Air Terjun Nan Indah di Kepahiang

Wisata air terjun Curug Embun adalah salah satu objek wisata Provinsi Bengkulu yang sudah sangat dikenal karena keindahan alamnya. Jika berkunjung ke Bengkulu khususnya Kabupaten Kepahiang, air terjun ini adalah salah satu rekomendasi tempat wisata yang tidak boleh dilupakan.

Air Terjun Curug Embun


Udara dingin, nuansa alami perkebunan, perkampungan warga, dan kesejukan air adalah bagian-bagian keindahan yang tidak terlupakan jika berkunjung ke air terjun Curug Embun ini. Karena keindahan dan kesejukan alamnya, setiap orang yang berkunjung ke Kepahiang belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke air terjun Curug Embun ini.

Cukup mudah untuk berkunjung ke lokasi air terjun Curug Embun ini. Air terjun ini terletak di Desa Tapak Gedung Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang, posisinya terletak dibagian barat wilayah Desa Tapak Gedung.

Waktu tempuh dari bandara Fatmawati Kota Bengkulu sekitar 2 jam perjalanan kendaraan darat dengan  jarak ke lokasi sekitar 75 Km. Dari Kota Kepahiang berjarak 5 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 10 menit.

Kendaraan umum yang dapat digunakan menuju ke lokasi dari Kota Kepahiang adalah angkutan umum, ojek motor, dan mobil sewahan. Jika dari Bandara Fatmawati dapat menggunakan kendaraan online Grab, taksi, dan mobil sewahan.



Gambar 1  Merek Curug Embun sebagai Objek Wisata


Udara yang sangat sejuk dan nuansa pegunungan yang alami dapat segera kita nikmati ketika langkah kaki memasuki Desa Tapak Gedung Kepahiang. Tanda yang menandai bahwa akan tiba di Curug Embun adalah merek “ Objek Wisata Air Terjun Curug Embun” tepat berada di depan Sekolah Dasar Negeri Tapak Gedung.

Wisata Air terjun yang masih alami ini sudah terdaftar di dinas pariwisata Kabupaten Kepahiang, tapi perawatan dan pengelolaannya masih dilakukan oleh masyarakat setempat. Tempat wisata ini termasuk tertib dan aman.

Parkir dijaga oleh petugas khusus di dekat pintu gerbang. Untuk Mobil diparkir di halaman warga dekat pintu gerbang karena jalan menuju air terjun agak sempit 2½  meter, sehingga dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 100 meter.

Sementara motor dapat parkir dekat dengan air terjun yang sudah disediakan lapangan khusus parkir pengunjung. Jalan menuju air terjun agak menurun dan mesti hati-hati melewatinya, namun pengelola sudah membuat jalan khusus pejalan kaki agar tidak terpeleset.

Sepanjang jalan menuju air terjun, pengunjung sudah dapat menikmati langsung nuansa sejuk dan keindahan air terjun. Kedatangan pengunjung seolah-olah langsung disambut oleh air terjun yang menebarkan keindahan dan kesejukannya.

Fasilitas di air terjun ini sudah mulai dilengkapi walau masih belum begitu baik dan permanen. Tempat duduk santai untuk pengunjung sudah diberi atap, jembatan menyeberang dan tempat foto selfi, tulisan-tulisan kenangan untuk diabadikan pengunjung, dan ruangan sederhana untuk ganti pakaian jika pengunjung ingin mandi.

Jika sudah selesai berkeliling dan menikmati semua lokasi di sini, biasanya perut terasa lapar dan haus. Di lokasi ini juga ada pedagang yang menjual makanan dan minuman untuk menghilangkan lapar dan haus.

Sebagian besar pengunjung adalah wisatawan lokal dari dalam Provinsi Bengkulu yakni wisatawan yang liburan membawa keluarga dan wisatawan komunitas tertentu baik kantor, sekolah atau organisasi lain.

Dari Provinsi tetangga Sumatera Selatan juga sering datang terutama pada hari-hari besar nasional dan keagamaan. Tamu-tamu yang juga sedang melaksanakan kegiatan di Provinsi Bengkulu yang berasal dari seluruh Indonesia juga sering berkunjung ke Curug Embun ini.

Sewaktu-waktu dapat digunakan bagi karyawan perkantoran untuk kegiatan refreshing dan out bond. Komunitas pramuka dan komunitas tertentu juga pernah menggunakan lokasi ini untuk berkemah atau kemping dan bakti sosial.



Gambar 2. Para Pengunjung sedang Menikmati Keindahan Air Terjun Curug Embun


Banyak hal yang dapat dinikmati ketika berkunjung di Air Terjun Curug Embun diantaranya keindahan Air terjun yang dingin, sejuk, dan berembun. Badan terasa segar dan benar-benar dapat refreshing dengan menikmati alam yang sangat indah.

Jika kita berkunjung agak dekat dengan air terjun, pakaian yang kita pakai terasa basah oleh embun yang berhembus. Sebaiknya kita membawa pakaian pengganti jika ingin benar-benar mendekat ke air terjun, ketika pakaian basah dapat kita ganti pada tempat ganti pakaian yang sudah disediakan pengelola.

Selain nuansa air terjun yang luar biasa indahnya, kita juga dapat menikmati perkebunan dan persawahan penduduk yang ada disekitarnya. Nuansa alami yang jarang dinikmati oleh orang perkantoran. Nah selfi-selfi menjadi senjata ampuh untuk mengabadikan momen-momen indah ini.

Pengunjung yang memang sudah meniatkan untuk mandi di air terjun Curug Embun dapat membewa peralatan untuk mandi. Lokasi sejuk ini sangat cocok untuk mandi bersama keluarga atau teman-teman karena lokasi air terjun tidak terlalu dalam dan airnya sangat jernih langsung dari mata air serta bebas dari volusi industri.

Mandi di air terjun ini dapat dinikmati oleh anak-anak sampai dewasa. Ada juga pengunjung yang memiliki hobi mancing sengaja berkujung dengan membawa peralatan memancing. Ikan air tawar yang ada di air ini dalam bahasa setempat adalah ikan putih, ikan cemedak, dan ikan sepat.

Walau jumlah ikan yang ada terbatas tapi tetap bisa menghibur pengunjung yang hobi memancing.
Dibagian seberang air terjun Curug Embun terdapat juga air terjun ukuran kecil yang merupakan muara dari saluran air dari persawahan penduduk.

Untuk menuju lokasi air terjun kecil ini dapat melewati jembatan penyeberangan yang sudah disediakan pengelola. Sebuah pilihan yang tepat untuk menikmati nuansa alam yang tak ternilai pada saat liburan atau disela-sela kerja untuk menyegarkan pikiran dan sarana hiburan.

Sebuah bentuk karunia dan bukti betapa maha besar dan maha indahnya sang penguasa Alam.
Lega dan terasa rilek pikiran setelah melakukan perjalanan menikmati keindahan alam. Sebagai wisatawan biasanya kita dititipi teman-teman untuk membawa oleh-oleh.

Penduduk Desa Tapak Gedung terkenal dengan petani kopi dan sayuran. Kebun kopi, sawah, kebun sayuran, dan buah-buahan ada disekitar lokasi objek wisata air terjun Curug Embun.  Kita dapat membeli oleh-oleh khas Tapak Gedung Kepahiang berupa Kopi Asli Kepahiang, sayuran dan buah-buahan dari petani langsung tanpa perantara.

Kopi Asli Kepahiang ini dapat dijumpai di rumah Kepala Desa Sutarwijaya. Sayuran dan buah-buahan ada di warung-warung di Desa Tapak Gedung. Sekali berkunjung ke sini akan terasa kurang dan suatu saat pasti merindukannya.

Cobalah ajak keluarga dan atau teman sekomunitas untuk kebersamaan yang menimbulkan kenangan yang tak terlupakan.

Kelebihan Air Terjun Curug Embun


Air terjun Curug Embun sekarang menjadi tempat wisata terkenal yang membawa keuntungan bagi pengunjung dan masyarakat sekitar diantaranya:
  • Keindahan alam yang memberikan penyegaran terutama bagi yang sibuk dirumah saja atau sibuk kerja kantor.
  • Tempat hiburan bisa digunakan untuk outbond kantoran dan wahana pemancingan bagi yang hobi.
  • Pendapatan bagi pemuda yang belum bekerja dengan menjaga keamanan dan sebagai petugas parkir.
  • Pendapatan bagi penduduk yang berjualan makanan dan minuman.
  • Pendapatan bagi penduduk sekitar dengan menyediakan lahan parkir.
  • Menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar dengan berjualan produk Asli daerah.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Air Terjun Nan Indah di Kepahiang. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Muzanip Alperi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih,

31 Responses to "Air Terjun Nan Indah di Kepahiang"

  1. sering kesini, sangat potensial dikembangkan lagi

    BalasHapus
  2. Pesona alam yang luar biasa.. Kereen...

    BalasHapus
  3. perlu pengembangan lebih lanjut, masih alami dan sangat mempesona

    BalasHapus
  4. kami pernah ke Curug Embun dan mandi airnya masih sangat segar banyak embun asri pegunungan

    BalasHapus
  5. kren pokoknya, terima kasih artikelnya. mhn izin share

    BalasHapus
  6. jika berkenan minta peta wilayahnya

    BalasHapus
  7. bukan sekedar indah tapi banyak mengandung cerita sarat makna

    BalasHapus
  8. layak menjadi wisata Nasional minimal lokal

    BalasHapus
  9. bisa untuk wisata anak sekolah setempat yang memperkenalkan potensi wisata dan alam daerah. Belajar tidak mesti di dalam kelas

    BalasHapus
  10. lengkapi fasilitas untuk duduk dan pertemuan

    BalasHapus
  11. @pendidikan: sayang masih dikelolah individu

    BalasHapus
  12. @pendidikan: menjadi kendala karena daerah ini gerbangnya pada tanah milik warga, jadi dikuasai pribadi. perlu perubahan agar lebih bagus pengelolaannya

    BalasHapus
  13. masukan untuk pengelolah, perlu bekerja sama dengan dinas pariwisata setempat agar layanan semakin baik

    BalasHapus
  14. tempaynya indah, alami, segar, dan cocok mengajak keluarga

    BalasHapus
  15. ya mari jaga kelestarian SDA yang diberikan Allah SWT, jangan dirusak

    BalasHapus
  16. pembenahan sebuah solusi

    BalasHapus
  17. bangun terus daerah kita kawan2

    BalasHapus
  18. Pesona alam yg luar biasa.. perlu dilestarikan

    BalasHapus
  19. Baguuuus banget.. recommended

    BalasHapus
  20. mengenal keindahan daerah adalah wujud cinta tanah air

    BalasHapus
  21. suatu pengenalan yang luar biasa bahwa curug embun tapak Gedung sudah sering digunakan berbagai kegiatan IHT beberapa perkantoran

    BalasHapus
  22. benar banget tempat yang indah

    BalasHapus
  23. sabtu minggu sangat banyak pengunjung

    BalasHapus
  24. Terima kasih @pendidikan atas masukan dan komentar, ini adalah alasan penting mengapa objek wisata ini perlu dikembangkan

    BalasHapus
  25. ya @budi perlu promosi lagi agar curug embun lebih di kenal

    BalasHapus
  26. @teman-teman yang lain terima kasih telah komentar, sangat membantu untuk curug embun yang lebih baik dan dikenal

    BalasHapus
  27. All: Mari kunjungi Curug Embun dan berikan masukan, semoga lebih baik lagi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel