10+ Budaya Minangkabau dan Contoh Lengkapnya


Minangkabau adalah sebuah daerah yang berasal dari kata minang dan kabau. Perlu diketahui bahwa kata tersebut adalah sebuah wilayah yang  berkaitan dengan beberapa legenda. Salah satunya adalah legenda tambo. Legenda tambo adalah sebuah legenda yang dimana pada zaman dahulu ada sebuah keajaan asing yaitu kerajaan majapahit yang telah mengalami kemenangann saat masa peperangan.

Karena hal tersebutlah membuat masyarakat menjadi lebih termotifasi untuk memberi nama daerah tersebut dengan sebutan daerah Minang Kabau atau Menang Kerbau. Pada Tahun 1365 pada masa kerajaan majapahit tlah memberikan seuah nama aerah tersebut, daerah Minangkabau adalah sebuah daerah yang sudah mampu di kalahkan.

Namun kata Minang ini juga dapat dilihat dari sisi yang lain, kata minang dapat juga disebut sebagai sebuah kerajaan Minanga yag disebut juga sebbagai sebuah Prasasti Kedukan Bukit.

Minangkabau


Di daerah Minangkaba ini juga terdapat sebuah Sungai yang disebut juga sebagai Sungai Kembar. Dikatakan sungai kembar Sungai kembar,karena di dalam sungai tersebut terdapat dua pertemuan diantara dua sumber alian sungai Kampar tersebut.

Di antaranya adalah sungai Kampar kiri dan sungai Kampar kanan. Hal ini dapat terjadi karea hasil penelitian yang telah di lakukan oleh para ahli bahwa sungai tersebut sebenarya tidak dapat menemukan titik temu. Karena hal tersebut hanya dapat d temukan dalam sbuah prasasti zaman dahulu yaitu zaman prasasti eninggalan zaman prasejarah Sriwijaya.

Perlu diketahui bahawa daerah atau kepulauan Sumatera barat adalah salah satu kepulauan yang salah satu penduduknya adalah berasal dari masyaakat minang. Sehingga daa hal ini masih banya tradisi minang yang digunakan oleh masyarakat yangada di daera tersebut. 

Budaya Minangkabau


Berikut ini adalah kebudayaan yang di lakukan oleh orang minang diantaranya adalah sebagai berikut:


Batagak Penghulu

Salah satu kebudayaan yang ada di daerah tersebut adalah kebudayaan Batagak Penghulu. Tradisi ini adalah sebuah tradisi yang sua ada sjak zaman dahulu sampai sekarang masih terus berkembang. Apalagi masyarakat minang kabau adalah slah satu masyaraka ang sangat memelihara dan menjaga kebudayaan yang ada.

Di darah ini biasanya hidup dalam sebuah suku dan agama yan bebeda. Sehingga daam sebuah suku tersebut biasanya terdapat penghulu atau Datau. Tradisi batagak pangulu merupakan sebuah tradisi yang sangat berkesan bagi masyarakat yang berada di daerah Minangkabau. Dalam acara ini biasanya di lakan dengan menyembelih hewan yaitu Kerbau dan melaksanakan sebuah pesta hampir satu minggu.

Batagak Kudo-kudo

Batagak kudo-kudo merupakan sebuah tradisi yang ada di daerah Minangkabau, tradisi ini adalah tradisi yang dilakukan pada saat sedang dalam pembuatan rumah. Didaerah Minagkabau ini apabila ada yang membuat rumah maka akan di adakan sebuah tradisi ini.

Tradisi atau upacara tersebut dilaksanakan pada saat sebelum pembuatan rumah tersebut d pasang sebuah kuda-kuda. Biasanya acara ini akan dihadiri oleh masayarakat yang berada di sekitar rumah tersebut dan keluarga.

Dan dalam tradisi ini nanti baik dari keluarga atau dari tetangga akan memberikan sebuah kado berupa peralatan dalam pembuatan bangunan tesebut. 

Makan Bajamba

Tradisi ini adalah sebuah tradisi yang ada di daerah Minang Kabau, salah satunya adalah taradisi Makan Bajamba. Tradisi ini sampa saat ini masih terus dilestarikan dan bekembang di kalangan masyarakat Minangkabau tesebut. Acara ini  biasanya dilakukan pada saat hari besar Islam, upacara adat, Syukuran dan upacara penting lainnya.

Makan bajamba merupakan sebuah tradisi turun temurun yang ada di daerah Minang Kabau, sudah ada sejak abad ke 7. Maka dari itu  tidak heran jika tradisi ini sering d lakukan berdasarkan syariat isam yang sudah ada. Agar tidak bertentangan dan berjalan lancer sesuai dengan rencana yang ada. 

Balimau

Trdisi Balimau adaah sebuah tradisi yang ada atau dibuat sebelum datangnya bulan suci Ramadhan. Tadisi ii adalah sebuah tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu dan sampai saat ini masih trus dilestarikan.

Tradisi Balimau meupakan sebuah tradisi mandi atau membersihkan diri pada saat sebelum dating bulan suci ramadhan. Selain itu juga kata Belimau dapat diartikan sebagai salah satu cara mensucikan diri dan batin dan saling memaafkan antar orang lain.

Pacu Jawi

Pacu Jawi merupakan sebuah tradisi yang berada di daerah Minang Kabau. Tradisi ini adalah sebuah tradisi yang di lombakan oleh masyarakat Minang Kabau. Biasanya tradisi ini akan dperlombakan di daerah tanah yang datar. Kata Pacu Jawi ini merupakan sebuah kata yang disebut juga dengan kata Pacu Sapi.

Tradisi ini diadakan oleh masyarakat Minang Kabau setiap tahun di daerah tanah yang datar. Di adakan seama empat minggu di empat tempat yang berbeda-beda. Acara ini biasanya dilaksanakan oleh masyarakat Minangkabau pada saat setelah musim panen selesai 

Pacu Itiak

Tradisi ini adalah sebuah tradisi yang ada di daerah Minangkabau yang dimulai sejak tahun 1928. Tradisi ini adalah sebuah tradsi yang diselenggarakan oleh anak-anak yang berasal dari daerah Minangkabau. Acara yang diselenggarakan yaitu pacu jawi. Pacu itiak. Dan yang membuat hal ini unk adalah sebuah tradisi ini hanya ada di daerah Minangkabau dan satu satuna di dunia.

Tabuik

Salah satu tradisi yang ada di daerah Minang kabau adalah Tabuik. Tabuik ini merupakan sebuah tradisi yang memilki kesan tersendiri bgi masyarakat minang.  Tradisi Tabuik adalah sebuah tradisi yang berada di daerah Sumatera Barat. Tradisi tabuik adalah sebuah tradisi yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharam dan diadakan setiap satu tahun sekali.

Kata Tabuik adalah sebuah kata atau pepetah yang berkata “pariaman tadanga langang, batabuik mangkonyo rami “. Yang memiliki   Arti yaitu pariman terdengar sepi, Namun pada saat diadakan sebuah acara Tabuik akan tercipta sebuah keramaian yang ada di daeah tersebut.

Pada saat ada acara tersebut amaka mayarakat minang kaba akan bersama-sama kedaerah pariaman untuk mengikuti ata bergabung didalam acara tersebut.

Upacara turun mandi

Salah satu tradisi yang ada di daerah tersebut adalah tadisi atau Upacara turun mandi,  upacara tesebut adalah sebah upacara yang dilakukan untuk memperingati kelahiran dari seorang anak. Acara ini dilaksanakan dengn tujan untuk ucapan rasa syukur atas kelhiran dari seorang anak tersebut karena telah lahir didunia dan memperkenlkan anak tersebut kepada masyarakat sekitar. 

Berziarah ke Makam Keluarga

Berziarah ke makam keluarga merupakan tradisi yang wajib bagi masyaakat Minang kabau. Hal ini biasanya dilaksanakan seiap satu tahun sekaliata boleh juga lebih paa saat sebelm bulan suci ramadhan. Namn tradisi seprti ini bukan hanya dilaksanaan oleh masyarakat Minang Sja, namun seluruh Indonesi sudah pasti melaksanakan tradsi ini.

Tujuan di laksanakan takziah ini adalah agar mendakan kerabat yang telah meninggal dunia tesebut. Biasanya dalam berkunjung ke makan kerabat tersebut, membaa bunga, airserta membacakan suah yasin. Maka dari itu dengan adanya sebuah tradisi ini akan tercipta silaturami antara keluarga dan kerabat, karena berkumpul kembali untuk mendoakan bersama-sama.

Maka dari itu tdak hern jika tradisi ini sampai sekarang masih terus berkembang, karena tradisi ini memang patut unuk di jadikan contoh.  

Goro atau Gotong royong membersihkan masjid

Masyarakatnya Minangkabau merupakan masyarakat yang mayoritas orangnya adalah orang – orang islam. Pada saat menyambut bulan suci ramadhan masyarakat yang ada di daerah in bergotong  royong membersihkan masjid dan lngkngan ang ada di sekitar masjid.

Walaaupun biasanya yang membersihkan masjid ini adaah seorang marbot namun untuk kali ini, pada bulan suci raan ini semuanya memersihkan masjid yaitu masyaakat yang ada di lingkungan daerah tersebut. Kemudian setelah selesai membersihkan masjid barulah bersama smakan makan agar tetap terjalin sebuah silaturahmi yang baik.

Itulah tadi serangkain tulisan serta pembahasan yang dapat diberikan terkait dengan informasi beragam contoh kebudayaan di Minangkabau. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Minangkabau dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel