10+ Budaya Sulawesi Selatan dan Contoh Lengkapnya

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki beragam suku dan juga makna budaya. Provinsi Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang terletak di 0°12'-8° Lintang Selatan dan pada bagian 116°48' - 122°36' Bujur Timur.

Daerah Sulawesi Selatan ini memiliki luas Kurang lebih adalah wilayahnya 45.764,53 km². Provinsi sulawesi selatan ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat dan Laut Flores di selatan.

Sulawesi Selatan


Di daerah Sulawesi Selatan terdapat sebuah kebiasaan yang sudah popular dikalangan masyarakat Sulawesi Selatan yaitu Mappalili. Mappalili adalah suatu kebiasaan menjaga tanaman agar tidak hancur.

Budaya Sulawesi Selatan


Berikut ini adalah serangkaian nama-nama lingkungan kebudayaan yang ada di daerah Sulawesi Selatan, antara lain adalah sebagai berikut;

Rumah Adat

Di daerah Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka macam kebudayaan, salah satunya adalah Rumah adat, rumah adat ini adalah salah satu  rumah yang memang sudah terkenal sejak zaman dahulu, sehingga tidak heran jika rumah adat ini memiliki ciri khas tersendiri. Rumah adat Istana Sultan Sumbawa adalah salah satu contoh rumah adat yang ada di daerah Sulawesi Selatan.

Rumah adat ini adalah salah satu rumah yang memiliki bangunan bertingkat tiga. Di  dasar rumah tersebut ada sebuah liantai yang biasa digunakan untuk tempat pengawalian. Pada saat kegiatan upacara di laksanakan para pengawal berdiri di tangga sesuai dengan urutan pangkat. 

Seni Tradisional

Kesenian yang ada di daerah Sulawesi Selatan memang sudah sangat popular. Diantaranya adalah Tari Mpaa Lenggog. Jenis tarian tradisional ini adalah sebuah tarian yang di tampilkan untuk memperingati kehadiran Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bukan hanya itu saja namun jenis tari yang popular di daerah Sulawesi Selatan ini memang sudah sangat sering di tampilkan pada saat upacara-upacara perkawinan, acara untuk menyambut tamu, dan masih banyak kegiatan yang lainnya.

Tarian Mpaa Lenggog adalah salah satu jenis tari yang menggambarkan tentang rasa cinta masyarakat Sulawesi Selatan terhadap seoirang putri raja yang telah masuk kedaliam batu. Kemudian raja dan masyarakat memoihoin agar putri raja tersebut dapat keluar dari batu tersebut. 

Senjata Tradisional

Senjata tradisioinal yang memang aslii berasal dari daerah Sulawesi Selatan adalah Keris. Di daerah Sulawesi Selatan ini terdapat beberapa jenis keris yang terkenal, diantaranya adalah keris Sampari dan keris Sondi.

Pada saat berada di daerah Loimbok keris Siondi sering kali disebut juga dengan granti. Keris ini adalah salah satu keris yang terus di jaga keasliannya, karena memang keris ini telah ada sejak zaman leluhur.  

Pakaian Adat

Pakaian Adat yang ada di daerah Sulawesi Selaan ini beraneka ragam. Apalagi untuk pakaian adat yang ada di daerah tersebut hanya di gunakan pada saat acara-acara tertentu. Pakaian adat yang biasanya di gunakan oleh laki-laki adalah biasanya memakai baju dengan ukuran lengan yang panjang, memakai penutup kepaa, memakai kain sarung hanya sebatas dengkul, kain sarung yang digunakan adalah kain sarung yang digunakan dari hasil tenun.

Sedangkan untuk seorang perempuan menggunakan sebuah baju kebaya dengan ukuran yang mmang panjang dan tidak lupa di tambah dengan kain songket. Tidak lupa untuk perempuan memakai hiasan kepala, bunga dikepala, anting anting, kalung bersusun, pending, dan gelang. 

Suku

Di daerah Sulawesi Selatan memiliki beraneka ragam jenis suku dan marga. Suku dan marga ini kemudian pecah di beberapa daerah yang ada di Sulawesi  diantaranya adalah Sulawesi bagian timur dan Sulawesi di bagian Utara. Sulawesi ini terdapat masyarakat yang memang berasal dari daerah Suku Melayu. 

Gelar Seni Pelajar Sulawesi Selatan

Gelar Seni Pelajar yang ada di daerah Sulwesi Selatan sebuah kesenian yang terdapat beberapa pelajar yang mau melibatkan diri kedalam kesenian yang di buat ini, sehingga dapat membuat kesenian ini semakin berkembang sampai saat ini adalah sebuah ajang kesenian yang melibatkan beberapa pelajar yang ada di seluruh wilayah Sulawesi Selatan dapat an.

Di daerah Sulawesi Selatan ini terdapat sbuah Taman Budaya yang bisanya digunakan oleh pelajar untuk tempat belajar dan memberikan sebuah inovasi-inovasi terbaru untuk daerah Sul,awesi Selatan tersebut. Kesenian ini adalah sebuah seni yang biasa di tampilkan setiap satutahun sekali oleh masyarakat yang ada di daerah Sulawesi Selatan. 
  
Apresiasi Film Nasional Sulawesi Selatan

Di daerah Sulawesi Selatan adalah sebua daerah yang memang terdapat sebuah film bioskop yang diseenggarakan secara kelling di masyarakat. Hal ini lah yang menjadi salah satu hiburan trsendiri untuk masyarakat yang ada di daerah ini.

Hal ini perlu adanya apresiasi tersndiri untuk masyarakat Sulawesi Selatan  atas inovasi-inovasi terbarunya yang membuat masyarakat menjadi erhibur. Film yang di tampilkan oleh masyarakat Sulawesi Selatan adalah salah satu film yang mendidik. Film ini juga sering kali di selenggarakan leh masyarakat Sulawesi Selatan Setiap satu bulan sekali. 

Pagelaran Wayang Kulit Sasak

Pagelaran Wayang Kulit Sasak adalah salah satu kesenian yang paling popular di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan. Jenis pagelaran ini adalah menggabungkan antara wayang dan teater yang di gabungkan denan jenis tarian yang ada di sanggar.

Pageloaran ini di loaksanakan dengan tujuan agar masyarakat dapat menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap kesenian yang ada di Indonesia. 

Tambora Menyapa Dunia dan Festival Mbojo

Salah satu  Festival  yang terkenal di daerah sulawesi adalah festival Tambora Menyapa Dunia, festiva ini adaolah saloah satu jenis festival yang di laksanakan oleh masyarakat Sulawesi Selatan setiap tahun sekali. Festival ini ada untuk memperingati 200 tahun meletusnya Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815 lalu.

Festival ini di laksanakan secara besar-besaran I daerah Sulawesi Selatan. Selain itu di daerah Sualawesi Selatan terdapat sebuah festival yaitu festival Mbojo, festivaol ini adalah saolah satu jenis festival yang di laksanakan oloeh anak-anak kecil, Maka dari itu keaneka ragaman budaya dan kesenian yang ada di daerah Sulawesi Selatan harus tetap dilestarikan dan dikembangkan untuk masyarakat yang ada di daerah Sulawesi Selatan tersebut. Karena kebudayaan yang ada di daerah ini adalah salah satu jenis budaya yang ada sejak zaman leluhur. 

Musikalisasi Puisi dan Olah Seni dan Festival Mentara

Di daerah Sulawesi selatan memang sebuah daerah yang memilooiki beraneka macam kesenian, salah satunya adalah seni music, seni teater, dan juga seni rupa. Hal ini membuat beberapa karya seni yang ada di daerah Suawesi Selatan akan semakinn berkembang.

Di daerah Sulawesi selatan ini juga terdapat musikalisasi puisi yang berkembang sampai saat ini, inilah yan membuat bakat yang dimiliki oleh masyarakat Sulawesi Selatan semakin berkembang dengan pesat. Dalam kegiatan tersebut membuatbanyak dari daerah ini adalah salah satu daerah yang memang memili ciri khas tersendiri dalam emainkan sebuah musik sehingga membuat daerah lain menjadi bangga melihat kesenian yangada di daerah Sullawesi Selatan.

Karena hal itu lah, tidak heran jika daerah ini adalah salah satu daerah yang popular di Indonesia. Semua kebudayaan dan kesenian yang ada di daerah Sulawesi Selatan adalah salah satu hal yang harus tetap dilestarian dan dikembangkkan sampai saat ini, karena hal ini membuat masyarakat menjdi semangatdan terus menjaga kebudyaan serta kesenian yang ada di daerah Sulawesi Selatan tersebut.

Daerah Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah yang terdapat beberapa jenis festival yang sampai saat ini masih terus di jaga. 

Nah, itulah tadi serangkaian tulisan yang menginformasikan tentang nama-nama budaya di Sulawesi Selatan beserta dengan contohnya. Semoga melalui artikel ini memberikan pengetahuan mendalam bagi pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Sulawesi Selatan dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel