10+ Budaya Jawa Barat dan Contoh Lengkapnya

Provinsi Jawa Barat adalah alah satu provinsi yang terletak di daerah  Lintang Selatan diantara 5º50`-7º50 dan 104º 48`- 108º 48` Bujur Timur. Luas wilayah yang ada di daerah Jawa Barat adalah kurang lebih seluas 3.710.061,32 hektar didaerah daratan. Masyarakat Jawa Barat adalah salah satu masyarakat yang memiliki nilai-nilai agamis yang masih sangat kental dengan makna kebudayaan warisan yang tinggi.

Masyarakat Jawa Barat juga adalah salah satu masyarakat yang memiliki nilai filsafat dan sopan santun yang baik.

Jawa Barat


Masyarakat Jawa Barat adalah salah satu masyarakat yang saling berbagi ilmu pengettahuan dan saling pedui antara masyarakat satu dengan yang lainnya. Perlu diketahui bahwa kebudayaan yang ada di daerah Jawa Barat ini telah di pengaruhi oleh empat sumber, diantaranya adalah Hindu atau Budha, Islam, Jawa dan terdapat beberapa yang berasal dari kebudayaan Barat.

Kebudayaan tersebut akan terlihat saat terjadi sebuah upacara-upacara yang masih dilestarikan sampai saat ini. Selain itu juga masyarakat Jawa Barat adalah salah satu masyarakat yang masih terus menjaga kebudayaan serta adat istiadat yang ada di daerah tersebut.

Budaya Jawa Barat dan Contohnya


Berikut ini adalah jenis-jenis kebudayaan lokal yang ada di daerah Jawa Barat, antara lain adalah sebagai berikut;  

Pakaian Adat atau Khas Jawa Barat

Masyarakat yang ada di daerah Jawa Barat adalah salah satu masyarakat yang rata-rata terdapat Suku sunda didalamnya. Pakaian yang sering digunakan pada saat acara-acara tertentu adalah sebuah kebaya.

Namun sebenarnya kebaya untuk saat ini bukan hanya sekedar pakaian yang berasal dari daerah Jawa Barat saja namun sering digunakan oleh masyaraat-masyaraat yang lainnya. 

Kesenian Khas Jawa Barat

Di daerah Jawa Barat adalah salah satu masyarakat yang memiliki beraneka macam jenis kebudayaan salah satunya adalah Wayang Golek. Kesenian Wayang Golek adalah salah satu kesenian yang sering di tampilkan dengan sebuah cerita yang bersejarah.

Wayang golek ini adalah sebuah boneka yang dimainkan dengan alur cerita yang telh di tentukan. Kemudian juga ada kesenian tari Jaipong.

Kesinian tari ini adalah sebuah kesenian tradisional yang di tampilkan dengan memakai pakaian khas dari daera Jawa Barat yang disebut juga dengan kebaya. Tarian ini juga biasanya diiringi dengan sebuah alat musik tradisional. Merupakan tarian tradisional dari Jawa Barat, yang biasanya menampilkan penari dengan menggunakan pakaian khas Jawa Barat yang disebut kebaya, serta diiringi musik tradisional Jawa Baart yang disebut Musik Jaipong yang biasanya alat music ini dimainkan oleh beberapa orang atau sekelompok orang. 

Rumah Adat

kemudian ada rumah adat khas dari daerah Jawa Barat. Rumah adat yang ada di daerah Jawa Barat ini sering disebut juga sebagai Keraton Kasepuhan. Di dalam rumah tersebut di depannya terdapat pintu gerbang khas daerah Jawa Barat.

Rumah adat ini terdapat empat ruangan di dalamnya, salah satunya adalah Jinem atau pendopo, ruangan ini biasanya digunakan untuk pengawal atau penjaga keselamatan sultan. Kemudian ada ruangan yang disebut juga dengan Pringgodani, ruangan ini digunakan untuk sultan pada saat ingin memberikan sebuah perintah kepada pengawalnya.

Kemudian ada ruangan yang digunakan sebagai tempat menerima tamu istimewa Sultan dan Panembahan dan kemudian ada ruangan yang digunakan sebagai tempat kerja dan istrahat sultan. 

Tari-tarian Jawa Barat

Tari Topeng Kuncaran adalah salah satu tarian yang digunakan untuk menceritakan tentang sebuah dendam kusumat antara seorang raja karena di tolak cintanya. Kemudian ada Tari Merak, tarian ini adalah salah satu jenis tari yang menceritakan tentang kehhidupan seekor burung merak yang sangat Indah.

Senjata Tradisional

Di Jawa Barat memiliki beraneka macam jenis senjata tradisional, namun senjata tradisional yang paling terkenal di daerah Jawa Barat adalah Kujang. Senjata kujang ini memilik beberaa ciri khas, yaitu terdapat 1 sampai 5 buah lubang di dalamnya.

Kemudian untuk sarungnya terbuat dari kain hitam. Selain senjata tersebut juga ada senjata yang lainnya salah satunya adalah keris kirompang, keris kidongkol, golok, bedok, panah bambu, panah kayu dan tombak.

Sisingaan atau biasa disebut dengan  Odong-Odong
Di daerah Jawa Barat ini memiliki beraneka macam jenis kesenian, salah stunya adalah keseniian odong-odong atau masyarakat Jawa Barat sering menyebutnya dengan Sisingan, singa depok, kuda depok, citot, gotong singa. Kesenian ini adalah salah satu kesenian yang ada di daerah Jawa Barat dan merupakan khas atau ciri dari daerah Jawa Barat.

Kesenian Odong-Odong ini muncul karena terdapat sebuah perlawanan dari masyarakat VOC yang dikuasai oleh Belanda pada saat itu. Di dalam odong-odong ini terdapat delapan orang yang bergabung dalam memainkan kesenian ini. 

Kesenian Sunda 

Masyarakat  sunda yang ada di daerah Jawa Barat juga memiliki beberapa kesenian. Salah satunya adalah kesenian tari Jaipong. Kesenian ini adalah salah satu kesenian yang berasal dari daerah Karawang namun dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat yang ada di daerah Bandung. Kemudian barulah tarian ini mulai meluas ke penjuru dunia lewat televisi.

Tari Jaipongan adalah salah satu jenis tari yang telah tergabung kedalam beberapa jenis kesenian salah satunya adalah seperti pencak silat, wayang golek, topeng banjet, ketuk tilu dan lain-lain.. 

Kesenian Tradisional Jawa Barat yaitu Wayang Golek

Kesenian wayang Golek adalah salah satu kesenian khas dari masyarakat Jawa Barat. Wayang Golek ini adalah salah satu jenis wayang yang terbuat dari Kayu. Selain ditampilkan untuk hiburan wayang ini juga sering di tampilkan sebagai salah satu media berdakwah.

Pada saat wayang ini ditampilkan sebagai salah satu media dakwah, maka pesan-pesan yang di sampaikan juga berupa pesan – pesan religi. Namun lain lagi jka untk media hiburan biasanya cerita yang di ambil dari cerita Ramayana dan brahmana. 

Kuda Renggong

Sebenarnya masyarakat yang ada di daerah Sunda adalah salah satu masyarakat yang memiliki beraneka macam jenis kebudayaan. Salah satu kebudayaan dan kesenian yang ada d daerah Jawa Barat adalah Kuda renggong. Kesenian Kuda Renggong adalah sebuah kesenian yang berasal dari daerah Sumedang.

Kuda yang digunakan dalam kesenian ini adalah seekor koda yang telah mendapatkan pelathan khusus dan biasanya telah di tampilakan pada saat acara – acara tertentu. B iasanya kda yang digunakan untuk kesenian iini terlebih dahulu diberi hiasan atau aksesoris dan kemudian akan di arak dengan iringan  musik.

Kesenian ini adalah seb uah kesenian pertnjukkan yang palig di tunggu-tunggu oleh masyarakat yang ada di daerah Jawa Barat. Bahkan kesenian ini adalah salah sat kesenian yang sudah encapai pada tingkat Internasional. 

Kesenian Tradisional Tarawangsa atau Jentreng Tarawangsa 

Kesenian Jenreng Tarawangsa atau Tarawangsa adalah salah satu kesenian yang dianggap makna tradisi di daerah Jawa Barat yang menjadi ciri khusus dari daerah ini.

Kesenian tradisional ini adalah salah satu kesenian yang biasanya di tampilkan pada saat acara syukuran tradisional yang ada di daerah Jawa Barat seperti, Ngaruat, Ngalaksa, Ngarosulkeun, Buku Taun, Panenan atau Pada acara syukuran seperti Pernikahan dan Sunatan. dalam acara syukuran ini biasanya diiringi dengan sebuah alat musik Jentreng yang merupakan ciri khas dari daerah Jawa Barat.

Alat musik tradisional ini adalah sebuah alat musik yang terdapat ciri yang khusus dan biasanya sedikit terdengar lebih mistis. Dalam alat musi ini ada beberapa yang digunakan seperti alat msik Rancakalong atau Sumedang, Tasikmalaya Selatan, Kanekes berasal dari Banten dan Banjaran. Semua alat musik tersebut adalah alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat.  

Demikianlah materi yang dapat kami tuliskan kepada segenap pembaca sekalian terkait dengan macam-macam nama budaya di Provinsi Jawa Barat dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan infomasi. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Jawa Barat dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel