10+ Budaya Jakarta dan Contoh Lengkapnya

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari berbagai macam jenis kepulauan dan dikelilingi oleh berbagai macam jenis lautan dan kebudayaan serta kesenian yang sangat berbeda. Ibukota dari Negara Indonesia berada di daerah Jakarta.

Jakarta


Penduduk yang berada di daerah Jakarta Rata-rata adalah penduduk asli dari masyarakat Jakarta dan suku betawi. Namun juga banyak sekali masyarakata luar yang pergi merantau ke Jakarta. Daerah betawi merupakan sebuah daerah yang terdiri dari berbagai macam jenis kebudayaan dan juga sebuah tradisi.

Masyarakat Betawi merupakan salah satu masyaakat yang berada asli dari kota Jakarta.masyarakat ini adalah salah satu masyarakat yangsangat menghargai kebudayaan dan kesenian yang asli dari daerah Betawi. 

Selain itu juga penggunaan bahasa yang ada di daerah Betawi adalah bahasa asli Melayu dan bercmpur dari India, Jawa, Arab, Cina, dan Belanda. Banyak yang bilang bahwa Jakarta meruakan salah satu kota metropolitan, tapi perlu diketahui bahwa Jakarta adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka ragam jenis kebudayaan dan kesenian.

Budaya Jakarta

Kebudayaan yang ada di Jakarta sampai sat ini juga masih terus dilestarikan dan dikembangkan. Berikut ini ada  10 kebudayaan yang ada di Jakarta yang perlu kalian ketahui diantaraya adalah sebagai berikut:

Rumah Adat

Salah satu kebudayaan yang ada di daerah Jakarta adalah Rumah adat. Rumah adat yang ada di Jakarta disebut juga sebagai Rumah Kebaya. Rumah adat yang ada di Jakarta ini atapnya berbentk seperti perisai landau dan kemudian diteruskan dengan atap pelana yang lebih landau lagi. Untuk bagian teras dari rumah tersebut.

Rumah asli dari Jakarta ini ada yang berbentuk seperti panggung namun juga ada yang menetap di tanah. Kemudian untuk halaman depan dari rumah tersebut terdapat halaman yang sangat luas.  Rumah tersebut terbuat dari kayu dan diukir dari khas betawi. Rumah  tersebut terbentuk kotak, dn terdiri dari ruang keluarga, tamu, dapur dan juga memiliki ruuangan yangsangat luas. 

Pakaian Adat

Pakaian adat yang berasal asli dari Jakarta adalah pakaian adat yang terdiri dari pakaian adat untuk perempan dan pakaian adat yang terdiri dari laki – laki. Untuk pakaian adat dari laki – laki biasanya menggunakan baju koko, menggunakan celana batik, kain pelekat atau sarung yang di taruh di leher. Dan tidak lupa menggunakan peci.

Sedangkan untuk perempuan mengunakan baju kurung dengan lengan pendek. Selain itu juga dapat menggunakan sebuah kebaya dan menggunakan sarung batik dan tidak lupa mengenkan krudung. Untuk pakaian yang digunakan pada saat pernikahan, untuk laki – laki mengenakan sebuah jubbah seperti orang yang sedang berhaji.

Dan tidak lupa memakai penutup kepala. sedangkan untuk perempuan pada saat pernikahan berdandan seperti nona cina dengan menggunakan blus berwarna cerah, seperti merah. Dan tidak lupa menggunakan bawahan seperti rok, yang biasa disebut juga dengan Kun dengan warna yang gelap seperti model duyung. 

Seni Tari

Di Jakarta terdiri dari berbagai macam jenis tari atau kesenian diantaranya adalah Tari Topeng. Tari Topeng adalah sebuah kesenian yang memang sudah sangat popular dari dahulu sampai saat ini. Tari ini adalah sebuah tari tradisional yang berasal dari daerah Betawi.

Kesenian tari ini adalah sebuah kesenian diselenggarakan atau ditampilkan pada saat upacara pernikahan. Biasanya juga dilaksanaakn untuk kegiatan sunatan atau kegiatan membayar nazar. Dalam sebuah kesenian ini para penari menggunkn topeng dan mulai bercerita tentang kesenian ersebut lewat kesenian gerak yang ada.

Sampai saat ini kesenian tari ini memiliki brbagai macam jenis tari, seingga sangat banyak kreasi yang di tarikan dengan menggunakan jenis tari ini. Tari ini adalah sebuah jenis tari yang di tarikan dengan berbagai macam jenis cukong atau tuan tanah.

Selain itu ada Tari Cokek. Tarian ini adalah sebuah jenis tari yang berasal dari daerah Betawi. Tarian ini ada karena dibawa oleh para cukong atau tuan tanah yang berada di daerah tersebut. Pakaian yang dgunakan di tarian ini adalah hampir mirip dengan tarian yang berasal dari daerah Cina.

Musik

Di daerah Jakarta terdiri dari berbagai macam jenis kesenian. Salah satunya adalah alat music Gambang Kromong. Alat music ini adalah sebuah alat music yang kesnian music yang berasal daari daerah Jakarta dan alat music yang berada di daerah Cina. Selain itu ada Instrumen musikl yang digunakan seperti alat musik gesek dari Cina yang bernama Kongahyan, Tehyan dan Sukong.

Selain itu juga ada alat music yang berasaal dari daerah Betawi,diantaranya adalah gambang, kromong, kemor, kecrek, gendang kempul dan gong. Kesenian Gambang Kromong ini adalah salah satu kesenian yang ada sejak abad ke 18 dan berada di daerah Tanggerang.

Daerah ini adalah sebuah daerah yang telh mengembangkan kesenian Tanjidor. Kesenian Tanjidor adalah sebuah kesenian yang berasal dari daerah Betawi, tarian ini adalah sebuah kesenian yang memiiki bentuk seperti sebuah orkes. 

Bela Diri

Jakarta adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka macam jenis kebudayaan. Salah satunya adalah jenis bela diri yang disebut juga dengan Pencak Silat. Jenis Bela diri ini adalah sebuah jenis bela diri yang cara memainkannya dengan menggunakan 2 orang yang menggunakan pakaian kas dari daerah Betawi.

Pakaian yang digunakan untuk pencak silat ini adalah pakaian khas yang berasal dari betawi yaitu dengan menggunakan baju koko, ikat pinggang serta ciri khas yang menunjukkan asli masyarakt betawi serta menggunakan peci. 

Kesenian

Daerah Jakarta adalah sbuh daerah yang terdiri dari berbagai macam jenis kesenian salah satunya adalah kesenian Ondel-Ondel. Kesenian ini merupakan salah satu kesenian betawi berupa boneka yang sangat tinggi.

Tinggi dari boneka tersebut kurang lebih hampir 2,5 m dengan garis tengah kurang lebih 80 cm, boneka  tersebut biasanya terbuat dari sebuah anyaman yaitu anyaman bambu agar orang yang berada di dalaam boneka tersebut dapat memikulnya. Kemudian oleh orang yang membawa ondel – ondel tersebut dimainkan.

Untuk wajah ondel – ondel tersebut dibuat sperti topeng dan kepala yang diberi rambut yang terbuat dari Ijuk. 

Senjata Tradisional

Badik adalah salah satu senjata tradisional masyarakat Jakart. Selain itu juga  senjata trdisional yang berasal asli dari daerah Jakarta ada parang atau golok. Selain itu yang merupakan khas dari betawi ada keris, tombak, toya, cabang dan parang. Senjata badik merupakan sebuah senjata yang dipengarhi oleh masyarakat Bugis.

Sedangkan untu senjata tradisional Toya dan trisula atau dapat disebut juga dengan senjata tombak yang memiliki ujung tiga ini mendapa pengaruh dari daerah Cina. sedangkan untuk senjata keris merupakan sebuah senjata yang telah mendapat pengaruh dari daerah Jawa.

Selain itu ada senjata Golok yaitu sebuah senjata yang memiliki ukuran yang sangat beragam ada yang memiliki ukuran yang panjang dan ada juga yang ukuranya pendek. 

Suku

Di daerah Jakarta terdapat beberapa suku dan juga marga,salah satunya yaitu ada suku Betawi, Orang Depok, Orang Tugu, Cina, Arab, dan masih banyak yang lainnya.

Bahasa Daerah

Bahasa yang digunaka oleh masyarakat yang berada di daerah Jakarta adalah rata – rata menggunakan bahasa Betawi. Hal ini lah yang dapat mnjadi ciri yang kas untuk menunjukkan orang tersebut berasal dari daerah mana. 

Lagu Daerah

Lagu daerah yang menai ciri khas dari daerah Jakarta adalah lagu Kicir-kicir, Jali – jali dan masih banyak yang lainya. Lagu ini sampai saat ini masih terus dikembaangkan dan dilestarikan. Selain itu juga ada lagu Surilang yang merupakan slah satu agu yang berasal dari Jakarta dan lagu ini masih tetap dilestarikan sampai sekarang.

Nah, itulah tadi pembahasan serta penjelasan tentang contoh-contoh budaya Jakarta. Semoga bisa memberikan informasi yang berguna untuk segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

0 Response to "10+ Budaya Jakarta dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel