10+ Budaya Gorontalo dan Contoh Lengkapnya

Gorontalo adalah sebuah pronsi yang berada di Negara Indonesia. Daerah ini adalah sebuah daerah yang telah terbentuk pada tahun 2000 yaitu pada tanggal 5 Desember. Daerah Gorontalo ini telah terbentuk bersamaan dengan perluasan wilyah yang terkait dengan dengan Otonomi Daerah pada Era Reformasi.

Perlu diketahui juga daerah ini adalah sebuah daerah yang telah terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, kemudian pada tanggal 22 Desember daerah Gorontalo ini menjadi sebuah provnsi ke 32 di daerah Indonesia.

Gorontalo


Daerah Gorontalo adalah sebuah Provinsi yang terletak di bagian barat Semenanjung Gorontalo yaitu berada di bagian Pulau Sulawesi.

Daerah Gorontalo ini memiliki luas kurang lebih adalah sebesr 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk yang ada di Gorontalo kurang lebih adalah sebanyak 1.133.237 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk hampir 88 jiwa.

Budaya Gorontalo


Berikut ini beragam jenis-jenis kebudayaan yang ada di daerah Gorontalo, antara lain adalah sebagai berikut;

Rumah Adat

Gorontalo merupakan sebuah daerah yang  berada di Indonesia daerah ini merupakan sebuah daerah yangmemiliki empat rumah adat yang masing – masing rumah adat tersebut telah memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satu rumah adat tersebut adalah rumah adat Dulohupa rumah adat iini ada di daerah  Gorontalo lebih tepatnya berada di daerah di Kelurahan Limba, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, kemudian Rumah Dulohupa ini dapat juga disebut sebagai rumah adat Yiladia Dulohupa Lo Ulipu Hulondhalo oleh penduduk Gorontalo.Rumah adat ini berbentuk rumah panggung yang badannya terbuat dari papan dan struktur atap bernuansa daerah Gorontalo.

Selain itu ada rumah adat Bandayo Poboide, rumah adat ini merupakan salah satu rumah yang berada di daerah Limboto. Selain itu juga ada rumah adat Ma’lihe atau biasa disebut juga dengan rumah adat Potiwaluya. Kemudian ada juga rumah adat Gobel, rumah adat ini adalah salah satu rumah adat Gorontalo yang berada di daerah Bone Bolango. 

Pakaian Adat Gorontalo

Di daerah Gorontalo ini memiliki beraneka ragam kebudayaan, salah satunya adalah  Pakaian adat masyarakat Gorontalo. Pakaian adat yang ada di daerah Gorontalo salah satunya sering disebut sebagai Mukuta dan Biliu.

Mukuta dan Biliu adalah sepasang pakaian adat yang berasal dari daerah Gorontalo. Pakaian ini adalah salaah satu pakaian yang hanya digunakan oleh masyarakat yang berasal daridaerah Gorontalo pada saat upacara perkawinan. Pakaian adat Mukuta ini adalah pakaian yangtelah digunakan oleh calon pengantin Pria dan Biliu biasanya digunakan oleh calon penantin perempuan.

Pakaian adat ini yang sering disebut sebagai Mukuta dan Biliu ini adalah salah satu pakaian yang telah dibentuk dari sebuah kain yang berwarna kuning keemasan. Selain itu pakaian adat yang ada di daerah tersebut ada yang berwarna ungu dan ada juga yang berwarna Hijau. Dan tak lupa saat memakai pakaian  ini ada yang memakai sebuah perhiasan atau aksesoris. 

Senjata Tradisional

Wamilo adalah salah satu jenis senjata tradisional yang berasal dari daerah Gorontalo. Senjata ini adalah sebuah senjata tradisional yang sering disebut hampir sama dengan senjata yang disebut golok tersebut. Pada senajata ini memiliki beberapa bagian, yaitu pada bagian Ujung hulunya sedikit melengkung kebawah.

Selain senjata tersebut didaerah ini memiliki beberapa Senjata tradisional diantaranya adalah sebagai berikut, badik, Bitu'o. senjata ini adalaah sebuah senjata yang sama dengan keris. Kemudian ada senjata Sabel yaitu sebuah senajata tadisional yang sama dengan Parang.

Bahasa Daerah

Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki beraneka ragam bahasa. Salah satunyaadalah bahasa yangada di daerah Gorontalo. Di daerah ini terdiri atas berbagai macam jenis Bahasa, salah satunya adalah menggunakan bahasa tiga dialek, yaitu  dialek Gorontalo, dialek Bolango, dan dialek Suwawa. 

Ragam Tradisi

Pada tahun 2017 di daerah Gorontalo ini tela resmi menjadi sebuah daerah yang memiliki lima kebudayaan yang asli berasal dari daerah Gorontalo. Dalam hal ini lima kebudayaan tersebutdiantaranya adalah Tahuli, Binte Biluhuta, Lohidu, Langga, dan Dayango atau biasa disebut juga dengan Wumbungo.

Kebudayaan Tahuli dan Lohidu merupakan sebuah kebudayaan yang samai sat ini asih terus menunjukkan perkembangannya dan tetap dilestarikan sampai saat ini. Kemudian ada Binte Biluhuta adalaah sebuah makann khas yang berasal dari daerah Gorontalo yaitu berupa makanan sup jagung muda dicampur dengan aneka rupa rempah-rempah. Kemudian ada Dayango. Dayanggo adalah agama yang telh dianut oleh masyarakat Gorontalo sebelum islam datang. 

Upacara Adat

Daerah Gorontalo adalah sebuah daerah yang memiliki empat kebudayaan atauempat kegiatan dalam upacara. Dalam upacara tersebut pasti akan diiringi dengan pembacaan ayat-ayat dalam Alquran.

Adapun upacara-upacara tradisi yang dimakssud adalah upacara hamil tujuh bulan atau biasa disebut juga dengan Molunthalo, kemudian ada upacara penguburan plasenta atau biasa disebut juga dengan molobunga Yiliyala, dan Upacara Akil baligh atau Mome’ati, dan ada upacara kematian atau Baya lo bulilo.

Tari Tradisional

Perlu diketahui bahwadaerah ini adalah sebuah daerah yang memiliki beraneka ragam jenis tari tradisional, diantaranya adalah Tari Saronde. Tari Saronde merupakan sebuah jenis tarian yang sering di tampilkan oleh para pemuda yang beradadi daerah Gorontalo tersebut. Tarian ini disebut juga sebagai tari pergaulan.

Tarian tersebut merupakan sebuah jenis tarian yang diciptakan pada saat malam pertunangan pada upacara adat perkawinan yang berada di daerah Gorontalo. Tarian ini adalah sebuah tarian yang di tampilkan dengan diiring alat musik.

Dalam tarian ini juga terdapat seorang yang bernyanyi atau yang menjadi seorang vokalis.kemudian nantnya tarian tersebut akan semakin indah dilihat pada saat para pengantin mengaungkan sebuah kalung yang telah disediakan untuk dikalungkan kepada penari tersebut. Kemudian ada Tari Dana-dana, Tarian ini adalah sebuah tarian yang disebut juga dengan tarian pergaulan yang sering ditampilkan oleh masyarakat Gorontalo. 

Warna

Daaerah Gorontalo adalah salah satu daerah yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adaah dalam segi warna yang ada di daerah tersebut. Ad beberapa warna yang memliki lamang tertentu dan merupakan ciri khas dari daerah tersebut. Sehingga pada saat upacara ppernikahan juga masyarakat yang berasal dari daerah Gorontalo pada saat upacara pernikahan hanya menggunakan empat warna saja, yaitu merah, hijau, kuning emas, dan ungu.

Empat warna tersebut memiliki arti tersendiri, diantaranya adalah Warna merah melambangkan keberanian, warna hijau melambangkan kesuburan, kesejahteraan, kedamaian, dan kerukunan, warna kuning emas melambangkan kemuliaan, kesetiaan, kebesaran, dan kejujuran sedangkan warna ungu melambangkan keanggunan dan kewibawaan.

Tata dan aturan dalam upacara perkawinan

Setiap daerah pasti memiliki aturan atau tradisi dalam setia melakukan upacar pernikahan. Salah satunya adalah upacara yag ada di daerah Gorontalo. Aturan yang di pakai oleh masyarakat Gorontalo masih memegang atauran atau tradisi yang ada sejak zaman leluhur, yang sampai saat ini masih terus di lestarikan. 

Sapaan Atau Toli

Masyarakat Gorontalo adalah sebuah masyarakat yang memiliki beberapa nama sapaan atau biasa di sebut juga dengan toil. Nama ini adalah sebuah kebudayaan yang telah dimiliki oleh masyarakat Gorontalo ini. Seiring dengan berkembangnya zaman daerah ini menjadi berkembang dan menurut cerita leluhur zaman dahulu nama panggilan ini sudah berubah menjadi sebuah nama gelar.

Nama-nama gelar tersebut diberikan hanya untuk raja – raja yang telah wafat pada zaan dahulu. Sehingga Pada zaman dahulu menggunakan nama-nama sapaaan merupakan sebuah hal yang wajib, dan memanggil dengan nama aslipun sudah jarang di dengar.

Bahkan nama-nama ini adalah sebuah nama yang telah menunjukkan keakraban dan kesopanan yang telah ditunjukkan. 

Nah, itulah tadi pendekripsian terkait dengan beragam jenis-jenis budaya di Gorontalo dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Gorontalo dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel