10+ Budaya Madura dan Contoh Lengkapnya

Pulau Madura seperti mirip dengan badan sapi, pulau Madura ini terdiri dari empat Kabupaten diantaranya adalah Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Pulau Madura adalah salah satu Pulau yang di tempati oleh masyarakat Madura jumlah masyarakat yang mediami tempat ini sekitar 20 juta jiwa. Mereka berasal dari pulau Madura dan luar pulau Madura. Seperti Gili Raja, Sapudi, Raas, dan Kangean.

Selain itu banyak juga masyarakat yang berasal asli dari Madura namun bertempat tinggal di daerah Jwa Timur yang memang bias disebut dengan wilayah Tapal Kuda, dari Pasuruan sampai utara Banyuwangi. Masayarakat Madura yang ada di darah Situbondo, Bondowoso dan Proolinggo, sangat jarang dapat menggunakan Bahasa Jawa yang ada masyarakat tersebut masih menggunakan bahasa asli Madura.

Budaya Madura


Masyarakat madura sendiri memiliki beberapa ciri, salah satunya adalah dalam cara berbahasa dengan menggunakan bahasa yang frontal, hebat disiplin, dan juga bekerja keras. Selain itu masyarakat Madura adalah sangatmengedepankan Harga diri seorang. Sehingga dalam hal ini membuat masyarakat Madura dapat dilihat bahwa orangtersebut adalah orang Madura dengan cara bicara dan ciri yang ditunjukkan tersebut.

Selain itu Suku Madura merupakan sebuah suku yangmenempati kepuluan Madura dan pulau kecil yang berada di kepulauan Madura tersebut. Kepulauan Madura adalah sebuah kepulauan yang berasal dari wilayah Jawa Timur. Perlu diketahui bahwa kepulauan Madura berada di ujung utara wilayah Jawa Timur. Pulau Madura dan Pulau Jawa, hal ini dapat terjadi karena adanya jalan tol yang menghubungkan. Yaitu dengan adanya jembatan Suramadu. Masyarakat Madura memang paling banyak berada di Indoonesia. 

Nama Kebudayaan Madura


Berikut ini 10 kebudayaan yang ada di kepulauan Madura adalah sebagai berikut:

Pesa’an

Pesa’an merupakan sebuah nama yang digunakan untuk menyebut pakaian adat yang ada di dalam suku Madura tersebut. Dalam hal ini Pesa’an merupakan sebuah pakaian yang terdiri dari kaos dengan kain yang memiiki garis-garis bermitif dan memilki warna yang putih serta merah. Selain itu untuk celana  yang dipakai adalah celana yang longgar dengan warna hitam. Selain iu unuk perhiasannya memakai ikat kepala yang biasanya disebut juga sebagai Odeng dan tidak lupa memakai senjata clrit yang telah di slempangkan.

Selain itu juga ada pakaian yang digunakan untuk wanitanya hampir sama dengan pakaian yang digunakan oleh asyarakat dengan suku Jawa dengan memakai atasan kebaya dan memkai bawahan kain yaitu kain Jarik. Pada zaman dahulu kain ini dapat juga digunakan oleh seorang guru agama yang sering disebut juga sebagai Molang. 

Clurit

Selain itu di daerah suku Madura ini juga memilki senjata Tradisional yang biasa diebut juga dengan Clurit. Dalam hal ini lurit juga hampir sama dengan senjata tradisional yang dimilki oleh masyarakat dengan suku Jawa yaitu arit. Arit ini biasanya dapat dignakan oleh masyarakat jawa untuk bertani an untu mencari rumput di sawah atau lading.

Namun selain itu Clurit dan arit juga memilki perbedaan diantaranya adalah lebih ramping, dan memilki lingkar engkungnya yang lebih tipis disbanding dengan yang lainnya. Selain itu Clurit ini memiliki sebuah gagang yang dapat dapat digunakan sebagai gagang yang terbuat dari kayu atau besi tipis.

Masyarakat Madura memang sudah tidak dapat lepas dari sebuah legenda yang berasal dari Pak Sakera. Yang pada zaman dahulu, pak Sakera adalah seorang tukang keun yang selal membawa Clurit tersebut. 

Saronen

Saronen merupakan sebuah alat music tradisional yang sangat khas yang berasal dai daerah Suku Madura tersebu. Dalam hal ini Saronen adalah sebuah alat yang memiliki bentuk kerucut dengn bentuk yang memanjang dan hampir mirip seperti terompet.

Cara memainkan alat kesenian ini adalah dengan di tiup seperti memainkan terompet. Pada aman dahulu Alat music tradisional seronen ini dapat disebut juga sebagai Sennenan yang memiliki arti yaitu adalah hari senin. Alat music ini biasanya di mainkan dengan alat kesenian reog ponorogo.

Keraban Sapi

Keraban Sapeh atau biasa disebut juga dengan karapan sapi merupakan sebuah kebudayaan yang sampai saat ini asih terus popular dan berkembang. Daam hal ini tradisi ini adalah sebuah tradisi yang asih melekat sampai saat ini, yitu sebuah perlombaan dengan menggunakan gerobak dan di tarik dengan menggunakan dua ekor sapid an satu nahkoda yang mengendalikan sapi-sapi tersebut.

Kemudian tempat yang digunakan adalah biasanya di sawah karena perlombaan ini sekaligus dignakan untuk membajaksawah yang akan I tanmi oleh padi atau tanaman yang lainnya. Namu sampai saat ini tradisi ini masih terus berkembang dan di lestaika oleh masyarakat yang ada di daeah Madura. 

Bhubu’an

Tradisi bhubu’an merupakan sebuah tradisi yang masih terus beembang dan dilestarikan sampai saat ini. Perlu dikeahui bahwa daerah Madura adalah sebuah daerah yang berasal dari daerah Bangkalan. Tradisi bhubu’an merupakan sebuah tradisi yang telah memberi kado pada saat terjadi sebuah acara pernikahan. Sejak zaman dahulu bhubu’an adalah sebuah makanan yang dapat juga berupa bahan pangan dan sembako.

Namun seiring dengan berkemangnya zaman yang ada para tamu lebih menyukai membawa uang yang nantinya akan di kasih dengan sang penerima tamu. Dan akan mencatat nama dan besaran uang yang elah diberikan tersebut.

Hal ini di lakuka dengan Tujuan agar yang pembuat haja memiliki nama-nama tau arsip dari beesaran kado atau uang yang telah diberikan yang nantinya dapat di kembalikan lagi. 

Carok

Dalam makna kebudayaan yang ada di daerah Madura kata Carok itu berarti perkelahian. Dalam al ini adalah sebuahtaradisi yang di lestarikan oleh masyarakat Madura yang digunakandengan menggunaakan Clurit.

Perkelahian yang dilakukan oleh dua orang ini adalah sebuah perkelahian dengan dua orang kerabat atau keluarga besar dengan menggunakan alat tradisional ini, yitu clurite tersebut. Terjadi sebuah perkelahian anatara satu denan yang lainnya bisanya di seabkan karena harga diri yangtelh disinggung atau beruungan dengan keluarga tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa biasanya pekelahian ini dapat terjaadi kerena merebutkan seorang perempuan. 

Mondok

Dalam hal ini tradisi yang ada di daerah Madura salah satunya adalah Mondok. Masyarakat Madura adalah salah satu masyarakat yang menganutagama yang sangat kuat.

Sehingga tidak heran jika masyarakat Madura ini terkenal dengan sebuah derahyang banyak memiliki sebuah pesantren atau banyak kiyai di daerah tersebut. Di daerah tesebut kurang lebih terdapat sekitar 200 pondok pesantren. 

Haji sebagai Tujuan Hidup

Orang suku Madura sangat terkenal dengan kerja keras dan keteguhannya dalam memegang nilai-nilai Islam. Tujuan utama masyarakat Madura bekerja kerasadalah agar dirinya dapat naik haji. Selain untuk memenuhi ruun slam dan pelengkap dari agama islam, ibadah haji juga digunakan oleh masyarakatnya untuk menentukan kasta seseorangtersebutt.

Sehingga paa saatnya nanti setelah pulang daripergi haji maka sebutannama untuk orang tersebt akan berubah menjadi abah untuk yang laki-laki dan sebutan umi untuk perempuan. 

Bahasa Madura

Dalam segi bahasa. Bahasa yang digunakan oleh masayarakat Madura adalah memiliki ciri khas yang berbeda dan sangat unik. Bahkan karena kunikan dari cara bicara orang Madura masyarakat yang berasal dari luar Madura ingn memepelajari bahasa tesebut. 

Pakaian Adat Madura

Pakaian adat masyarakat Madura merupakan salah satu pakaian yang di miliki oleh masyarakat Madura. Basanya untuk seoang pria pakaian yang digunakan adalah dengan menggunakan sebuah aksesors berupa penutup kepala dan menggunakan kain berupa kain jas, dan untuk perempaannya memakai kebaya dan kain bermotif di bawahnya.

Sehingga seorang pria tersebut akan terlhat lebih gagah dan tampan begitu pun untuk seorang wanitanya akan ebih terlihat cantik dan anggun.

Nah, demikianlah tadi artikel yang telah kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan nama-nama Budaya di Madura Provinsi Jawa Timur dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Madura dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel