10+ Budaya Maluku dan Contoh Lengkapnya

Suku Maluku merupakan salah satu suku yang berada di kepulauan Indonesia dan merupakan salah satu daerah yang berada di kalangan kelmpok etnis yan berasal dari orang-orang Austronesia apalagi masyarakat yang telah menempati daerah Semenanjung Malaya, Sumatra bagian timur, bagian selatan Thailand, pantai selatan Burma, Pulau Singapura, Borneo pesisir termasuk Brunei, Kalimantan Barat, dan Sarawak dan Sabah pesisir, dan pulau-pulau kecil yang berada di daerah Maluku.

Budaya Maluku

Sebagai penjelasan lebih lanjut, berikut ini adalah jenis-jenis dalam arti kebudayaan yang ada di daerah Maluku antara lain sebagai berikut;

Tradisi Kelahiran 

Daerah Maluku adalah salah satu daerah yang memiliki keaneka ragaman yang khusus. Dalam hal ini apabila  ada seorang bayi yang baru lahir di daerah Maluku, hal ini menjadi sebuah berkah yang sngat luar biasa bagi masyarakat Maluku.

Bahkan mereka juga mempercayai bahwa jika memiliki anak yang banyak maka keberkahan yang ada pada keluarga tersebut juga akan melimpah. Sehingga anak yang baru lahir tersebut dapat menjadi obat hati atau obat capek saat oran tuannya pulang dari mencari rezeki. Sehingga masyarakat yang ada di daerah Maluku sangat bahagia jika ada yang melahirkan.

Tradisi Nikah dan Kawin 

Tradisi dalam budaya lokal yang ada di daerah Maluku yang disebut juga dengan tradisi Nikah dan kawin adalah sebuah tradisi yang bias terjadi karena sebuah sentuhan dan pandangan antara satu dengan yang lainnya. Pandangan tersebut dapat teradi antara anak pemuda laki-laki da nana gadis perempuan.

Maka jika diliat saling cocok maka tidak ada salahnya terjalin sebuah hubungan yang lebih serius yaitu ke dalam sebuah pernikahan.

Namun jika pandangan tersebut terjadi dari seorang orang tua dan kerabat yangmemang seang mencarkan jodoh dan keduya saling cocok maka bukan hal yang mustahil jika di lanjutkan ke dalam jenjang yang leih serius lagi.

Merisik 

Salah satu tradisi yang ada di daerah Maluku adalah Merisik. Mersik merupakan sebuah tradisi antara keluarga atau seseorang yang memang diberi amanah oleh seorang pengantin pria agaencari informasi tentang salah satu kerabat pengantin perempuan tersebut.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pengantin pria tahu bahwa pengantin perepuan tesebut memang telah siap di lamar oleh pengantin pria.

Bahkan tugas dari seorang yang telah diberi amanah tersebut adalah menanyakan berapa mas kawin atau mahar yang di minta oleh pengantin perempuan nantinya, agar pengantin laki-laki dapat mempersiapkannya.

Meminang 

Di daerah Maluku terdapat sebuah tradisi yang di sebut sebagai  Meminang, yang dalam bahasa maluku dapat disebut juga dengan melamar. Acara atau kegiatan inni dapat berjalan setelah mendapatkan kesepakatan bersama tentang hari yang akan di selenggarakan prses melamar ini. Dalam melamar juga ditentukan hari baiik yang tepat untu melamar gadis tersebut.

Kemudian nanti dari calon pengantin priaakan membawa keluarga beserta kerabat untuk mendampingi. Di daerah maluku ini ada beberapa cara untuk meminang atau melamar gadis tersebut yaitu dengan balas pantun.

Selain itu juga dari keuarga calon penganti laki-laki membawa berupa sirih dan paling sedikit 5 buah; terdiri dari tepak pembuka kata, tepak merisik, tepak meminang, tepak ikat janji, tepak bertukar tanda dan terdapat beberapa tepak pengiring.

Berinai 

Sebelum terjadi sebuah pernkahan di daerah Maluku ini terdapat sebuah trdisi yang di sebut juga dengan Berinai. Berinai adalah salah satu kebiasaan yang telah di lakukan pada malam sebelum terjadi sebuah pernikahan.

Seorang pengantin perempuan di anjurkan untk duduk di pelaminan yang kemudian akan terdapat beberapa tradisi-tradisi tertentu, diantaranya adalah yang pertama dengan mengkhatam Al-Qur'an yang dalam al ini di lakukan oleh keluarga terdekat dari pengantin perempuan, kemudian ada tradisi tepung Tawar.

Tradisi Tepuk Tepung Tawar merupakan salah satu tradisi sebuah ritual yang di lakukan oleh raja – raja pada zaman dahulu, kemudian pada saat ini eluarga dan kerabat terdekat menddoakan calon pengantin agar mendapatkan keberkaan di hari-harinya menjadi seorang istri yang dalam doa ini biasanya di pimpin oleh seorang ketua.

Berandam 

Upacara berandam adalah salah satu upacara yang ada di daerah Maluku, upacara ini di lakuakan pada saat eesokn mempelai pria melakukan pernikahan. Tujuan di lakukannya tradisi Berandam ini adalah agar kedua pengantin terhindar dari kotoran yang ada di dalam diri pengantin tersebut.

Sehingga hati yang dimiliki ole pengantin tersebut menjadi bersih dan suci kembali. Dalam hal ini Berandamadalah membersihkan atau mencukur bulu roma yang ada di wajah dan juga tekuk dan membersihkan muka pengantin tersebut.

Akad Nikah

Di daerah Maluku sebelum melakukan sebuah akad Nikah dalam sebuah pernikahan, maka akan di lakukan sebuah tradisi yaitu menentuan tanggal terlebih dahulu. Kemudian barulah calon mempelai pria membawa rombongan ke calon mempelai wanita untuk menikahi perempuan tersebut.

Dalam acara seperti ini biasanya calon pengantin pria memakai pakaian berupa akaian haji yaitu memakai topi haji dan juga jubbah. Kedatangan dari calon laki-laki ini dengan membawa sebuah ms awin dan seserahan berupa barang-barang, serta kue-kue dan buah-buahan. Barulah selanjutnya terjadi sebuah proses akad nikah.

Bersanding

Upacara yang biasanya di lakukan oleh masyarakat Maluku adalah Bersanding. Dalam masyarakat Maluku adalah salah satu acara yang di lakukan dengan mempersilahkan pengantin laki – laki  dan pengantin pria duduk bersandinan di atas tempat duduk pelaminan.

Kedatangan dari seorang pengantin trsebut telah di sambut oleh pengantin perempuan yaitu dengan berbalas pantun. Hal ini adalah Sesutu hal yang memangwajib di lakukan oleh pengantin pria selain itu kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang memang selalu di lestarikandan di kembangkan sampai saat ini.

Tradisi Kematian 

Masyarakat Maluku adalah salah satu masyarakat yang memandang bahwa kematian adalah menuju kealam akhirat sama halnya dengan pandangan dari umat yang beragaa islam. Di daerah melau ada beberapa ciri terdapat orang yang telah meninggal yaitu dengan di bunyikannya tabuh dengan menggunakan gong, ketuk kayu atau masih banyak yang lainnya.

Selain itu juga masyarakat maluku adalah salah satu masyarakat yang memiliki pandangan bahwa akhirat adalah salah satu tempat yang paling abadi atau hakiki.

Mayat yang telah meninggal tersebut kemudian di sucikan sesuai dengan syariat da tuntunan islam yang telah berlaku saat ini, yaitu denganmula-mula dimandikan, kemudian dikafani lalu disembahyangkan. jika semua telah rampung, maka mayat dipersiapkan untuk berangkat menuju kubur.

Tradisi Pakaian Maluku

Tradisi masyarakat yang ada di daerah Maluku adalah sebuah tradisi yang memang sampai saat ii masih teru di lestarikan da di kemangkan, salah satunya adalah pakian adat yang ada di daerah Maluku.

Pakaian adat ini biasnya di pakai atau digunakan sesuai dengan acara yang diselenggarakan.sehingga pada saat  menggunakan pakaian adat ini pun di anjurkan dengan memakai pakaian dengan sesuai penggunaannya.

Yaitu dengan pada saat seteah memakai pakaian adat ini di haruskan meletakkan pakaian tersebut pada tempatnya dan sesuai dengan yang telah digunakan tersebut. Sehingga sampai ada peata yang mengatakan agar selalu menjaga ke aslian dari pakaian adat tersebut.

Dalam memakai pakaian adat juga harus sesuai dengan bagaimana cara memakainya baik itu memakai asesoris atau memakai pakaiannya, karena dalam hal ini memakai pakaian adat ini merpakan suatu ciri bahan masyarakat maluku bangga telah memiliki pakaian adat yang masih tetap terjaga sampai saat ini, selain itu juga dalam memakai pakaian adat harus sesuai dengan sopan santu dan etika dalam mengembalikannya tersebut.

Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkapnya terkait dengan nama dan jenis-jenis Budaya Maluku yang harus diketahui. Semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

0 Response to "10+ Budaya Maluku dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel