120+ Tarian Tradisional di Indonesia dan Penjelasan Lengkapnya

Indonesia adalah sebuah Negara yang kaya akan budanya dan memiliki berbagai macam-macam tari Tradisional yang ada. Kemudian pada akhirnya tari tradisional ini kemudian menjadi salah satu sebuah kebudayaan Indonesia yang mendunia.

Tarian Tradisional


Tarian tradisional merupakan salah satu bagian daripada kebudayaan yang ada di Indonesia, hampir semua daerah memilikinya. Baik itu budaya Sumatra Utara, kebudayaan Suku Dayak, dan lain sebaginya. Oleh karena itulah sebagai bahasan lebih lengkapnya artikel ini akan membagikan tengang macam-macam tarian tradisional yang ada di Indonesia dan penjelasannya.

Tari Seudati 

Tari seudati adalah tarian yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Pada awalnya Tarian ini adalah sebuah tarian yang berasal dari negara arab dengan latar belakang adalah agama islam. Tarian Seudeti ini adalah salah satu terian yang paling terkenal di daerah Arab tersebut dan salah satu tarian yang paling di sukai oleh masyarakat sekitar. 

Tari Saman 

Tari saman adalah salah tarian yang berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam  tarian ini adalah salah satu tarian yang memang telah mendunia. tarian ini juga kental dengan keagamaan. 

Tari Legong

Tari Logong merupakan salah satu tarian yang ada di daerah kepulauan Bali.  Tari Legong ini adalah salah satu tarian yang menceritakan tentang kisah cinta raja dali lasem, 

Tari Kecak

Tari kecak adalah salah satu Tarian yang berasal dari kepulauan Bali. tarian ini menceritakan kisal tokoh pewayangan bala tentara monyet dan Hanoman dari kitab Ramayana.

Tari Pendet

Tari Pendet adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Bali.  Tari Pendet ini adalah salah satu tarian yang ditampilkan untuk menyambut turunnya dewata ke alam dunia. Namun seiring dengan berkembangnya zaman tarian ini sering disebut sebagai Tari ucapan selamat datang. 

Tari Adun

Tari Andun adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah Bengkulu Selatan, tarian ini adalah salah satu tarian yang digunakan untuk menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Bidadari

Tari Bidadari adalah salah satu tarian yang berasal dari daerah Bengkulu. tarian ini adalah sebuah tarian yang diartikan sebagai salah satu tarian bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.

Tari Topeng

Tari Topeng adalah salah satu tari yang berasal dari  Jakarta. Tarian ini adalah sebuah tari tradisional Betawi yang ditampilkan  dalam menyambut tamu agung.

Tari Yopong 

Tari Yopong merupakan tari persembahan untuk menghormati tamu negara yang bersal dari daerah Betawi Jakarta.

Tari Sekapur Sirih

Tari Sekapur Sirih adalah salah satu tari Tradisional yang berasal dari daerah Jambi. Tari ini di tampilkan sebagai salah satu tari persembahan. 

Tari Selampir Delapan

Tari Selampir Delapan adalah salah satu tari Tradisional yang berasal dari daerah Jambi . tari ini disebut juga sebagai salah satu tari pergaulan untuk masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Tari Topeng Kuncaran

Tari Topeng Kuncaran adalah salah satu tari Tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Tari Topeng Kuncaran adalah salah satu tari yang menceritakan tentag dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak. 

Tari Merak

Tari Merak adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tari Merak adalah tari tradisional yang menceritakan tentang kehidupan burung merak yang serba indah dan mengagumkan.

Tari Serimpi

Tari Serimpi adalah  sebuah tarian yang berasal dari Jawa Tengah.  Tari ini dilaksanakan di daerah keraton pada zaman dahulu dengan suasana hati yang lembut, agung dan menawan.

Tari Blambangan Cakil

Tari Blambangan Cakil adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah jawa Tengah, tarian ini adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang sebuah perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil atau raksasa tersebut. 

Tari Remong

Tari Remong adalah sebuah tari yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Dalam tarian ini adalah sebuah tari yang melambangkan jiwa, kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu.

Tari Reog

Reog Ponorogo adalah sebuah tarian yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur dalam sebuah tarian ini menceritakan tentang keperkasaan, kejantanan dan kegagahan. 

Tari Monong

Tari Monong adalah sebuah tarian yang berasal dari Kalimantan Barat, Tari ini adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku. 

Tari Zapin Tembung – Kalimantan Barat

Tari Zapin Tembung, Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat.

Tari Baksa Kumbang

Tari Baksa Kembang,adalah sebuah tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan Tari ini ditampilkan sebagai salah satu tarian selamat datang pada tamu agung. 

Tari Radab Rahayu

Tari Radab rahayu adalah salah satu tari yang di tampilkan pada suatu upacara tepung tawar, sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan. 

Tari Tambun dan Bungai

Tari Tambun dan bungai adalah sebuah tarian yang berasal dari Kalimantan Tengah . Tarian ini adalah sebuah tari yang menceritakan tentang kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat.

Tari Dadas

Tari Balean Dadas adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang yang ditampilkan untuk kesembuhan bagi mereka yang sakit dan tarian ini berasal dari daerah kalimantan tengah.

Tari Gong

Tari Gong adalah sebuah tarian yang  di tampilkan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Tari ini berasal dari daerah Kalimantan Tengah. 

Tari Perang

Tari perang merupakan tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Tarian ini di tampilkan pada saat dua orang pemuda sedang dalam memperebutkan seorang gadis.

Tari Jangget

Tari Jangget merupakan  tarian untuk upacar - upacara peradatan. Tarian ini berasal dari daerah Lampung. 

Tari Malinting 

Tari Malinting, merupakan sebuah tari yang berasal dari daerah Lampung. Tarian ini Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.

Tari Lenso

Tari Lenso adalah sebuah tari yang berasal dari daerah Maluku. Tarian ini adalah sebuah tari  pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat yang ada di Maluku.

Tari Cikalele

Tari Cakalele adalah sebuah tari yang berasal dari daerah Maluku. Tari ini adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.

Tari Perang

Tari Perang adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang Tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pulang dari medan juang. Tari ini berasal dari daerah Maluku Utara

Tari Nahar Ila

Tari Nahar Ilaa adalah tarian pengikat persahabatan pada waktu kesepakatan kampung untuk membangun. Tari Nahar Ilaa adalah salah satu tari yang berasal dari daerah Maluku Utara. 

Tari Mpaa lenggogo

Tari Mpaa Lenggogo adalah sebuah tarian yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.  Tarian ini ditampilkan untuk menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. 

Tari Batunganga

Tari Batunganga adalah sebuah tari yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat tarian ini menceritakan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. 

Tari Perang

Tari Perang adalah sebuah tari yang berasal dari daerah Nusa Tenggar Timur. Tari ini adalah sebuah tari yang ditampilkan untuk menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. 

Tari Gareng Lameng

Tari Gareng Lameng adalah sebuah tari tradisional yang ditampilkan pada saat upacara khitanan. Tari ini berasal dari daerah Nusa Tenggar Timur. 

Tari Suanggi

Tari Suanggi adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang seorang suami ditinggal mati istrinya yang telah  menjadi korban jejadian. Tarian ini berasal dari daerah Papua. 

Tari Selamat Datang

Tari Selamat Datang, tarian ini ditampilkan untuk memperlihatkan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. Tarian ini berasal dari daerah Papua.

Tari Musyoh

Tarian ini berasal dari daerah Papua. Tari Musyoh adalah sebuah tari  sakral dalam upaya mengusir arwah orang yang telah meninggal karena kecelakaan. 

Tari Tandak

Tari Tandak adalah tari tradisional yang berasal dari Riau, Sulawesi Selatan. Tari ini adalah sebuah tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau.

Tari Joget Lambak

Tari Joged Lambak merupakan tari pergaulan muda-mudi, yang berasal dari Sulawesi Selatan, Riau. Tarian ini adalah sebuah tarian yang sangat populer dan disenangi.

Tari Kipas

Tari Kipas adalah salah satu tarian masyarakat Riau lebih tepat di Sulawesi Selatan. Tarian ini ditampilkan untuk melihat kemahiran para gadis dalam memainkan kipas sambil mengikuti alunan lagu.

Tari A Bosara

Tari A Bosara adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Tarian ini ditampilkan pada saat menyambut para tamu terhormat. Kebudayaan Yang Ada Di Indonesia Adalah Tari Lumense.

Tari Lumense

Tari Lumense merupakan tari dari yang berasal dari Poso, Sulawesi Tenggara. Tari ini  merupakan sebuah tarian selamat datang untuk menyambut tamu agung.

Tari Peule Cinde

Tari Peule Cinde adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Tarian ini juga termasuk dalam sebuah tarian untuk menyambut tamu agung. 

Tari Balumpa

Tari Balumpa adalah tari tradisional yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Tari ini disebut sebagai tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung. 

Tari Dinggu

Tari Dinggu adalah salah satu tari yang berasal dari daerah Sulawesi Tenggara. Tari ini melambangkan sebuah  sifat kegotong royongan dan kebersamaan dalam kerja bersama pada saat menumbuk padi. 

Tari Mengket

Tari Maengket adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah Sulawesi Utara Tari ini merupakan salah satu tari pergaulan yang dilakukan secara berpasang-pasangan. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan.

Tari Palo- Palo

Tari Polopalo adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari Gorontalo. tari ini sering disebut sebagai sebuah tari pergaulan bagi masyarakat Gorontalo, khususnya untuk para pemudi yang ada di daerah Gorontalo.

Tari Piring

Tari Piring adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari Sumatra Barat. Tari ini adalah sebuah tari yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat atau kebersamaan dalam melaksanakan tugas. Pada saat Siang hari masyarakat Sumatra Barat pergi ke sawah atau ladang dan pada saat malam harinya mereka bersukaria bersama-sama.

Tari Payung

Tari Payung adalah sebuah tari yang berasal dari Sumatra Barat. Tarian ini adalah sebuah tarian yang di tampilkan oleh anak muda dengan payung di tangan. 

Tari Tanggai

Tari Tanggai adalah salah satu tari yang ditampilkan untuk menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat. Tarian ini berasal dari daerah Sumatra Selatan.  

Tari Bekhusek

Tari Putri Bekhusek adalah sebuah tari yang berasal dari daerah Sumatra Selatan. Tari Putri Bekhusek artinya sang putri yang sedang bermain. 

Tari Serampang Dua Belas

Tari Serampang Dua Belas adalah Sebuah tari Melayu yang berasal dari daerah Sumatra Utara. 

Tari Tor- Tor 

Tari Tor Tor adalah salah satu tarian yang berasal dari daerah Sumatra Utara. 

Tari Seimpi Sangu Pati

Tari Serimpi adalah salah satu jenis tari keraton pada zaman dahulu yang disertai dengan suara gamelan dengan gerak tari yang lembut.

Tari Bedaya

Tari Bedaya adalah tarian keraton yang di tarikan oleh Sembilan orang wanita dengan sebuah irama yang lemah gemulai.

Tari Angguk

Tari Angguk merupakan sebuah tarian tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Tari ini menceritakan tentang kisah Umarmoyo dan Wong Agung Jayengrono dalam Serat Ambiyo. 


Tari Adun

Tari Andun adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Bengkulu. Tarian ini ditampilkan pada saat ada pesta perkawinan. 

Tari Angsa

Tari Angsa merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Dalam tarian ini memiliki sebuah makna yang berbeda antara satu gerakan dengan gerakan yang lain. 

Tari Badui 

Tari Badui adalah salah satu tarian yang berasal dari daerah Sleman yaitu di daerah Istimewa Yogyakarta. Tari ini adalah salah satu tarian yang menceritakan suatu adegan  adegan prajurit yang sedang latihan perang. 

Tari Baksa kembang

Tari Baksa Kembang adalah salah satu tari yang berasal dari daerah Banjar yaitu Kalimantan Selatan. Tari ini ditampilkan untuk menyambut tamu agung.  

Tari Balean Dadas

Tari Balean Dada merupakan sebuah tari yang berasal dari daerah Kalimantan tengah. Tari ini ditampilkan untuk meminta kesembuhan kepada Tuhan untuk mereka yang sakit. 

Tari Balumpa

Tari Balumpa adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari daerah Wakatobi, yaitu Sulawesi Tenggara. Tarian ini adalah salah satu tarian yang termasuk kedalam sebuah tarian pergaulan yang ditampilkan oleh beberapa penari wanita untuk menyambut para tamu terhormat yang datang ke daerah Sulawesi tenggara.  

Tari Bambangan Cakil

Tari Bambangan Cakil adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari daerah Jawa khususnya yang ada di Jawa Tengah.

Tari Banyumasan

Kesenian tradisional Banyumas merupakan sebuah tarian yang melambangkan sebuah kekayaan budaya benda maupun tak benda yang tumbuh dan berkembang di wilayah bekas Karesidenan Banyumas, meliputi Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Banjarnegara. 

Tari Belian

Tari Belian adalah salah satu tarian yang ditampilkan pada saat acara – acara khusus seperti, Upacara adat suku dayak yang ada di daerah Kalimantan Timur.  

Tari Beksan Lawung Ageng

Tari ini adalah sebuah tarian yang mencirikan sebuah gerakan rancak, yang melambangkan keberanian sekaligus kesuburan.

Tari Bengberokan

Tari adalah salah satu Tari yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Tari Bengberokan adalah salah satu tari yang ditampilkan untuk menolak keburukan. 

Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak adalah salah satu tari yang dapat diartikan sebagai salah satu tari bidadari meminang anak. Tarian adat ini adalah salah satu tari yang berasal dari daerah Rejang Lebong.

Tari Bines

Tari Bines adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari kabupaten Gayo Lues. Tarian ini adalah salah satu tari yang berasal dari daerah Aceh Tengah. 

Tari Bosara

Tari Bosara adalah sebuah tarian yang digunakan untuk menyambut beberapa tamu terhormat. 

Tari Bungai

Tari bungai adalah salah satu yang berasal dari daerah palangkaraya yaitu Kalimantan Tengah. Tarian ini adalah salah satu tari yang menceritakan tentang kepahlawanan dalam mengusir musuh yang akan merampas hasil panen rakyat. 

Tari Caci

Tari Caci atau tari Caci atau adalah salah satu tari yang berasal dari daerah Flores yaitu Nusa Tenggara Timur yaitu di Indonesia. 

Tari Cakalele

Tari Cakalele adalah sebuah tarian yang berasal dari daerah Maluku. Tarian ini digunakan untuk menyambut tamu ataupun dalam perayaan adat. 

Tari Campak 

Tari Campak adalah salah satu tarian yang berasal dari daerah Bangka Belitung. Tari Campak adalah salah satu tari yang menceritakan keceriaan bujang dan dayang di Kepulauan Bangka Belitung. 

Tari Cangget

Tari Cangget adalah salah satu tarian yang berasal dari Lampung. Lampung adalah salah satu sebuah provinsi yang di terletak di bagian selatan yaitu di Pulau Sumatera. 

Tari Cikeruhan

Tari Cikeruhan adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah  Tjikeroeh, Cikeruh, Jatinangor, Sumedang Jawa Barat.  

Tari Cokek

Tari Cokek adalah salah satu tarian yang berasal dari Jakarta. Tarian ini adalah sebuah tari pergaulan dari  masyarakat Betawi.   

Tari Cendrawasih

Tari Cendrawasih adalah sebuah tari Bali yang ditampilkan oleh dua penari perempuan dan menggambarkan sebuah ritual perkawinan burung cendrawasih.

Tari Datun

Tarian Datun adalah salah satu tari yang berasal dari Bali. Tari ini adalah sebuah tarian yang di tampilkan oleh hampir 20 perempuan yang ada di daerah tersebut.

Tari Didong

Tari Didong adalah salah satu jenis tari tradisional yang berasal dari Aceh. Tari Didong adalah salah satu tari yang memadukan antara seni tari dan seni suara dengan unsur sastra berupa syair-syair sebagai unsur utama yang memang di lestarikan oleh masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Tari Dinggu 

Tari Dinggu adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Tarian ini merupakan tarian rakyat yang menggambarkan suasana dan aktivitas masyarakat saat musim pada saat panen.  

Tari Ebeg

Tari Ebeg adalah salah satu tari yang berasal dari daerah Banyumas yaitu Jawa Timur.  Tari ini ditampilkan dengan menggunakan sebuah boneka kuda yang telah terbuat dari sebuah  anyaman bamboo yang kepalanya telah diberi sebuah kain ijuk sebagai rambut. 

Tari Emprak

Tari Emprak adalah salah satu jenis tari yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Tari ini adalah sebuah karya seni yang digunakan untuk menciptakan pesan moral yang diiringi dengan musik yang biasanya berupa salawatan. 

Tari Ende Lio

Tari Ende Lio adalah sebuah tarian yang ditampilkan dengan sebuah keseriusan yang cukup tinggi dengan lewat sebuah ekspresi rasa yang diberikan.

Tari Gambuh

Gambuh adalah salah satu tarian yang berasal dari daerah Bali. Tarian ini adalah salah satu jenis tari yang memiliki sebuah mutu yang tinggi di dalam tari tersebut.  

Tari Gambyong

Tari Gambyong adalah salah satu tari daerah Jawa yang biasa di tampilkan secara bersama-sama oleh beberapa orang penari.

Tari Gambyong

Tari Gambyong adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Surakarta.  Tarian ini adalah sebuah tarian yang ditampilkan dalam sebuah acara besar atau sebuah festival.  

Tari Gandrung

Gandrung Banyuwangi adalah salah satu jenis tarian tradisional yang berasal dari daerah Banyuwangi.

Tari Gareng Lameng

Tari Gareng Lameng adalah salah satu tarian tradisional yang ditampilkan pada saat ada upacara khitanan selain itu Tarian ini juga ditampilkan untuk ucapan selamat dating dan  memohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya.

Tari Gawi

Tari Gawi adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur.  Tarian ini adalah salah satu tarian adat masyarakat yang berasal dari suku Ende Lio. 

Tari Gending Sriwijaya

Gending Sriwijaya adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah Palembang, yaitu Sumatera Selatan. Tari ini diiringi dengan sebuah Melodi lagu Gending Sriwijaya yang diperdengarkan untuk mengiringi sebuah Tari Gending Sriwijaya. 

Tari Giring-giring

Tari giring-giring adalah salah satu tarian khas Ma’anyan yang berasal dari daerah Kabupaten Barito Timur dan juga berasal dari daerah Kabupaten Barito Selatan di provinsi Kalimantan Tengah. 

Tari Gitek Balen

Tarian ini sebuah tari yang menceritakan tentang sebuah ungkapan atau ekspresi dari rasa kedinamisan dan kelincahan dari seorang perempuan yang sedang menginjak dewasa.

Tari Golek Menak

Tari Golek Menak adalah salah satu jenis tari klasik yang berasal dari daerah Yogyakarta.  

Tari Gong

Tari Gong atau dapat disebut juga Tari Kancet Ledo adalah salah satu tarian Dayak Kalimantan Timur, tepatnya dari suku Dayak Kenyah. Tarian ini ditarikan seorang gadis dengan gong digunakan sebagai alat musik pengiringnya. 

Tari Guel

Tari guel adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah Aceh.  

Tari Jaipong

Tari jaipong adalah salah satu tari yang berasal dari Jawa Barat. tarian ini dikenal dengan sebuah gerakan yaitu goyang sang penarinya. 

Tari Sintren

Tarian sintren adalah salah satu tarian yang ada di daerah  Jawa Barat dan Jawa tengah.

Nah, itulah tadi daftar mengenai macam-macam tarian tradisional di Indonesia dan asalnya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta memberikan pengetahuan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "120+ Tarian Tradisional di Indonesia dan Penjelasan Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel