10+ Budaya Toraja dan Contoh Lengkapnya

Perlu diketahui bahwa daerah Toraja adalah salah satu daerah yang telah memiliki keanekaragaman dan juga sebuah budaya yang sangat berbeda-beda. Selain itu Daerah Toraja merupakan sebuah daerah yang telah berada di daerah Indonesia. Dalam hal ini sebuah Kearifan lokal yang ada di daerah Suku Toraja memiliki sebuah ciri khas yang sangat kuat.

Toraja


Dalam ini di daerah toraja masih terdapat nuansa mistik yang menjadi sebuah daya tarik untuk para masyarakat yang berkunjung di daerah tersebut. Perlu diketahui bahwa didaerah Toraja memiliki sebuah situs atau peninggalan yang sangat bersejarah didaerah tersebut.

Dalam hal ini salah satunya adalah sebuah rumah adat yang memang telah ada sejak zaman dahulu yang memang telah berusia ratusan tahun. Dalam hal ini ada beberapa sebuah peninggalan dan sebuah penghargaan yang memang telah dilestarikan dan juga telah dikembangkan oleh para penerus bangsa saat ini yaitu anak cucu yang ada di daerah Toraja.

Budaya Toraja


Berikut ini adalah macam-macam kebudayaan yang ada di daerah Toraja, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kerbau Ma’Pasilaga Tedong

Salah satu kebudayaan yang ada di daerah Toraja adalah Kerbau Ma' Pasilaga Tedong atau yang dapat di sebut juga dengan Tedong Silaga. Kebudayaan ini masih rutin di selenggarakan di daerah Toraja ini, sehingga untuk masyarakat bukan suatu hal yang biasa saat ada kegiatan ini di daerahnya tersebut.

Para wisatawan juga banyak sekali yang ingin berkunjung ke tempat ini untuk melihat kebudayaan yang ada tersebut. Ma' pasilaga tedong atau yang sering disebut dengan Adu Kerbau merupakan sebutradyang ada di daerah Toraja yang memang sudah ada sejak zaman nenek moyang tersebut yang sampai saat ini masih tetap dilestarikan dan menjadi salah satu bagian dari kebudayaan yang ada di daerah tersebut.

Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang ada di daerah Toraja dan merupakan kegiatan yang  paling meriah dan menarik untuk disaksikan secara langsung oleh masyarakat sekitar. Selain itu masyarakat Toraja juga telah menyajikan sebuah nama-nama yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri untuk kerbau-kerbau yang ada di daerah Toraja ini.
   
Ma’ Tinggoro Tedong

Menyembelih Kerbau atau Ma’ Tinggoro Tedong Ini adalah merupakantradisi yang sebuah kebudayaan yang ada di daerah Toraja yang dapat digunakan untuk menguji keberanian atau adrenalin karena ada beberapa orang yang memang  tidak berani untuk menyaksikan acara ini secara langsung karena takut atau tidak tega melihat kerbau tersebut disembelih, akan tetapi bagi orang Toraja ini adalah tradisi dan sudah menjadi suatu hal yang biasa untuk masyarakat yang ada di daerah Toraja tersebut.

Banyak orang yang berpendappat bahwa acara ini adalah sebuah acara yang menjadi sebab Parang Tora sampai di luar daerah Toraja. Karena paran Toraja ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu ketajaman dari parang tersebut. Cukup satu kali tebas untuk membunuh seekor kerbau. 

Rumah Adat Tongkonan

Tongkonan adalah alah satu daerah yang memiliki akar, silsilah atau keturunan yang memang berasal dari keluarga orang Toraja. Sehingga dalam hal sangat tidak mungkin jika ada salah satu dari keluarga tersebut sampai lupa dengan keturunan atau asal mereka dari mana, kalupun lupa hal ini sangat miris sekali untuk dilihat.

Rumah adat Tongkonan adalah salah satu sebuah karya Seni arsitektur yang adalah sebuah karya seni tradisional yang memiliki sebuah bentuk yang di latarbelakangi oleh awal datangnya leluhur orang Toraja dengan menggunakan perahu. Bentuk perahu itulah yang telah menginspirasi pembuatan rumah adat Tongkonan ini.

Rumah adat yang bentuknya seperti prahu ini dapat disebut juga dengan Lembang. Rumah adat khas Toraja ini memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah digunakan sebagai tempat tinggal, dan penyambutan tamu-tamu agug yang datang di daerah ini. Rumah ini juga menjadi memiliki nilai-nilai arsitektur yang sangat kuat dan baik untuk kelangsungan hidup masyarakat daerah Toraja.

Tongkonan adalah salah satu bangunan yang memiliki bentuk atap seperti perahu yang telah dianggap sebagai salah satu pusaka atau warisan dari zaman leluhur dan merupakan hak milik turun-temurun dari masyarakat yang membangun rumah tersebut. 

Ma’Nene

Di daerah Toraja ini juga ada beberapa ritual atau tradisi pada saat proses pemakaman, yaitu pada saat ada masyarakat yang telah meninggal di daerah toraja ini, maka mayat tersebut akan di makamkan di sebuah tebing yang tinggi selama bertahun-tahun.

Kemudian setelah sampai pada waktu yang telah di tentukan tersebut mayat itu kemudian di dandani layaknya manusia yang masih hidup serta mengganti pakainnya seperti manusia yang masih hidup pada umumnya.

Saat ini acara yang sering disebut ma' nene yang biasa kita lihat di daerah toraja bukan lagi mayat berjalan seperti yang terjadi pada jaman dulu tetapi saat ini hanya sebatas menganti baju jenazah atau mummi kemudian mengerakkan mayat tersebut layaknya orang berjalan.

Sisemba

Adu kaki  atau dapat disebut Sisemba merupakan sebuah kebudayaan yang ada di daerah Toraja yang bisa jadi tidak ada di daerah lainnya. Acara ini memang sangat menarik untuk di lihat dan tetap di lestarikan.

Kegitan adu kaki adalah sebuah kegiatan yang unik yang ada di daerah Toraja karena pada umumnya kegiatan ini hampr mirip dengan tawuran yang membedakannya adalah tradisis ini hanya menggunakan kaki sebagai salah satu alat bertarunyanya.

Biasanya acara seperti ini dilaksanakan pada saat setelah panen sebagai salah satu ucapan syukur kepada tuhan atas hasil panen yang telah di berikan dan untuk menumbuhkan rasa persaudaraan yang akan semakin erat antara satu dengan yang lainnya. 

Harmoni Alam Pedesaan, Budaya dan Masyarakatnya

Ada beberapa hal yang sangat menarik perhatian dan membuat para wisatawan memang banyak yang mengunjungi tempat ini, selain ada beberapa ritua tau tradisi di daerah ini yang memang menarik untuk di lihat.namun pemandangan yang ada di daerah tersebut juga sangat indah untuk dilihat.  

Tenun Toraja

Salah satu kebudayaan yang ada di daerah Toraja adalah dalam pembuatan kerajinan Kain Tenun. Daerah Toraja ini ratsalaha – rata kegatan sehari-hari adalah menenun kain. Perlu diketahui bahwa menenun memang sudah ada sejak zaman leluhur dan ini adalah salah satu warisan dari zaman leluhur tersebut.

Kopi Toraja

Salah satu minuman yang khas dan menjadi ciri khusus untuk masyarakat Toraja adalah Kopi Toraja, yang menjadi salah satu sebuah kebanggaan yang dimiliki oleh masyarakat Toraja. Aroma yang khas dari kopi tessebut membuat kopi ini memang layak mendunia.   

Rambu Solo

Rambu Solo merupakan salah satu upacara untuk memperingati kematian yang ada di daerah Toraja tersebut. Tujuan dari diadakannya upacara tersebut adalah untuk menghormati dan menghantarkan arwah orang yang meninggal dunia menuju alam roh,  agar roh tersebut kembali kepada keabadian bersama para leluhur mereka di sebuah tempat peristirahatan itu. 

Kesenian

Tanah toraja merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan kesenian yang dimilikinya tersebut salah satu  yang dapat dilihat adalah ukirannya. Ukiran ini menjadi kesenian khas suku bangsa Toraja di Sulawesi Selatan.

Ukiran ini telah  dibuat dengan menggunakan alat ukir khusus di atas sebuah papan kayu, tiang rumah adat, jendela, atau pintu. Dalam pembuatan ini Bukan asal ukiran, setiap motif ukiran dari Tana Toraja memiliki nama dan makna khusus. Keteraturan dan ketertiban merupakan ciri umum dalam ukiran kayu Toraja. 

Nah, itulah tadi bahasan lengkapnya mengenai macam-macam budaya daerah Toraja dan contohnya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Toraja dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel