10+ Budaya Jambi dan Contoh Lengkapnya

Indonesia adalah salah satu daerah yang merupakan Negara yang memiliki banyak sekali pulau. Salah satu diantaranya Pulau Sumatra yang di dalamnya terdapat daerah Jambi. Jambi ini adalah sebuah daerah yang memiliki beranekaragam suku, adat Istiadat dan memiliki sebuah kebudayaan yang pasti. Walaupun seperti itu memiliki sebuah kebudayaan yang beranekaragam masyarakat yang berada di daerah tersebut masih rukun satu sama yang lainnya.

Budaya Jambi


Jambi ini memiliki sebuah kebudayaan yang  masih dilestarikan sampai saat ini. Perlu diketahui bahwa daerah Jambi adalah sebuah daerah yang telah ditempati oleh masyarakat Melayu sejak ratusan tahun  yang lalu.

Masyarakat Jambi yang termasuk kedalam  suku  melayu adalah seperti suku Kerinci, Suku Batin, suku Bangsa Dua Belas, suku Penghulu, dan suku Anak dalam. Namun selain itu masyarakat yang bertempat tinggal di daerah Jambi adalah salah satu masyarakat yang bukan hanya bertempat tinggal di daerah tersebut, namun juga berada di luar daerah.

Jenis-Jenis Budaya Jambi

Adapun untyk beragam budayaan yang ada di daerah Jambi masih tetap dilestrikan antara lain adalah sebagai berikut;

Rumah Adat

Daerah Jambi adalah sebuah daerah yang memiliki berankargam kebudayaan, salah satunya adalah kebudayaan Rumah adat yang berada di daerah Jambi. Rumah adat yang ada di daerah tersebut disebut juga sebagai rumah panggung yang memiliki sebuah model, disebut juga sebagai kajang lako. Rumah adat di daerah Jambi ini merupakan sebuah rumah yang telah memliki sebuah ruangan yang terdiri dari delapan ruanagan khusus.

Ruangan yang pertama disebut juga sebagai Jogan,  ruangan ini adalah sebuah ruangan yang digunakan sebagai salah satu tempat istirahat dan  juga digunakan sebagai tempat untuk menaruh air. Kemudian ada ruangan yang Kedua yang disebut sebagai Serambi Depan, ruangan ini adalah sebuah ruangan yang dignakan untuk menyambut tamu laki-laki atau digunaan untuk tempat mengaji oleh para laki-laki.

Kemudian untuk ruangan Ketiga disebut juga sebagai Serambi Dalam. Ruangan ini digunakan sebagai tempat tidur untuk anak laki-laki. Untuk yang keempat ada ruangan Ameben Melintang. Ruangan  ini digunakan  untuk para pengantin.

Kemudian  ruangan kelima digunakan sebagai tempat tidr un tuk para gadis, ruangan keenam digunakan untuk tempt tamu wanita dan melakukan kegiatann tersebut di ruuangan tersebut, ruangan  ketujuh ada ruangan yang digunakan  untuk men umpuk padi hasil panen, ruangan kedelapan  adalah ruangan untuk dapur. 

Pakaian Adat

Selain rumah adat kebudayaan yang ada didaerah Jambi itu adalah pakaian adat, untu seorang laki – laki tidak lupa memakai mahkota dan juga memakai sebuah kalung yang telah disusun, selain itu juga tidak lupa memakai pending dengan keris terselip di depan perut serta tidak lupa memakai sebuah gelang emas pada kedua belah lengan dan tangan laki-laki tersebut.

Baju yang digunakan juga adalah salah satu baju yang khas yaitu kain Songket. Begitupun untuk yang perempuan tidak lupa memakai perhiasan dan juga pakaian yang sama dengan laki – laki. 

Tari-tarian Daerah Jambi

Di daerah Jambi adalah sebuah daerah yang memiliki berbagai macam jenis Tari, salah satunya adalah Tari Sekapur Sirih. Tari Sekapur Sirih adalah salah satu tari yang digunakan untuk persembahan. Selain itu ada juga tari Selampit delapan, tari ini adsalah salah satu jenis tari yang sering ditampilkan oleh para  pemuda yang ada I daerah tersebut. 

Senjata Tradisional

selain itu ada senjata tradisional yang berasal dari daerah Jambi, salah satunya adalah senjata Badik Tumbuk Lada. Senjata ini merupakan sebuah senjata yang berada di daerah 

Sumatera dan juga kepulauan Riau. Senjata ini hampir mirip dengan senjata yyang khas dari daerah Sulawesi. Senjata ini adalah sebfuah senjata yang hampir sama dengan keris. 

Jambi adalah meramu

Didaerah Jambii ada sebuah Tradisi yang disebut juga dengan tradisi Meramu. Tradisi ini merupakan sebuah tradisi untuk mencari serta mengumpulkan hasil hutan yang telah didapatnya tersebut. Biasanya hasil hutan yang didapat adalah seperti getah melabui, getah jelutung, getah damar, getah jernang, dan rotan. Mereka menyebut kegiatan ini berkinang atau berimbo.

Cara mencari dan mengumpulkan hasil Hutan tersebut yaitu dengan berjalan jalan atau dengan pengembara. Biasanya yang akan ditemui adalah sebuuah rotan dan juga getah Jantung. 

Bahasa Daerah

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat yang bersal dari daerah Jambi adalah bahasa Melayu. Untuk suku pedalaman masyarakat yang adsa di daerah melayu disebut juga dengan suku anak atau Kubu. Masyarakat asli Jambi masih menggunakan bahasa asli Jambi, karena memang masyarakat yang berasal dari daerah luar Jambi belum banyak yang datang dari daerah yang lain. 

Alat musik

Daerah Jambi adalah sebuah daerah yang memiliki alat music tradisional. Daerah ini biasanya adalah sebuah daerah yang terleak di sepnjang daerah yang memiliki berbagai macam jenis alat musik. Masing-masing alat music tersebut memiliki kegunaan tersendiri yang berbeda –beda. Salah satu alat music yang sampi saat ini masih terus dilestarikan dan  dikembangkan adalah alat musik berupa Genggong, Gendang,Tabuh.

Seni Suara

Didaerah Jambi ini adalah sebuah alat music yang memiliki berbagai macam jenis alat music. Salah satunya adalah alat music suara atau syair yang telah menjadi ciri khas ddari daerah tersebut. Banyak sekali lagu –lagu daerah yang berasal dari Jambi. Sehingga sangat wajar sekali jika lagu ini sam pai saat ini m asih terus dilestarikan dan juga dikembangkan di daerah Jambi tersebut. 

Kuliner

Perlu diketahui bahwa daerah Jam bi adalah sebfuah daerah yang memiliki bferbagai macam jenis kebudayaan, salah satunya adalah kebudayaan atau kuliner yang ada di daerah ini. Masakan atau kuliner yang ada di daerah tersebut adalah salah satu masakan yang khas di daerah Jambi, biasanya masyarakat Jambi sering sekali membuat masakan berupa Tempoyak,Gulai tepe ikan,dan pindang ikan seluruh masakan ini adalah masakan yang berasal dari daerah Jambi yang menjadi ciri khas dari masyarakat Jambi tersebut.

Upacara Pernikahan

Daerah ini adalah sebuah daerah yang masih sangat erat kaitanya dengan tradisi tersebut salah satnya adalah upacara pernikahan. Upacara ini adallah sebuah upacara yang adsa I daerah ini diadakan pada saat ada sebuah perkenalan yaitu pada saat upacara berselang, nebas nugal, nandur, merumput, berselang nuai, ngirik, numbuk padi, gotong royong, sebuah upacar juga bukan hanya ada pada saat upacara pernikahan saja, namun juga pada saat tujuh belas agstus atau hari kemerdekaan Indonesia, pada saat Maulid nabi Muhammad SAW.

Hal ini atau tradisi ini biasanya diadakan oleh anakk –anak muda yang ada di daerah tersebut. Bahkan upacara tersebut yang menampilkan sebuah tradisi itu adalah anak – anak muda yang memang berasal dari asli dari daerah Jambi tersebut. Namun dalam sbuah tradisi ini masih tetap harus di damping oleh para orang tua. Karena ada beberapa ketentuan yang harus ada dan dilakukan oleh para anak muda tersebut.

Hal ini dilakukan agar tradisi tersebut masih dalam batas – batas pengawasan para orang tua dan tidak melewati batas. Misalnya pada saat tradisi pernikahan sebuah tradisi itu harus dalam sebuah niat dan niat tersebut  adalah sebuah niatt yang semata –maa hanya karena ingin mendapatkan seorang jodoh yang baik, serta bertanggung jawab dan data menemaninya dalam keadaan suka maupun duka, maka dari itu banyak sekali masyarakat yang melakukan tradisi ini.

Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkapnya mengenai nama-nama atas jenis budaya di Provinsi Jambi. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan kepada segenap pembaca ya, trimakasih.

0 Response to "10+ Budaya Jambi dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel