10+ Budaya Lampung dan Contoh Lengkapnya


Lampung berasal dari kata yaitu anjak lambung yang memiliki arti yaitu kata yang terlalu tinggi dan sebuah kaki gunung Pesagi dan dataran tinggi yang berasal dari Sekala brak yaitu lebih tepat dengan Lampung Barat.

Lampung Barat adalah salah satu tempat yang digunakan sebagai salah satu tempat yang telah melalui asal mula suku Lampung atau Ulun Lampung tersebut. Perlu diketahui bahwa Suku Lampung atau Ulun Lampung merupaka suku Lampung atau Ulun Lampung salah satu puncak tertinggi dari tanah Lampung.

Pada zaman yang semakin canggih dan berkembang membuat kebutuhan untuk memenuhi hidup di daerah Sekala Brak, sudah tidak cukup lagi. Maka dari itu masyarakat yang ada di daerah tersebut semaki hari semakin berkurang dan menjadi meninggalkan Sekala Brak ini. Kemudian masyarakat yang ada di daerah tersebut mulai membentuk desa dan kelompok baru untuk kelangsungan hidupnya sendiri.

Budaya di Lampung


Dalam hal ini ada beberapa kebudayaan yang perlu diketahui di daerah Lampung, antara lain adalah sebagai berikut;

Rumah Adat

Rumah adat yang ada di daerah Lampung dapat disebut juga dengan rumah Sesat.  Rumah sesat ini dapat digunakan sebagai salah satu tempat perkumpulan atau musyawarah dengan masyarakat – masyarakat tinggi antara marga-marga yang lainnya.

Selain itu didalam rumah tersebut ada Jambat Agung atau Lorong Agung yaitu sebuah nama anak tangga, yang ada di dalam rumah Sesat dan digunakan sebagai perlambang marga Lampung. 

Pakaian Adat

Untuk paaian adat yang digunakan oleh laki-laki biasanya menggunakan pakaian adat berupa tutup kepala, baju jas dengan leher yang tertutup, memakai  celana panjang dan memakai kain songket yang telah melingkar di pinggang dan tidak lupa memakai belati yang telah diselipkan didepan perut.

Sedangkan untuk seorang perempuan pakaian adat yang digunakan adalah memakai baju kawai sadaiah dan tidak lupa memakai kain songket, selain itu memakai tutup kepala yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuknya yang lebar, tidak lupa memakai perhiasan. 

Tari-Tarian Daerah Lampung

Ada beberapa jenis tarian yang berasal dari daerah Lamung, salah satunya adalah Tari Jangget. Tari Jangget merupakan salah satu tarian yang digunakan untuk upacara – upacara adat  atau acara  cara tertentu.

Tari Jangget adalah salah sau tariradisisonal yang berasal dari daerah Lampung  yang melambangkan tentang keluhuran, budi pekerti dan susila atau kesopanan yang di rasakan oleh masyarakat Lampung. 

Senjata Tradisional Terapang 

Ada  beberapa jenis Senjata tradisional Lampung diantaranya adalah Terapang atau Tekhapang. Perlu diketahui bahwa Terapang adalah sebuah keris yang sering digunakan oleh masyarakat golongan bangsawan biasanya digunakann untuk menjaga dirinya darisrangan musuh.

Namun untuk saat ini Terapang sering digunakan sebagai dalam sebuah ritual ada yang digunakan sebagai pelengkap dari pakaian adat laki-laki Lampung.  

Senjata Tradisional Payan 

Senjata Tradisional Payan adalah salah satu senjata tradisional yang berasal dari daerah Lampung. Senjata ini adalah salah satu senjata Peninggalan arkeologis yang ada di sebuah situs purbakala Pugung Raharjo dan dan situs peninggalan Islam Benteng Sari yang digunakan sejak zaman dahulu sampai saat ini.

Senjata Payan merupakan sebuah senjata yang hampir sama dengan tombak yang memiliki sebuah gagang dengan ukuran panjang 150 sampai dengan 180 cm. Mata tombak dari senjata ini adalah terbuat dari besi yang lancip diujungnnya.

Senjata Tradisional Badik

Senjata tradisional yang beasal dari daerah Lamung adalah Senjata Badik. Senjata Badik adalh salah satu senjata yang telah digunakan oleh masyarakat Lampung untuk melindungi diri, baik dari serangan musuh maupun serangan binatang buas.

Senjata Badik adalah salah satu senjata yang digunakan setiap harinya oleh masyarakat lampung.   Pada zaman sekarang ini tari Bandik ini sring diselipkan dipingang masyarakat lampung. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh badan arkeologi bahwa senjata ini telah mulai dikenal oleh masyarakat Lampung dari kebudayaan yang ad di masyarakat Bugis yang pada zaman dahulu pernah merantau ke Lampung.

Senjata ini hampir mirip dengan senjata tradisional yang berasal dari daerah Bugi dan memiliki fungsi serta keguunaan yang sama. 

Senjata Tradisional Candung

Salah satu Senjata tradisional yang digunakan oleh masyarakat lampung adalah senjata Tradisional Candung. Senjata candung merupakan sebuah senjata yang digunakan sebgai salah satu senjata yang digunakan sebagai salah satu perabotan rumah tangga yang digunakan sebagai tempat makan saat berladang, selain itu juga untuk tempat bekerja di dapur, maupun untuk melindungi diri ketika tengah berada di hutan.

Senjata Candung adalah salah atu senjata yang hampir sama dengan sebuah golok yang panjangnya \ sekitar 30 sampai dengan 50 cm. senjata ini terbuat dari baja atau logam. Selain itu gagangnya terbuat dari sebuah kayu yang kuat. Perlu diketahui bahwa senjata Candung ii dibedakn menjadi tiga jenis, saah satunya adalah Candung rampak alu, candung kawik dan candung lancip. 

Bahasa Lampung

Dalam penggunaan Bahasa Lampung ini telah terbagi menjadi beberapa dialek nyo dan dialek api. Dari pengertian para ahli  bahasa Lampung ini menggunakan bahasa umum dan menggunakan bahasa cewo Lampung, selain itu dalam penggunaan bahasa lampung masih dapat dibagi menjadi dua dialek, yaitu dialek Lampung Belalau dan juga dialek Lampung Abung dari masing-masing dialek ini dapat dibedakan menjadi atas seebuah dasar dalam pengucapan a dan juga o.

Dalam penggunaan Dialek Lampung Belalau atau dialek a dapat terbagi atas berbagai jenis dialek salah satunya adalah, yaitu Jelma Doya atau Sungkai, dalam Pemanggilan Peminggir, selain itu Melinting Peminggir, dan Pubian. Dalam Dialek Lampung Abung atau dialek o dapat terbagi didalam atas dua dalam beberapa dialek, yaitu dialek Abung dan juga dialek Tulang bawang.

Didalam suku lampung Orang Lampung memiliki beberapa aksara yang dapat disebut juga dengan Surat Lampung atau huruf Lampung, atau dalam surat lampung ini sama dengan tulisan kuno orang Rejang, atau Serawai, dan juga Pasemah.

Dalam sebuah Abjad yang digunakan sepertinya telah berfokus kepada sebuah huruf Dewa Nagari yang berasal dari sebuah bahasa yaitu sebuah bahasa  Sanskerta atau bahasa – bahasa yang sangat khas. 

Tradisi Suku Lampung

Dalam sebuah Tradisi yaitu dalam adat sebuah Upacara Pernikahan. Dalam sebuah Perkawinan ini terbagi menjadi dalam sebuah beberapa dua jenis perkawinan diantaranya adalah perkawinan Djujor. Perkawinan Djujor merupakan sebuah dalam proses muli yang  telah dimiliki oleh sang Mekhanai agar mau menjadi seorang istri.

Maka dari itu untuk seorang laki-laki harus mau membayar berupa uang kepada sang ahli yaitu si muli tersebut. Dalam suku lampung ini permintaan sang muli kepada sang mekhanai dapat disebut juga dengan Kiluan. Dalam pembayaran kiluan ini juga harus dapat di bayar oleh sang Mekhanai.

Dalam hal ini, yaitu pada zaman dahulu laki – laki haru bertempat tinggal di tempat sang perempuan sampai waktu yang tidak di tentukan. Namun untuk saat ini apabila kedua mempelai sepakat untuk bertempat tinggal di tempat yang lain, maka di perbolehkan untuk dapat bertempat tinggal di tempat tersebut. 

Suku Lampung

Dalam sebuah etnis atau suku lampung ini dapat juga disebut dengan sebutan yaitu Ulun Lampung. Dalam sebuah suku lampung tersebut secara tradisional menempatkan pada letak geografi yaitu sebuah suku yang telah menempatkan posisi suku terhadap sebuah provinsi yang telah ditempatinya tersebut.

Salah satunya adalah sebuah provinsi yang ada di daerah Sumatera Selatan yaitu dalam bagian selatan dan pada bagian Sumatera tengah yaitu yang telah menempati daerah Martapura, Muaradua di Komering Ulu, Kayu Agung, Tanjung Raja di Komering Ilir

Itulah tadi informasi yang dapat diberikan terkait dengan nama dan jenis budaya di Lampung. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan informasi serta wawasan mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Lampung dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel