10+ Budaya Sulawesi Utara dan Contoh Lengkapnya

Lingkungan kebudayaan yang ada di daerah Sulawesi Utara adalah salah satu sumber kebudayaan yang memiliki kekayaan seni budaya yang tinggi yang telah diwarisi dari nenek moyang pada zaman dahulu. Kemudian berbagai macam jenis tarian tersebut telah memberikan warna dan ciri khas tersendiri untk daerah Sulawesi Utara ini.

Sulawesi Utara


Di daerah Sulawesi Utara ini ada sebuah daerah yang disebut juga dengan daerah Manado. Daerah ini merupakan sebuah provinsi yang berada di provinsi Sulawesi Utara yang hidup dengan berdampisan dan saling menjaga toleransi antara satu dengan yang lainnya. Provinsi Sulawesi Selatan ini terdapat beberapa jenis agama, diantaranya adalah agama Kristen, Katolik, Islam, Hindu, Budha dan Kong Hu Chu.

Walaupun mereka tediri dari berbagai macam jenis agama dan beraneka macam suku, di daerah Sulawesi Selatan ini masih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa Utama.

Budaya Sulawesi Utara


Berikut ini adalah serangkaian nama-nama kebudayaan yang ada di daerah  Sulawesi Utara adalah sebagai berikut;

Rumah Adat

Kebudayaan yang ada di daerah Sulawesi Utara aalah saah satu kebudayaan yang memiliki beraneka macam jenis budaya, salah satunya adalah rumah adat yang diberi nama dengan Rumah Pewaris. Rumah adat ini adalah salah satu rumah adat yang telah di tempati oleh masyarakat dari kalanga bawahatapun dari kalangan kerajaan.

Rumah adat ini biasanya dibangun dari sebuah balok atau papan yang tidak boleh di sambung. Dan kayu yang digunakan juga tidak boleh bengkok, karena kayu tersebut adalah sebuah kayu yang melambangkan tentang ketulusan lahir dan juga batin. Sedangkan atapnya terbuat dari daun rumbiah, untuk di samping kanan dan di saming kiri rumah adat Pewaris ini di berikan anak Tangga.

Di dalam rumah adat ini juga terdapat beberapa ruangan diantaranya adalah ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar kamar. Kolong rumah. Kolong rumah ini biasanya digunakan oleh tuan rumah sebagai tempat penyimpanan alat pertanian ataupun alat perikanan yang berada di depan rumah adat tersebut.

Di samping kanan dan di samping kiri terdapat anak tangga yang berfunsi sebagai tempat atau sebagai pintu masuk dan pintu keluar. Tangga yang berada di sebelah kanan digunakan sebagai pintu masuk dan tangga yang berada di sebelah kiri digunakan sebagai pintu keluar. 

Pakaian Adat Bolaang Mangondow

Sulawesi Utara adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka macam jenis kebudayaan salah satunya adalah pakaian adat khas daridaerah Sulawesi Utara. Salah satunya adalah masyarakat yang ada di daerah Sulawesi Utara yaitu masyarakat Bolaang Mangondow.

Bolaang Mangondow merupakan salah satu suku etns yangpernahmembentuk sebuah keraajaan di daerah ini. Pada zaman dahulu kerajaan ini adalah sebuah kerajaan yang memang memiliki sebuah perkembangan yang cukup pesat.

Salah satunya adalah pakaian adat yang ada di daerah Sulawesi Utara yang digunakan pada saat acara-acara tertentu. Masyarakat Bolaang Mangondow adalah salah satu masyarakat yang dalam kesehariannya menggunakan pakaian adat yang disebut juga dengan kulit Mandow, namun biasanya masyarakat yang ada di daerah Sulawesi Utara ini menggunakan pelepah nanas yang hanya di ambil seratnya saja. Kemudian pelepah -pelepah ini dijadian sebagai kain.

Dan kain ini biasa dijahit dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari hari masyarakat Bolaang Mangondow. Kemudian seiring berkembangnya zaman masyaraat Bolaang Mangondow mulai menggunakan pakaian yang berasal dari bahan Kapas. 

Pakaian Adat Minahasa  

Perlu diketahui bahwa Suku Minahasa adalah salah satu suku yang telah menempati daerah sekitar Semenanjung. Daerah ini adalah salah satu suku yang memiliki kehidupan yang lebih berkembang dari suku yang lain.

Hal ini dapat jelas di lihat dari kepandaian dan keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat adat minahasa dalam memintai kapas untuk di jadikan sebuah kain yang dapat diguanakan dalam kehiupan sehari hari mereka. Pakaian adat yang berasal dari daera Minahasa ini disebut juga dengan Bajang.

Kemudian untuk pakaian adat yang digunakan oleh laki - laki pada saat acara – acara tertentu biasanya menggunakan pakaian ada yang jauh lebih kekinian atau modern,seperti menggunakan Kemeja dengan bawahan sarung, serta dilengkapi dengan dasi dan destar. Dester adalah  penutup kepala yang memiliki bentuk seperti  segetiga.

Sedangkan untuk wanita biasanya menggunakan kebaya dengan menggunakan kain sebagai bawahan dengan warna yang senada, dan tidak lupa memakai sebuah hiasan di kepalaseperti pernak – pernik yang diselipkan di kepala atau disanggul. Dan memakai hiasan atau aksesoris di leher, lengan serta telinga. 
Pakaian Adat Sangihe dan Talaud  

Pakaian adat Sulawesi Utara yang berasal dari suku Sangihe Talaud merupakan salah satu pakaian adat yang hanya diguanakan pada saat upacara Tulude. Pakaian adat ini adalah salah satu pakaian yang digunakan yang terbuat dari bahan serat kofo.

Serat Kofo adalah salah satu jenis serat yang terbuat dari tanaman pisang dengan memiliki serat batang yang cuku kuat. Kemudian serat tersebut dipintal, ditenun, dan dijahit menjadi selembar pakaian yang disebut pakaian laku tepu. Pakaian Laku tepu merupakan salah satu jenis pakaian dengan baju yan berukuran panjang.

Dan panjangnya bias sampai ke tumit. Kemudian cara menggunakan pakaian ini bias dengan menggunakan aksesoris berupa ikat pinggang atau Popehe, Paporong atau penutup kepala, kemudian ada bandang atau selendang di bahu, dan kahiwu atau rok rumbai. Pakaian ini biasanya digunakan oleh wanita atau pria dengan warna dasar yang dimilikinya adalah kuning, merah, hijau, atau warna cerah lainnya.

Tarian Daerah Sulawesi Utara

Tari Maengket adalah salah satu jenis tarian tradisional yang digunakan digunakan dengan cara berpasangan. Tarian ini adalah salah satu jenis tari yang menceritakan tentang suasana kasih dan saying serta ciuman dengan suasana yang romantis.

Kemudian ada Tari Polopalo tarian ini adalah salah satu jenis tari pergaulan yang sering di tampilkan oleh para pemuda yang ada di daerah tersebut. Tari ini adalah salah satu jenis tari yang menceritakan tentang kegembiraan masyaakat Minahasa yang bersama-sama melakukan panen kopi dan juga cengkeh. Tarian ini di tampilkan oleh sekelompok wanita.

Kemudian ada Tari Cakalele tari ini merupakan sebuah jenis tari yang di tampilkan untuk menunjukkan kegagahan dari seorang prajurit. 

Senjata Tradisional

Senjata Tradisinal yang dimiliki oleh daerah yang berasal dari daerah Sulawesi Utara adalah Keris. Keris adalah salah satu senjata yang biasanya digunakan oleh masyarakat yang ada di Sulawesi Utara. Bentuk dari keris yang berasal dari daerah Sulawesi Utara adalah berbentuk lurus tidak berlekuk-lekuk.

Selain itu di daerah Sulawesi Utara ini memeiik beberapa jenis senjata lain diantaranya adalah Peda. Peda ini adalah salah satu jenis senjata yang hampir sama dengan Parang, sabel,tombak, dan perisai. Senjata ini adalah salah satu jenis senjata yang dapat digunakan sebagai bertani atau menyadap enu. 

Suku

Derah Sulawesi Utara adalah salah satu daerah yangterdiri dari berbagai macam jenis suku dan juga marga. Ada beberapa jenis suku terbesar di daerah Sulawesi Uara diantaranya adalah di daerah Sangir terdapat 19.8% suku , Mongondow terdapat 11.3%, dan daerah  Gorontalo 7.4%, serta sisanya adalah pendatang yang berasal dari daerah   Tionghoa 3%.  

Mapalus

Mapalus merupakan sebuah teknik kerja sama yang digunakan dalam rangka kepentingan brsama masyarakat Sulawesi Utara. Sehingga dalam hal ini Mapalus merupakan sebuah kerjasaama atau suatu bentuk gotong royong yang memiliki perbedaan dalam usahanya. 

Bahasa Daerah

Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat  Sulawesi Utara adalah Gorontalo, Mongondow, Sangir, Minahasa, dan masih banyak yang lainnya.

Lagu Daerah

Di daerah  Sulawesi Utara terdapat berbagai macam jenis lagu daerah , diantaranya adalah Esa Moka, Gadis Teruna, O Ina Ni Keke, Si Patokan, Sitara Tillo, Tahanusangkara, dan Tan Mahurang.

Nah, itulah tadi serangkaian informasi yang telah kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan nama-nama budaya Sulawesi Utara dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

0 Response to "10+ Budaya Sulawesi Utara dan Contoh Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel