10+ Budaya Thailand dan Contoh Lengkapnya


Kebudayaan yang ada di daerah Thailand merupakan sebuah kebiasaan yang beraneka macam jenis. Di daerah Thailand terdapat hari modern yaitu diaman hari dimana gabungan antara kepercayaan budaya dan karakteristik asli yang ada di daerah Thailand ini.

Budaya di Thailand


Berikut ini setidaknya adalah sekitar sepuluh kebudayaan yang ada di Thailand diantaranya;

Karya Seni

Thailand adalah salah satu kebudayaan yang telah memiliki berbagai karya seni yang sangat menarik yang berasal dari daerah masyarakat Budha.

Gaya yang khas dari daerah ini menjadi ciri tersendiri dari karya seni yang ada di daerah ini. Karya seni yang telah di hasilkan oleh masyarakat Thailand adalah sebuah karya seni yang memiliki arsitektur yang khas, seperti arsitektur Khmer. Seni kontemporer Thailand.  

Agama

Di daerah Thailand ini adalah salah satu daerah dengan hampir 95 % menganut agama Buddha. Sedangkan untuk agama Islam yang dianutnya adalah sebesar 4,6 %. Agama Kristen sebesar 0,7 % dan masih banyak agama budha, agama Buddha Mahayana, dan agama-agama yang lain.

Olahraga

Masyarakat Thailand adalah salah satu masyarakat yang memiiki beraneka maam jenis kebudayaan dan tradisi. Salah satunya adalah olahraga yang ada di daerah Thailand. Sepak bola, Asosiasi bola, olahaga ini addalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh masyarakat Thailand.

Selain sepak bola juga ada olahraga takraw, olahraga ini adalah salah satu olahraga yang hampir sama dengan voli namun cara bermainnya menggunakan kaki dan bola yang digunakan buat maen terbuat dari Rotan. 

Pernikahan

Di daerah Thailand adalah salah satu daerah yang memiliki sebuah tradisi atau kegiatan dalam upacara yang dilakukan, salah satunya adalah dalam Upacara pernikahan.

Upacara pernikahan yang di lakukan oleh masyarakat Thailand khususnya masyarakat Buddhis diantaranya adalah dibagi menjadi dua bagian yaitu sebuah komponen Buddhis, yang meliputi pembacaan doa dan persembahan makanan dan hadiah lain untuk para bhikkhu dan gambar Buddha, dan komponen non-Buddhis berakar pada tradisi rakyat, yang berpusat pada keluarga pasangan. 

Kebiasaan Masyarakat Thailand 

Kebiasaan tradisional yang di lakukan oleh masyarakat yang ada di daerah  Thailand adalah hidup dengan berkumpul, pada zaman dahulu masyarakat Thailand adalah salah satu masyarakat yang hidup dengan tradisional, namun seiring dengan berkembngnya zaman, masyarakat yang ada di daerah ini menyesuaikan diri dan hidup dengan modern sampai saat ini.

Sehingga tidak heran jika masyaakat thaiand  hidup dengan rukun damai dan saling toleransi di antara satu dengan yang lainnya. 

Pemakaman

Proses pemakaman yang dilakukan oleh masyarakat Thailand adalah larangan untuk menangis pada saat pemakaman tersebut. Menurut masyarakat Thailand dengan menangis maka orang yang telah meninggal itu akan sedih dan tidak tenang dalam peristirahatannya. Hal ini lah yang memubuat maasyarakat Thailand menjadi slah satu hal yang seperti membaca kitab budha agar tidak menangis di dalam proses pemakaman.

Selain itu juga kitab budha ini nantinya dapat di cetak dengan foto almarhum yang telah meninggal dunia. Slain itu juga nantinya keluarga kerabat akan memeberikan sbuah hadiah – hadiah yang nantinya akan diberikan kepada kuil-kuil setempat.

Selain itu juga nantiya kerbat dari orang yang telah mninggal tersebut akan memebrikan atau mengundang bhikkhu untuk menyanyikan doa-doa yang telah di tentukan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan manfaat kepada orang lain yang elah mninggal tersebut, dan di lakukan dengan tujun memberikan perlindungan terhadap kemungkinan akan meningga dan berubah menjdi sebuah roh jahat yang tidaak akan baik untuk dirinya tersebut.

Kemudin nantnya kerabat akan menaruh fto yang sudah meninggal tersebut ke samping peti pada hari baik yang telah di tentukan. 

Liburan

Liburan yang biasanya di akukan oleh masyarakat Thailand adalah liburan yang biasa di lakukan pada saat tahun baru atau pada saat haari – hari baik tertentu masyarakat Thailand juga sering menyebutnya dengan Songkaran.

Hari-hari baik ini setiap tahun akan di laksanakan dan di rayakan oleh masyarakat Thailand. Kegiatan yang dilkukan oleh masyarakat Thailand ini dilakukan pasti berteatan dengan musim kemarau yang ada di daerah Thailand. Kegiatan ini di lakukan dengan melempar air riuh. Air riuh adalah sebuah Air yang dilakukan dengan melempar, mencuci gambar budha dan percikan air wangi yang berasal dari tangan kedua orang tua.

Dalam hal ini juga menggunakan bedak kecil yang wangi untuk membersihkan tahun ini, tradisi dan kebudayaan ini semakin tahun aan semakin berkembang bahkan air yang digunakan saat ini berasal dari air selang arel, pistol air, tekanan tinggi tabung dan jumlah berlebihan bubuk bukan berasal dari ir biasa lagi.

Namun di daerah ini yaitu di Thailand Liburan Loi Krathong adalah salah stu liburan yang poaling wajib di lakukan setiapo tahunnya di Thailand. 

Pakaian Adat Thailand

Pakaian adat yang di lakukan oleh masarakat Thailand ini memang sangat beragam. Namun dalam hal ini agama yang di lakukan oleh masyarakat Thailad sesuai dengan agama Budha. Agama ini sangat berpengaruh di daerah ini, hal ini daopat dilihat dengan adanya kuil –kuil yang berada di daerah Thailand kurang lebih terdapoat 5000 buah kuil yang ada di Thailand.

Melalui sebuah  sami-sami tersebut masyarkat  Thailand sudah mulai mengenal dan berhubungan dengan adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di daerah Thailand.pakaian adat yang berasal dari daerah Thailand seperti pakaian Panong.

Pakaian panong adalah pakaian se hal ini sudah sangat terlihat dari poakaian adat yang ada di daerah Thailnd. Masyarakat Thailand menggunakan helaian kain yang dililit di bagian bawah badan dan kemudian di letakkan di bagian celah kaki. Laki-laki dan perempuan yang ada di Thailand juga menggunkan pakaian adat ini.

Pengurbanan Anak Kecil

Dari poenelitian yang telah di lakukan bahwa mkegiatan ini masih di lakukan oleh masyarakat Thailand yang dilakukan oeh para politikus-politikus dan orang-orang kaya yang memang masih poercaya dengan tradisi poada zaman dahulu.

Hal ini adalah sesuatu hal yang telah di larang dan tidak boleh di lakukan namun masih ada beberapoa yang melakukan tradisi ini. Masyaraka Thailand masih melakukan hal ini karena memang krangnya undang-undang yang berlaku di daerah ini. Hal ini memang bukan suatu hal yang biasa namun kegiatan ini sudah menjadi tradisi yang di lakukan di daerah tersebut.

Namun bukan hanya itu saja masyarakat yang ada di daerah Thailand tetap hiduo rukun dan damai dan masih mengedeponkan tholeransi yang kuat anatara masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya 

Timiti

Di daerah Thailand adalah salah satu darah yang memiliki beraneka macam jenis kebudayaan dianataranya terdapat tradisi Timiti. Tradisi Timiti adalah salah satu tradisi atau biasa di sebut juga dengan ritual yang dilakukan dengan masyarakat, yaitu dengan cara berjalan di atas api.

Kegiatan ini  adalah sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan oada saat festival Hindu yang berasal dari daerah Tamil Nadu dan India Selatan. Hal  ini adalah salah satu tradisi atau ritual yang di lakukan dengan mencuci sebelum masuk kedalam api.

Tradisi ini adalah berjalan di atas api tanpa alas kaki. Tradisi ini dilakukan karena masyarakat Thailand ercaya bahwa dengan berjalan di atas apai maka akan terhindar dari najis dan melwan kejahatan yang ada.

Maka dari laki-laki yang akan berjalan di atas kaki berarti  menunjukkan bahwa diinya adalah laki –laki yang kuat bukan hanya itu saja laki-laki tersebut adalah laki-laki yang memiliki keinginan kuat untuk menghilangkan najis. 

Nah, itulah tadi informasi yang dapat diberikan terkait dengan nama dan jenis-jenis budaya di negara thailand. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan edukasi bagi segenap pembaca yang sedang mencarinya. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Thailand dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel