10+ Budaya Yogyakarta dan Contoh Lengkapnya

Di daerah jawa khusus nya di daerah Yogyakarta memiliki berbagai macam kesenian yang asli memang berasal dari daerah Jawa ini dan sampai saat ini masih tetap dilestarikan dan di kembangkan. Kesenian ini biasanya terdapat di daerah lingkungan istana raja dan juga berada sebuah daerah yang ada di daerah Jogjakarta tersebut. Maka dari itu tidak heran jika daerah ini menjadi salah satu daerah yang memiliki kesenian yang paling tinggi dan di daerah Indonesia menjadi salah satu daerah yang terkenal akan keseniannya tersebut.

Yogyakarta


Perlu diketahu bahwa daerah Yogyakarta merupakan sebuah daerah yang berada di Jawa Tengah yang memiliki kesenian yang sangat unik dan juga menarik, hal ini juga di pengaruhi oleh Sultan yang memerintah di daerah tersebut yang masih percaya akan adat Istiadat yang ada di daerah tersebut. Pada acara atau tradisi-taradisi tertetu Masyarakat Yogyakarta masih mengadakan seebah ritual yaitu sebuah ritual dan juga kesenian-kesenian yang masih terus brkebang sampai saat ini, tujunanya untuk tetap mengingat nenek moyang dan para leluhur yang telah berjuang di daerah Yogyakarta tersebut.

Budaya Yogyakarta


Selain kesenian kebudayaan yang ada dii daerah tersbut juga masih terus berkembang, Berikut ini ada budayaan yang ada di Yogyakarta, antara lain;

Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana meupakansalah satu kesenian yang berasal dari  ddaerah Yogyakarta, kesenian ini adalah salah satu kesenian yang paling terkenl di daerah tersebt. Para wisatawan dan juga Turis sering melihat pertunjukan kesenian ini di Candi Prambanan.

Kesenian Sendratari Ramayana ini adalah sebuah keseenian yang  menceritakan tentang perlawanan antara budi perekrti yang baik yang ada dalam diri Sri Rama melawan sifat jahat yang ada dalam diri Rahwana. Senderatari ini di tampilkan hanya pada bulan mei sampai dengan bulan Oktober.

Upacara Sekaten

Upacara Sekaten adalaah sebuah upcara yangbersal dari daerah Jawa. Upacara ini memang masih tetap diaksanakan untuk mempeingati hari lahr nabi Muhamad SAW. Siapa saja yang mengikuti upacara ini maka akan mendapatkan imbalan berupa awet muda, dipermudah rezekinya da masih banyak yang lainnya, hal ini lah yang masih di percaya oleh masyarakat yang ada di daerah Ygyakarta tersebut.

Upacara Grebeg Maulud

Upacara Grebeg Maulud adalah salah upacara yang sampai saat ini masih tetap dilaksanakan dan dilesatarikan oleh masyarakat suku Jawa Khususnya Yogyakarta. Upacara ini adalah salah satu puncak dari upacara kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada  tanggal 12 Maulud Rabiul awal tahun Gajah.

Kemudian Sebagai puncak dari acara Maulud ini adalah membawa sebuah gunungan ke Masjid Agung yang akan di bagi kepada masyarakat Yogyakarta setelah di doakan.

Seni Wayang Jawa

Wayang adalah slah satu ciri khas dan yang paling terkenal di daerah kepulauan Jawa ini. Masyarakat Jawa memang sangat mnukai akan Wayang karena petunjukan wayang tersebut menceritakan sebuah kejadian-kejadian yang sangat mendidik dan dapat di jadikan sebagai sebuah pedoman dalam hidup. Di daerah Jawa sendiri terdapat sekitar 40 jenis Wayang yang perlu diketahui, diantaranya adalah Wayang Beber, Wayang Klintik, Wayang Kulit, Wayang Krucil, dan Wayang Golek.

Dalam setiap pertunjukan wayang yang ditampilkan selalu dipimpin oleh seorang Dalang. Karena seorang Dalang lah yang memahami alur cerita dalam pewayangan tersebut. Dalam seebuah pertunjukan wayang selalu diiringi oleh sebuah alat music Gamelan atau alat music yang lain.

Upacara Cupu Panjalo

Perlu diketahui bahwa Cupu Ponjolo adalah sebuah ikan dengan jumlah adalah tiga buah yang telah ditemukan di daerah laut, yang ditemukan oleh seorang Kyai Panjolo yang pada saat itu sedang menjala ikan di laut. Masyarakat yang berada di Desa Mendak, Girisekar, Panggang, Gunung Kidul tersebut percaya bahwa ikan tersebut dapat memberikan sebuah ramalan tentang masa epan seorang terebut melalui wara kuit yang diperlihatkan oleh cupu tersebut.

Kemudian oleh masyarakat skitar Cupu tersebut kemudian dibungkus dan diletakkan di dalam kotak disimpan di ruangan khusus. Hanya pada Saat upacara- upacara tertent/kain tersebut dikeluarkan. 

Kesenian Gamelan

Gamelan adalah sebuah kesenian yang berasal dari daerah Jawa, khususnya berada di daerah Yogyakarta. Perlu diketahui bahwa alat musik atau kesenian ini sering digunakan untuk upacara – upacara adat yang berada di daerah kepulauan Jawa ini.

Selain itu juga digunakan sebagai salah satu pengiring kesenian yang berada di keratin. Jika memang sedang ingin melihat kesenian gamelan dapat digunakan di daerah Yogyakarta, yaitu di kraton dan dapat dilihat pada hari kamis yitu pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB.namun pertunjukan tersebut ada pada hari sabtu.

Dan hari minggu. Pada Sabtu telah digelar sebuah kesenian gamelan yang digunakan sebagai salah satu pengiring wayang kulit, sedangkan untuk hari Minggu terdapat kesenian tradisional gamelan yang digunakan sebagai pengiring tarian tradisional yang berasal dari kepulauan Jawa. 

Kesenian Tari Angguk

Kesenian Tari Angguk adalah sebuah kesnian yang dapat disebut sebagai seni rakyat. Kesenan ini berasal tari daerah Istimewa Yogyakarta. Tarian ini ditampilkan dalam bentuk tarian yang diiringi dengan sebuah pantun-pantun.

Dalam pantun yan teah dismpaikan ersebut berisikan sebuah pantun yang menceritakan kehidupan seseorang. Selain itu juga dalam tarian ini di nyanyikan sebuah lagu yang berisi sebuah kalimat yang ada didallam sebuah kitab Tlodo.

Dolanan Anak

Dolanan anak adalah salah satu sebuah permainan tradisional yang berasal dari daerah Yogyakarta. Namun untuk permainan ini di daerah Yogyakarta hampir melami kepunahan. Untuk melestarikan kebudayaaan Dolanan ini maka masyarakat Yogyakarta  sering sekali menggelar sebuah even yang di dalamnya terdapat sebuah permainan yang disebut engan dolanan anak.

Dalam sebuah Permainan yang biasa dimainkan dalam sebuah event  dolanan anak ini adalah Gotri Legendri, Cublak-cublak Suweng, Engklek, Bethink, Tawonan, Jek-jekan, Jemuran, dan Dhingklik oglak aglik. Perlu diketahui bahwa daerah Yogyakarta ini adalah salah satu daerah yang masih sangat kental akan kebudayaan Jawa dan hal ini merupakan sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat yang ada  di daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari dahulu sampai sekarangkebudayaan atau traadisi yang dimiliki oleh masyarakat Yogyakarta masih terus  di lestarikan. Karena menurut masyarakat Yogyakarta Tradisi yangada  di daerah Yogyakarta adalah sbuah tradii yang tidak mungkin ditinggakan. Selain itu juga daerah istimewaa Yogyakarta adalah sbuah daerah yang memiliki beraneka ragam jenis kesenian yang patut untuk dilestarikn sampai saat ini.

Kesenian yang ada di daerah Yogyakarta diantaranya adalah Kesenian kethoprak, jathilan, dan wayang kulit. Daerah Istimewa Yogyakarta  adalah sebuah daerah yang terkenal akan perak dan juga gayayang yang sangat uniksehingga dapat digunakan dalam pembuatan batik, kain dicelup.

Langen Mandra Wanara dan Wayang

Langen Mandra Wanara yang adalah sebuah sebuah tarian yang memiliki sebuah kombinasi atau gabungan annnatara berbagai jenis tarian yang telah disediakan. Tarian ini adalah sebuah tarian yang diiringi dengan sebuah irama dari alat usik yangdisebut dengan gamelan, yang merupakan sebuah kesenian yang berasal dari daerah istimewa Yogyakarta.

Dalam sebuah tarian ini memiliki sebuah ciri diantaranya adalah para penari yang berdiri dengan menggunakan lutut kemudian diiringi dengan bernyanyi atau berdialog. Dalam sebuah Cerita langen mandra wanara ini telah diambil dari sebuah kisah ramayana dengan lebih banyak menampilkan tokoh kera.Wayang dalam sebuah bentuk yang asli dan merupakan sebuah kreasi budaya yang dimiliki leh orang Jawa. 

Ketoprak

Kethoprak merupakan salah satu kesenian tradisional yang telah ditulis dalam penyajian bahsa jawa. Dalam sebuah cerita ketoprak ini memiliki cerita yang beraneka ragam, mulai dari cara bahasa sampai bagaimana cara penyajiannya tersebut.  

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai materi macam-macam budaya Yogyakarta dan contohnya. Semoga hadirnya tulisan ini memberikan wawasan serta inspirasi mendalam bagi pembaca, trimakasih.

0 Response to "10+ Budaya Yogyakarta dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel