10+ Budaya Sulawesi Tengah dan Contoh Lengkapnya

Sulawesi Tengah merupakan salah satu kepulauan yangada di Indonesia ang berada di bagian Tengah di kepulauan Sulawesi. Kepulauan Sulawesi Tengah ini memiliki luas kurang lebih adalah 61.841,29 km², dengan jumlah peduduk yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di daerah kepulauan Sulawesi adalah 3.222.241 jiwa.

Sulawesi Tengah


Sulawesi Tengah adalah salah satu nama provinsi yang paling luas diantara yang provinsi yang ada di wilayah Sulawesi lainnya. Selain itu kepulauan Sulawesi Tengah adalah salah satu kepulauan dengan jumlah penduduk terbanyak kedua, kebudayaan yang ada di kepulauan Sulawesi Tengah ini masih tetap dilestarikan dan telah turun temurun sampai saat ini.

Budaya Sulawesi Tengah

Berikut ini adalah nama-nama dalam arti kebudayaan yang ada di daerah Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut;

Rumah Adat Sulawesi Tengah 

Salah satu adat yang ada di daerah Sulawesi Tengah disebut juga dengan Rumah Tambi. Rumah ini adalah salah satu rumah yang berbentuk seperti persegi panjang dengan ukuran yaitu 7x5 m2. Rumah tambi ini adalah salah satu rumah yang dibuat dengan memiliki arah yaitu di bagian utara dan juga selatan.

Dan rumah ini dibuat dengan berbagai syarat yaitu tidak boleh membelakangi ataupun menghadap matahari. Arsitektur rumah ini mirip seperti jamur yang atapnya terbuat dari daun rumbia atau ijuk. Salah satu ciri khas dari rumah adat ini adalah bahn atap tersebut dapat digunakn seagai dinding juga. Kemudian untuk alas ruah adat  ini terbentuk dari susunan balok kayu dan pondasi terbuat dari Batu Alam. 

Pakaian Adat Sulawesi Tengah

Daerah Sulawsi Tengah adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka macam suku dan juga marga. Sehingga dalam hal ini pakaian adat yang digunakan dalam setiap acara juga berbeda-beda. Hal ini sampai pada acara pernikahan juga berbeda dengan setiap sukunya.

Di daerah Sulawesi Tengah adalah salah satu daerah yang terdiri dari delapan suku besar diantaranya adalah Suku Kaili, suku Bugis, suku Mori, suku Toli Toli, suku Saluan, suku Babasal, Gorontalo, dan suku Pamona. Sehingga tidak heran jika suku ini memliki berbagai macam jenis pakaian adat.

Suku Kaili

Daerah Sulawesi Suku Kaili adalah suku yang merupakan bagian dari daerah Sulawesi Tengah. Perlu diketahu bahwa masyarakat Suku Kaili adalah salah satu masyarakat yang bertempat tinggal di daerah Kabupaten Donggala, Sigi, Parigi-Moutong, Tojo-Una Una, Kabupaten Poso, dan Kota Palu.

Sehingga tidak heran ika masyaakat yang berasal dari daerah Kaili lah adalah masyarakatyang sering mewakili sebuah kesenian atau penampilan yang lainnya untuk tingkat nasional. Selain itu Pakaian adat masyarakat suku Kaili yang ada di daerah Sulawesi Tengah sring disebut juga dengan Baju Nggembe dan Baju Koje. 

Suku Mori

Suku Mori merupakan suku yang ada di daerah Sulawesi Tengah. Suku ini adaah salah satu suku yang bertempat tinggal di daerah Morowali. Pakaian adat yang ada di daerah ini disebut juga dengan Lambu.

Untuk perempan memakai pakian adat berupa blus yang berlengan panjang dengan rok berwarna merah dan tidak lpa memakai hiasan atau aksesoris. Sedangkan untuk laki-laki memakai kemeja dan celana panjang bewarna merah dan tidak lupa memakai penutup kepala. 

Suku Saluan 

Suku Saluan adalah salah satu suku yang bertempat tinggal di daerah Kabuaten Luwuk. Suku ini juga memiliki pakian adat tersendiri. Pakaian adat yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di daam Suku Saluan adalah disebut juga dengan pakaian Nu’boune.

Pakaian ini adalah salah satu jenis pakian yang hampirsama dengan sebuah blus yang berwarna kuning dan tidak lupa juga memakai  rok Mahantan dan tidak lupa juga memakai sebuah aksesoris. 

Tari Pontanu

Tari Pontanu adalah salah satu jenis tari yang ada di daerah Sulawesi Tengah rian ini adalah salah satu jenis tari yang menceritakan tentang kegiatan dari seorang penenun yang berada di daerah Donggala. Tarian ini adalah salah satu jenis tarian yang di tarikan dengan seorang wanita dengan gerakan seperti sedang menenun.

Tarian ini sering ditampilkan pada acara-acara tertentu, salah satunya adalah pada saat menyambut tamu agung, festival budaya, dan juga pada saat promosi budaya wisata. Tarian ini adalah sebuah jenis tari yang dimainkan dengan empat orang penari. 

Tari Pamonte

Tari Pamonte merupakan salah satu jenis tari tradisioal Sulawesi Tengah yang ditampilkan dengan cerita pada saat panen padi mereka memetik dan menuai padi secara bersama-sama. Kemudian untuk Pesta panen padi ini diakukan secara bersama-sama yang disebut juga dengan Vunja. Perlu diketahui bahwa Vunja adalah sebuah tradisi yang diadakan sebagai salah satu ucapan syukur mereka atas hasil panen yang di dapat.

Dalam sebuah tradisi ini jelas terlihat bahwa tarian ini menceritakan tentang panen padi yang di dapat, tarian ini di tarikan oleh seorang  wanita. Yang biasanya terdiri dari 10 anggota. 

Tari Balia

Tari Balia salah satu senjata yang berasal dari daerah Sulawesi Tengah. Tarian ini di tampilkan karena berkaitan dengan sebuah kepercayaan animisme. Tarian ini di tariakan pada saat mereka percaya akan benda-benda keramat yang ada di daerah tersebut.

Selain itu dapat juga digunakan sebagai salah satu alternative pengobatan tradisional untuk mengusir roh jahat yang ada di daerah tersebut. Sehingga jika dilihat arian ini adalah jenis tarian yang memang masih sacral di kalangan mereka, sehingga sampai saat ini tarian ini masih terus dilestarikan. 

Senjata Tradisional

Daeah Sulawesi Tengah adalah salah satu jenis daerah yang memiliki beraneka macam jenis senjata salah satunya adalah senjata Pasatimpo. Senjata ini adaah salah satu senjata yang paling terkenal di daerah Sulawesi Tengah.

Senata ini adalah salah satu jenis senjata yang hampir mirip dengan parang, ujungnya bengkok dan dibagian sarung dari senjata ini di beri sebuah Tali. Masyarakat sering sekali enggunakan senjata ini untuk tombak. Atau dapat juga digunakan untuk berperang melawan musuh. 

Suku dan Etnis  

Di daerah Sulawesi Tengah  ini terdiri dari berbagai macam jenis suku diantaranya adalah Penduduk asli Sulawesi Tengah yang terdiri dari lima belas suku atau etnis. Suku atau etnis di daerah tersebut diantaranya adalah suku Etnis Kaili yang terdapatdi daerah Donggala, kemudian ada suku Parigi Moutong, suku Sigi dan kota Palu, dan untuk Etnis Kulawi ini berada didaerah kabupaten Sigi, untuk Etnis Lore bertempat di daerah Kabupaten Poso.

Untuk Etnis Pamona berada di daerah kabupaten Poso, Etnis Mori berada di daerah kabupaten Morowali, Etnis Bungku berada di daerah kabupaten Morowali, Etnis Saluan atau Loinang berada di kabupaten Banggai, Etnis Balantak beada di kabupaten Banggai, Etnis Mamasa berada di kabupaten Banggai, Etnis Taa berada di kabupaten Banggai, Etnis Bare'e berada di Kabupaten Poso,Kabupaten Tojo Una-Una, dan ada juga Etnis Banggai berada di Banggai Kepulauan, Etnis Buol berada di kabupaten Buol, Etnis Tolitoli berada di kabupaten Tolitoli, Etnis Tomini mendiami kabupaten Parigi Moutong, Etnis Dampal berdiam di Dampal, kabupaten Tolitoli, Etnis Dondo berada di Dondo, kabupaten Tolitoli, Etnis Pendau berada di kabupaten Tolitoli, Etnis Dampelas berada di kabupaten Donggala.

Ini semua adalah salah suku dan etnis yang ada di daerah Sulawesi Tengah, semuanya berkumpul di daeah ini, namun walaupun begitu daerah ini adalah salah satu daerah yang masih tetap menjaga serta tetap melestarikan kebudayaan yang ada di daerah ini.

Nah, demikianlah penjelasan serta pengulasan secara lengkap terkait dengan nama-nama budaya di Sulawesi Tengah dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah edukasi bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Sulawesi Tengah dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel