50+ Seni Rupa Terapan di Indonesia dan Penjelasannya


Karya Seni rupa terapan merupakan sebuah karya seni yang memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Karya seni rupa ini dapat di bedakan menjadi dua, yaitu karya seni rupa dengan fungsi estetis dan karya seni rupa dengan fungsi praktis.

Fungsi estetis merupakan karya seni rupa yang memiliki fungsi yaitu hanya sebagai benda hias, contohnya adalah karya seni batik yang dapat di buat untuk hiasan dinding, selain itu juga ada topeng dan vas bunga. Fungsi praktis merupakan sebuah karya seni rupa yang berupa benda dan dapat di pakai seperti perabotan rumah tangga dan juga bahan tekstil.  

Karya Seni Rupa Terapan


Berikut ini penjelasan tentang 50 karya seni rupa yang ada di nusantara dan asal nya adalah sebagai berikut:

Rumah Adat

Di Indonesia memiliki banyak sekali rumah adat. Seperti rumah Gadang yang berasal dari Padang, rumah Joglo berasal dari Yogyakarta, dan  Candi Bentar yang berasal dari  Bali, rumah panggung yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera.

Sampai saat ini rumah adat ini masih tetap di gunakan, meskipun telah banyak bentuk rumah yang modern. 

Batik

Salah satu batik yang paling popular di nusantara adalah batik Solo dan Pekalongan. Batik merupakan sebuah kain yang proses pembuatannya yaitu dengan proses canting atau printing. Batik adalah ciri dari pakaian orang Indonesia yang telah mendunia.

Saat ini juga sekolah-sekolah menggunakan batik sebagai seragam, bukan hanya itu saja kain batik juga sering di gunakan untuk acara formal dan Internasional. 

Senjata Tradisional

Di jaman dahulu, senjata tradisional digunakan untuk berburu, berperang melawan musuh, bekerja, dan dijadikan benda pusaka. Namun saat ini hanya digunakan sebagai benda pusaka dan alat untuk membantu melakukan pekerjaan.

Senjata tradisional seringkali memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Contoh senjata tradisional Nusantara adalah Celurit dari Madura dan Mandau dari Kalimantan.

Anyaman

Kerajinan anyaman masih sering digunakan hingga kini terutama bagi ibu-ibu yang sedang ke pasar. Anyaman juga dapat digunakan untuk membuat piring, mebel, tempat membawa ayam, furniture, dan lain-lain. Kerajinan anyaman hampir dapat ditemukan di seluruh wilayah Nusantara.

Sepatu

Cibaduyut di Bandung menjadi pusat pengrajin sepatu kulit. Bahkan banyak yang sudah diekspor ke luar negeri. Sepatu juga termasuk karya seni rupa terapan karena bernilai seni dan dapat digunakan sebagai alas kaki. Umumnya sepatu terbuat dari bahan kulit.

Gagang Pintu

Gagang pintu seringkali memiliki nilai seni. Pada umumnya gagang pintu terbuat dari kuningan atau logam.

Cobek

Cobek adalah alat masak tradisional yang terbuat dari batu. Cobek biasa digunakan untuk menghaluskan rempah-rempah. Sampai saat ini cobek sering digunakan untuk membuat bumbu-bumbu tradisional atau jamu.

Gerabah

Gerabah adalah kerajinan tangan yang umumnya terbuat dari tanah liat yang dibakar. Di sekolah seringkali diajarkan membuat asbak atau seni terapan lainnya dari tanah liat. Sampai saat ini gerabah masih sering digunakan misalnya untuk menaruh puntung rokok dan sebagai peralatan makan.

Tenun

Tenun adalah kain yang dibuat secara tradisional dengan cara menenun. Kain tenun adalah salah satu ciri khas Nusantara selain batik. Menenun biasanya membutuhkan waktu yang lama karena kerumitannya. Maka dari itu kain tenun memiliki harga yang mahal karena kerumitannya dan nilai seninya.

Alat Transportasi Tradisional

Alat transportasi tradisional masih eksis di tengah perkembangan transportasi modern yang kian pesat. Setiap daerah pasti memiliki alat transportasi tradisional yang khas. Alat transportasi tradisional seringkali diberi sentuhan seni supaya terlihat menarik.

Contoh alat transportasi tradisonal adalah becak, delman, perahu tradisional, dll. Ada juga alat transportasi modern yang menjadi ciri khas di salah satu daerah di Indonesia seperti bajaj di Jakarta.

Patung

Patung adalah salah satu karya seni rupa murni yang telah di bentuk untuk sebuah apresiasi khusus. Hal ini dapat di tunjukkan melalui keindahan dari patung tersebut. Patung biasanya dapat di temuka di dalam ruanga ataupun di luar ruagan dan bentuknya pun berbagai macam jenis dan ukurannya. 

Lukisan

Lukisan ini biasa kita temukan di ruang tamu, di kantor da masih bayak ruagan yang lainnya. Lukisan ini berasal dari berbagai ide para pembuat lukisan yang di wujudkan dalam betuk karya seni rupa. Dalam karya seni rupa biasanya alat yang di gunakan untuk melukis adalah kanvas, papan, kertas atau pasir.  

Seni Kaligrafi

Karya seni rupa kaligrafi adalah karya seni yang lebih focus terhadap keindahan kalimat dan hurufnya. Namun sekarang ini bukan hanya bahasa arab yang dapat dibuat untuk kaligrafi namun aksara jawa dan jepang pun dapat digunakan untuk membuat kaligrafi. 

Topeng

Topeng adalah sebuah benda yang dapat digunakan untuk menutup wajah asli dari seseorang tersebut. Topeng dapat dibuat dengan menggunakan bahan dari kertas, plastic, logam dan juga kayu. 

Relief

Relief merupakan karya seni pahat yang di buat dengan menggabungkan dengan ukuran 3 dimensi. adalah seni pahat yang digabung dengan ukiran 3 dimensi. Biasanya dalam pembuatan karya seni ini menggunakan media batu ataupun kayu. 

Kerajinan Dari Keramik

Karya seni ini memiliki bentuk yang beraneka ragam, mulai dari gantungan kunci ataupun hiasan meja. Kerajinan ini di buat karena biasanya karya seni ini memiliki bentuk yang sangat indah, berbeda dari yang lainnya. 

Seni Fotografi

Seni fotografi adalah sebuah karya seni  yang di terapkan dalam diri seseorang agar mengahsilkan gambar yang indah di lihat. Biasanya seorang fotografer akan mengambil gambar dengan menggunakan kamera. 

Karikatur

Karikatur merupakan salah satu adalah sebuah karya seni rupa yang di gambar dengan melebih – lebihkan ciri dari dari objek tersebut, agar terlihat lebih menarik dan lucu dari gambar yang asli. 

Ukiran kayu

Ukiran kayu adalah sebuah gambar yang dibuat untuk untuk menunjukan dari perbedaan ukiran di setiap bentuk yang di buatnya tersebut. 

Digital Painting

Perkembangan zaman yang semakin modern sekarang ini, sudah banyak yang menggunakan sofwere untuk mendesain, dalam hal ini seluruh program yang ada di sofwere ini di buat sama persis agar terlihat lebih seperti yang aslinya. 

Ayaman

Ayaman adalah karya seni yang dibuat dalam bentuk benda atau anyaman yang lucu. Bahan yang digunakan adalah berasal dari serat-serat yang dapat di betuk. 

Kerajinan Kulit

Karya seni rupa terapan ini sangat melimpah dan dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk seperti jaket, sabuk, sepatu, dompet, tas, wayang dll. Pengrajin kulit umumnya banyak tersebar di beberapa kota di Jawa Barat dan Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, kerajinan kulit ini merupakan suatu karya seni dari bahan kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintestis. Kulit sendiri bisa dihasilkan dari sapi, kerbau, kambing, buaya bahkan ular. Setiap bahan kulit mempunyai karakter masing-masing, sehingga dalam penggunaan dan perawatannya pun berbeda. 

Pakaian

Siapa yang tidak tau pakaian? Semua orang hidup didunia ini pasti mengenakan pakaian. Pakaian sendiri merupakan sebuah kebutuhan premier bagi setiap orang. Pakaian merupakan sebuah karya seni, karena dalam prosesnya pakaian dibuat dengan berbagai tahapan, dari mulai bahan mentah berupa kain hingga dapat kita kenakan dengan nyaman.

Seni dalam membuat pakaian lebih dikenal dengan istilah fashion design, dan pembuatnya disebut fashion designer. Indonesia kaya sekali dengan budaya, termasuk dalam hal pakaian adat. Para fashion designer sekarang piawai dalam memanfaatkan keanekaragaman busana adat yang ada di Indonesia sebagai ide busana yang akan mereka buat.

Senjata Tradisional

Kenal dengan Keris? Kujang? Tombak Trisula atau mungkin bambu runcing? Ya itu semua adalah senjata tradisional khas Indonesia. Sampai dengan saat ini senjata yang di golongkan dalam makna tradisi tersebut masih digunakan di beberapa daerah di Indonesia untuk berburu.

Jangan salah, senjata tradisional memiliki nilai seni yang tinggi, dilihat dari design senjata dan detailnya. Setiap senjata tradisional dari berbagai daerah memiliki keunikan dan unsur seni tersendiri atau dengan kata lain memiliki ciri khas masing-masing. Banyak kolektor atau budayawan yang mengkoleksi senjata tradisional karena estetika dan sejarahnya.

Peralatan Makan

Pada bagian contoh karya seni rupa murni disebutkan bahwa terdapat piring yang berfungsi hanya sebagai hiasan atau pajangan, karena pada sejatinya piring diperuntukkan sebagai wadah penyimpanan makanan.

Jika diamati, peralatan makan seperti yang kita ketahui, piring, gelas, garpu, sendok memiliki sentuhan seni mulai dari desain, hingga corak atau aksen yang diberikan.

Peralatan Dapur

Peralatan dapur pada umumnya terbuat dari alumunium atau logam yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah alat yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam memasak. Seperti wajan dan kawan-kawannya.

Nilai seni dari Peralatan dapur seringkali dilihat dari bentuknya yang disesuaikan dengan kemudahan dan kenyamanan penggunanya. Karya seni rupa terapan ini digunakan oleh seluruh rumah tangga di dunia dengan ciri khas daerah atau negara masing-masing.

Peralatan Rumah

Setiap peralatan rumah tangga memiliki nilai fungsi masing-masing. Seperti kursi, meja, lemar dll. Perabitan rumah tangga juga selalu disesuaikan dengan kebutuhan memberikan kesan indah pada rumah agar pemilik atau orang yang melihatnya merasa nyaman.

Dengan alasan tersebut maka pengrajin perabotan rumah selalu memberikan kreasi terbaiknya dalam mendesain atau merancang setiap perabotan yang dibuat, mulai dari ukiran, motif, jenis bahan yang digunakan, warna yang dipilih, dan masih banyak lagi.

Poster

Poster merupakan sebuah karya seni grafis yang dituangkan pada selembar kertas dengan berbagai ukuran. Meski kebanyakan poster dibuat secara digital, namun tidak sedikit orang yang membuat poster secara manual kemudian di digitalisasi agar dapat dipublikasikan secara online.

Agar dapat menarik perhatian khalayak banyak, poster harus memiliki nilai seni dan estitika tanpa mengesampingkan informasi didalamnya serta tujuan dibuatnya poster tersebut.

Mozaik

Mozaik adalah sebuah lukisan yang dibuat dari pecahan atau potongan kecil sebuah benda, bisa berupa kertas, kain, kaca atau bahkan batu keramik. Mozaik sendiri sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno.

Grafis

Seni rupa dalam bentuk grafis merupakan karya seni yang baru dikenal pada era modern seperti sekarang ini.

Seni rupa grafis sebenarnya sama saja dengan lukisan, namun media yang digunakan berupa komputer dengan menggunakan beberapa aplikasi. Hasil karya seni ini bisa berupa tulisan maupun gambar.

Arsitektur bangunan

Karya seni rupa terapa tiga dimensi adalah arsitektur bagunan. Bagunan yang indah berfungsi salah satunya adalah sebagai tempat tinggal, perkantran, rumah dan masih banyak yang lainnya manfaatnya. 

Istana Maimun

Istanan maimun adalah sebagai salah satu seni rupa 3 dimensi.  Luas bangunan ini adalah sebesar 2.772 meter persegi dengan 30 ruangan. 

Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu adalah termasuk kedalam kategori sebagai karya seni rupa terapan 3 dimensi. Bangunan dari Lawang Sewu sangat unik dan penuh dengan makna yang tersirat. Gedung ini termasuk kedalam bangunan kun dan bersejarah Dan telah mengalami renovasi. 

Masjid Raya Bandung

Masjid raya bandung ini terletak di kota Bandung lebih tepatnya di kota provinsi Jawa Barat. Masjid ini telah ada sejak tahun 1810. Pada zaman dahulu Masjid ini diberi nama masjid agung bandung. 

Kriya

Kriya merupakan karya seni rupa 3 dimensi yang difungsikan sebagai hiasan dalam ruangan. Teknik pembuatan maupun bahan yang digunakan dapat berasal dari logam, plastik, kayu, tanah liat, keramik, lilin, kulit, bambu, dan lainya. 

Seni Lukis Gua

Seni lukis gua adalah hasil dari arti kebudayaan yang dikembangkan pada masa berburu tingkat lanjut, dan ditemukan di daerah Sulawesi Selatan, Kepulauan Maluku, Papua, Kalimantan dan lain - lain. 

Pakaian

Pakaian adalah salah satu hal yang paling terlihat dalam penampilan tubuh. Maka dari itu banyak yang memilih pakaian yang sesuai dan indah, hal ini lah yang membuktikan bahwa pakaian termasuk kedalam karya seni rupa terapan.

Seni Film

Seni film adalah seni rupa murni yang biasanya dapat dihasilkan dari rekaman orang atau benda dengan  kamera.

Seni rupa terapan kerajinan kulit

Seni rupa terapan kerajainan kulit adalah karya Seni rupa terapan yang terbuat dari kulit binatang. Sehingga dapat membentuk kerajinan seperti sepatu kulit, tas kulit jaket kulit dan sebagainya. 

Seni rupa terapan ukiran kayu

Ukiran kayu adalah karya seni rupa yang berasal dari daerah melayu, di jepara. Ukiran kayu yang dibuat adalah seperti lemari yang terbuat dari kayu jati.

Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik merupakan salah satu jenis karya seni rupa terapan 3 dimensi. Banyak sekali karmic yang ada di pasaran seperti model keramik China.

Furnitur Hias

Furnitur adalah kebutuha rumah yang memang harus ada, seperti meja, kursi, rak, kitchen set,. Selain mengutamakan fungsi saat ini furnitur hias megutamakan seni rupa terapan yang dalam  bentuk 3 dimensi.

Kriya Logam

Kriya logam adalah karya seni yang terbuat dari bahan dasar pembuatan logam.Misalya dalam pembuatan Senjata untuk berperang, cermin berbingkai logam, alat musik dari logam, dan peralatan rumah tangga.

Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik adalah karya seni rupa terapan 3 dimensi. Banyak produk berbahan keramik yang sudah tersedia di pasaran dengan variannya yang menarik, dari segi tampilan, ukuran, hingga harga. Selain keindahannya yang memukau, kerajinan keramik juga bermanfaat dari segi fungsinya.

Seni lukis kaca Cirebon

Seni rupa Daerah Cirebon memiliki lukisan menggunakan media kaca yang biasa  disebut  dengan lukisan kaca.

Bahan yang dapat digunakan untuk melukis adalah cat kayu. Dalam pembuatan seni rupa ini harus berurutan yaitu dari belakang yaitu pembuatan garis, bidang, pewarna paling depan sampai dengan selesai. 

Seni lukis batik Pekalongan

Batik Pekalongan adalah salah satu batik yang mudah di temukansangat mudah di temukan. Seni lukis batik Pekalongan ini selalu mengikuti perkembangan zaman.  Sehigga Seni batik Pekalongan ini digunakan sebagai bahan pakaian, gorden, taplak meja, dan hiasan dinding.

Hiasan Rumah

karya seni rupa murni 3 dimensi dengan mudah di temukan disudut suatu ruangan baik di rumah sampai dengan yang berada disebuah museum. Hiasan rumah tersebut termasuk sebagai karya seni rupa murni 3 dimensi karena ditujukan untuk dinikmati keindahannya maupun mempercantik suatu ruangan. 

Seni Film

Seni film adalah seni rupa murni yang dihasilkan dari rekaman orang atau benda dengan  kamera.

Ayaman

Ayaman adalah karya seni yang dibuat dalam bentuk benda atau anyaman yang lucu. Bahan yang digunakan adalah berasal dari serat-serat yang dapat di betuk. 

Gagang Pintu

Gagang pintu seringkali memiliki nilai seni. Pada umumnya gagang pintu terbuat dari kuningan atau logam.

Nah, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan macam-macam nama Seni Rupa Terapan di Indonesia dan penjelasannya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan. Trimakasih,

0 Response to "50+ Seni Rupa Terapan di Indonesia dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel