Eksotiknya Tari Gelang Room Perwujudan Eksistensi Perempuan Madura




Madura merupakan pulau yang terletak di sebelah timur Laut Jawa dengan jumlah penduduk hampir 4 juta jiwa dan luas wilayah 5.168 km persegi. Etnis Madura memiliki beberapa kebudayaan yang cukup kental, termasuk bagaimana cara pandang mereka terhadap kaum perempuan yang merupakan bagian penting dalam struktur masyarakat.

Selain sebagai simbol wibawa dan kehormatan keluarga, kehidupan perempuan Madura merupakan salah satu hal yang banyak diperbincangkan. Selain cantik, mereka dikenal sebagai pribadi yang mandiri serta pekerja keras, seperti itulah sosok perempuan-perempuan Madura yang senang menggunakan gelang kaki atau  binggel, gelang yang merupakan simbol kebanggaan perempuan Madura serta mampu menunjukkan status ekonomi seseorang ini.

Terinspirasi dari perempuan Madura yang enerjik dan mandiri, seorang koreografer asal Surabaya, Dimas Pramuka Admaji menciptakan tari Gelang Ro’om pada tahun 2006. Sebuah tarian yang menceritakan eksistensi perempuan-perempuan Madura dalam menapaki kehidupan.

Siapa yang menyangka, bahwa tari kreasi ini ternyata memperoleh apresiasi luar biasa. Tarian yang diadaptasi dari tari Topeng Getak dan Roding ini berhasil meraih juara umum pada Parade Tari Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah tahun 2006.

Selain itu, gelar koreografer terbaik juga berhasil diperoleh oleh tarian yang di mainkan lebih dari satu orang ini, termasuk tata rias terbaik, kostum terbaik, tarian kreasi terbaik, arasemen musik terbaik, 13 penyaji terbaik, serta penyaji terbaik di wilayah Jawa-Bali.

Tari gelang ro’om yang memiliki arti gelang harum, secara visual banyak bercerita tentang perempuan Madura yang gemar menggunakan gelang sejak zaman dulu kala. Gerakan tarinya nampak spontan, enerjik, dinamis, serta mendetail.

Dalam tarian itu, nampak perwujudan perempuan-perempuan cantik Madura yang tengah berjalan, berdiri maupun berjalan miring. Bagaimana cara mereka menggunakan gelang, bersimpuh, bahkan berhias.

Arasemen musik yang disajikan tidak lepas dari perkusi dan kenong telok serta gendhing-gendhing yang menjadi kekhasan daerah Madura, termasuk saronen. Selain, memperhatikan arasemen musik, kegairahan perempuan-perempuan yang senang merantau ke berbagai daerah ini ditunjukan dengan cara berbusana maupun berdandan. 

Desain dari tata busana yang digunakan oleh penari gelang ro’om ini terdiri, dari: Kebaya, entrok atau kutang, kain panjang (bawahan), kain sarung, celana, gelung angka 8, rinjing atau keranjang, dan perhiasan seperti; giwang, bunga merah dan putih pada sanggul, binggel pada kedua kaki, gelang keroncong pada tangan kanan dan kiri.

 Tari gelang ro’om pantaslah dijadikan sebuah fenomena yang hadir melalui jiwa-jiwa seni bangsa Indonesia. Bagaimanapun, bangsa ini kaya akan budaya serta mampu menimbulkan decak kagum bagi bangsa asing.

Namun, terabaikan oleh bangsa sendiri. Ironis, bukan? Mulai sekarang mari belajar menghargai dan mencintai budaya kita, sebagai warisan leluhur yang kelak akan mengharumkan nama bangsa.


Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Tari Gelang Room. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Erlina P. Lestari ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,





11 Responses to "Eksotiknya Tari Gelang Room Perwujudan Eksistensi Perempuan Madura"

  1. Perempuan Madura sdh dikenal sbg perempuan mandiri & tangguh

    BalasHapus
  2. Budayakan jangan hilangkan eheh

    BalasHapus
  3. Informatif..
    Tingkatkan terus info tari tradisional kita..
    Agar Masyarakat luas mengenalnya

    BalasHapus
  4. Wah inovasi Budaya yang luar biasa, mengangkat tema Wanita Madura dari sisi kerja keras, tanggu dan bernilai,sukses karyanya sukses wanita madura sukses wanita Indonesia, Ibu bangsa.

    BalasHapus
  5. Jaman sekarang semakin sedikit wanjwa Indonesia yang mau belajar tari daerah. Padahal hal tersebut sangat penting sebagai upaya pelestarian budaya bangsa, terutama agar tidak di akui oleh negara lain

    BalasHapus
  6. Informatif sekali infonya, jadi tau ttg seni indonesia yang beraneka ragam 😊

    BalasHapus
  7. Jadi pengen belajar tari lagi.. Sangat menginspirasi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel