkan dengan beberapa aksesoris dan hiasan yang sampai saat ini terus dilestarikan.

Tarian Adat


Kebudayaan yang ada di Sumatera Utara adalah beberapa jenis tari yang memiliki berneka macam jenis. Tarian – tarian ini terdapat beberapa di daerah Sumatera Utara, diantaranya adalah terdapat Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor - tor, Tari Marsia Lapari, dan Tari Manduda.

Kemudian yang pertama adalah Tari Serampang Dua Belas, tari ini adalah salah satu jenis tari masyarakat melayu yang ada di daerah Sulawesi Selatan. Tarian ini adalah salah satu jenis tari yang di tampilkan dengan diiringi alunan musik.

Kemudian ada Tarian Tor – Tor. Tarian ini adalah salah satu jenis yang berasal dari daerah Batak. Kemudian ada juga Tarian Marsia Lapari, tari ini adalah salah satu jenis tarian yang menceritakan tentang perempuan yang ada di daerah Sumatera Utara saling bergotong –Royong. Saling membantu satu dengan yang lainnya.

Senjata Tradisional


Senjata tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Utara adalah terdapat beberapa jenis senjata diantaranya adalah senjata Piso Surut, Piso Gaja Dompak, Senjata Tongkat Tunggal Panaluan, Senjata Hujur Siringis, Piso Silima Sarung, Senjata Piso Silima, Senjata sarung Piso, Senjata Piso Sitolu Sasarung, Piso Karo, Piso Gading, Piso Sanalenggam, dan Piso Toba.Senjata ini adalah sebuah senjata yang di gunakan setiap harinya.

Senjata Tradisional ini adalah salah satu jenis senjata tadisiona yang berasal dari daerah Tanah Karo yaitu di daerah Sumatera Barat. Selain Senjata Piso Surut terdapat juga Senjata Piso Gajah Tombak, senjata ini adalah sebuah senjata yang memiliki ukuran yang panjang hampir sama dengan senjata Keris. Senjata ini adalah sebuah senjata yang memang sering kali digunakan oleh raja – raja yang ada di daerah Sumatera Utara.

Ada beberapa jenis senjata yang memang paling sering digunakan oleh masyarakat Sumatera Utara, diantaranya adalah Hujur. Senjata ini adalah sebuah senjata yang digunakan oleh masyarakat Sumatera Utara dan di bntuk hampir sama dengan Tombak. Selain itu senjata ini memang sering kali disebut hapir sama dengan senjata pedang.

Suku Bangsa 


Di daerah Sumatera Utara terdapa berbagai macam jenis suku, diantaranya adalah terdapat suku melayu, suku batak, suku nias dan masih banyak lagi suku yang ada di daerah Sumatera Utara Tersebut. Suku asli yang ada di daerah Sumatera Utara adalah Suku Angkola, Suku Batak, Suku Batak Pak- pak, Suku Mandailing, Suku nias, Suku pesisir, suku Siladang, dan Suku Simalungun.

Dalam hal ini suku yang ada di daerah ini hidup bersama dan saling terjalin sebuah toleansi yang baik antara satu dengan yang lainnya, sehingga hhidup secara damai.

Lagu Daerah 


Di daerah Sumatera Utara memang sebuah daerah yang terdapat beberapa jenis seni, misalnya beberapa lagu yang ada di daerah Sumatera Utara, lagu – lagu tersebut memiliki beraneka macam jenis lagu, diantaranya adalah Lagu Butet, Pantun Lama , Sengko – Sengko, Anju aha, Butet, Inang Sarge, Ketabo leleng Ma Hupaima Lisoi, Madekdek Magambiri Mariam Tomong, dan lagu Nasonang dohita nadura. Lagu – lagu ini adalah salah satu jenis lagu yang memang sudah sangatt opuler daan anak – anak pun memang banyak yang sering menyanyikan lagu ini.

Bahasa Daerah


Bahasa yang digunakan oleh masyarakat yang berasal dari daerah Sumatera Utara adalah bahasa Batak, Bahasa Karo, Bahasa Mondaling dan Bahasa Nias. Bahasa yang ada di daerah Sumatera Utara ini memang sangat beragam, namun selain itu mereka masih hidup dengan saling rukun satu sama lain. Ada beberapa daera juga yang menggunakan bahasa Indonesia untuk keseharian dan berwisata di daerah yang lain.

Kesenian (Kerajinan)


Masyarakat Sumatera Utara adalah masyarakat yang memang kreatif dan inovatif. Masyarakat yang ada di daerah Sumatera Utara ini adalah salah satu masyarakat yang kesehariannya yaitu Menenun. Kesenian menenun adalah sebuah kerajinan yang memiliki daya tarik tersendiri oleh masyaakat yang berasal dari suku Batak.

Hasil tenunan yang berasal dari daerah Sumatera Utara adalah Kain Songket dan juga Kain Ulos.  Bahkan ada beberapa masyarakat yang enghasilan utamanya adalah menenun.

Upacara Adat


Terdapat beberapa kegiatan Upacara yang di laksanakan oleh masyarakat yang berasal dari daerah Sumatera Utara dan sampai saat ini masih tetap di lestarikan. Beberapoa upoacara yang ada di daerah Sumatera Utara adalah Upacara Mongongkal Holi.

Upacara ini adalah sebuah upoacara yang masih terus di lestarikan oleh masyarakat yang berasal dari suku batak yaitu yang ada di daerah Toba. Upacara-upacara ini terus dikembangkan dan di lestarikan oleh masyarakat yang ada di daerah Sumatera Utara, karena memang ini adalah salah satu peninggalan dari para leluhur.

Alat Musik


Di daerah Sumatera Utara memiliki beraneka macam jenis kesenian. Diantaranya adalah Alat music, yaitu alat music  gendang, alat music ini adalah alat music yang hampir sama dengan alat music yang berasal dari daerah Jawa. Selain itu juga terdapat beberapa kesenian yang memang berasal dari daerah Sumatera Utara, diantaranya adalah alat musik Gondang – Gondang.

Alat musik Gondang – Gondang ini adalah salah satu alat music yang berasal dari daerah batak yaitu di daerah Toba. Alat music ini juga sering di mainkan di daerah Sumatera Utara dan daerah yang lainnya.

Bahkan seringkali masyarakat atau poersonil yang memainkan alat musik ini menggunakan kostum yang sama agar terliat jauh lebih kompoak dan menarik untuk di tonton. Alat music ini juga suudaah terkenal di Indonesia, sehingga masih terus di jaga dan di kembangkan.

Nah, itulah tadi tulisan mengenai daftar macam-macam budaya di Provinisi Sumatra Utara dan contohnya. Semoga bahasan ini memberikan referensi mengenai pengulasan khasanah nusantara pada umumnya. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Sumatra Utara dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel