Eksplor Indonesia: Daerah Medan



Keberagaman Indonesia terkenal dengan ke-Khas-an tersendiri 
Indonesia terkenal dengan keberagaman yang ada di dalamnya, seperti keberagaman suku,  budaya,  bahasa,  dan kuliner. Masing-masing daerah yang ada di Indonesia memiliki ciri dan kekhasan tersendiri mengenai keberagaman tersebut. Banyak sekali daerah yang dapat dieksplor tentang keberagaman yang ada di dalamnya, sebut saja daerah Medan.

Daerah Medan merupakan salah satu kota yang ada di Pulau Sumatera, sekaligus ibukota Provinsi Sumatera Utara. Kota ini memiliki semboyan "bekerja sama dan sama- sama bekerja untuk kemajuan dan kemakmuran Kota Medan metropolitan".

Bahkan semboyan ini merupakan salah satu lirik lagu yang pernah diciptakan walikota Medan Abdillah Ramli,  yang wajib diketahui penduduk Medan dan sempat juga menjadi lagu untuk mata pelajaran kesenian di beberapa sekolah-sekolah yang ada di Medan.

Kekayaan keberagaman kota Medan 


Kota Medan juga dikenal dengan dialek bahasanya yang khas,  dan tak jarang sebagian orang yang berada di luar pulau Sumatera menganggap bahwa bahasa yang diujar oleh orang-orang Medan terkesan keras dan kasar.

Padahal jika bertemu langsung dengan orang -orang Medan tersebut tidak halnya demikian.  Kekayaan bahasa dan logat serta dialek setidaknya mampu memberikan keindahan tersendiri, terkhusus daerah Medan ini.

Bahasa yang mereka ujarkan bukan bermaksud untuk kasar,  apalagi membentak dengan intonasi mereka yang keras. Akan tetapi,  memang seperti itulah Medan.  Mereka cenderung to the point dengan maksud dan arah pembicaraan mereka tanpa basa-basi.

Jadi, jika kamu ingin jalan-jalan ke Medan,  maka jangan terkejut dan diambil hati dengan apa yang mereka lontarkan.

Jika menilik suku yang ada di Medan,  maka banyak sekali suku yang ada. Hampir semua suku berkumpul di Medan, seperti Minang,  Batak,  dan Jawa. Padahal suku asli kota Medan sendiri adalah Melayu.  Akan tetapi kebanyakan orang mengira bahwa suku asli Medan itu adalah Batak.

Selain itu kota Medan juga kaya akan kulinernya.  Banyak sekali oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ketika berkunjung ke kota ini.  Sebut saja olahan durian.  Ya,  kota ini memang terkenal dengan salah satu kulinernya berupa durian.

Dagingnya yang tebal dengan biji yang kecil menjadikan makanan ini menjadi favorit bagi para pelancong.  Apalagi buah ini selalu ada dibeberapa daerah yang ada di kota Medan, tidak harus musim durian.

Bahkan dengan daging buahnya yang tebal kerap kali dijadikan olahan seperti pancake durian ataupun pia durian.  Akan tetapi buah ini lebih nikmat jika dimakan langsung setelah kulitnya dibuka tentunya.

Khas Medan: Oleh-oleh dan Tempat Wisata


Selain durian makanan lezat lainnya yang wajib dicoba adalah lontong,  soto, gulai nangka,  sate, nasi goreng khas daerah Medan yang rasanya gak kalah dengan masakan dari daerah Indonesia lainnya. Menurut orang-orang yang pernah berkunjung ke Medan mengaku bahwa makanan-makanan tersebut dapat membuat ketagihan dengan rasanya yang sangat memanjakan lidah.

Sehingga ketika mereka pulang ke daerah asalnya,  kerinduan akan rasa makanan itu selalu terngiang-ngiang. Tapi jangan khawatir karena makanan khas Medan lainnya yang dapat dibawa pulang adalah bolu dan kacang Medan yang tak kalah lezatnya.

Sekedar informasi jika ingin mencari makanan ringan, seperti kacang Medan, maka jangan sebut ini sebagai kacang Medan. Kalian tidak akan pernah menemukannya di berbagai toko oleh-oleh jika menyebut dengan nama kacang Medan tersebut, karena makanan ringan yang  memang sangat nikmat dijadikan cemilan.

Karena sensasi 'kriuk-kriuk' yang membuat ketagihan tak mau berhenti mengunyah ini, jika kalian ingin membelinya untuk dijadikan oleh-oleh atau sekedar dicicipi, maka carilah di toko oleh-oleh khas Medan dengan menyebutnya sebagai 'kacang Arab' bukan 'kacang Medan'.

Kalian tidak ke Medan kalau belum singgah ke Mesjid Raya (Masjid Raya Al Mashun) dan tempat-tempat perjalanan wisata lainnya, seperti istana Maimun, Merdeka Walk,  Museum Rahmat Shah (Rahmat Galery).

Disana kalian akan diajak berkeliling mengetahui ke khasan kota Medan secara langsung. Di Mesjid Raya (Masjid Raya Al Mashun) kalian bisa beribadah dan juga dapat melihat arsitektur Mesjid dengan ke khasannya yang berbentuk segi delapan dengan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat.

Masjid Raya Medan ini juga merupakan saksi sejarah kehebatan Suku Melayu sang pemilik dari Kesultanan Deli (Kota Medan) yaitu Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam yang berprinsip bahwa pembangunan Mesjid ini lebih utama ketimbang kemegahan istananya sendiri, Istana Maimun (Sumber: Wikipedia).

Istana Maimun kini telah menjadi salah satu ikon kota Medan yang menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

Selain itu perjalanan wisata lainnya yang tak mengedukasi dan menambah wawasan dapat dijumpai di Meseum Rahmat Shah atau dikenal dengan Rahmat Gallery yang berlokasi di Jl. S. Parman, Kota Medan, Sumatera Utara. Di dalamnya kalian akan melihat kumpulan jenis satwa di dunia yang sudah diawetkan.

Budaya

Mengutip dari dolandolen.com bahwa budaya yang terdapat di Medan meliputi alat musik, kerajinan, rumah adat, dan tarian khas kota Medan, dimana alat musik khas Medan adalah sikambang. Sedangkan kerajinan khas Medan memiliki kain kerajinan ulos yang bahkan telah menjadi maskot dan terkenal di berbagai wilayah Indonesia bahkan bagi para pelancong mancanegara.

Kain kerajinan ulos telah bertahan setidaknya selama 4.000 tahun yang lalu oleh kebudayaan Batak dan untuk rumah adat, Suku Batak di Medan memiliki rumah adat bernama rumah bolon. Rumah adat ini berbentuk panggung dengan bahan utama kayu.

Kemudian tarian khas kota Medan adalah tarian Melayu Serampang Dua Belas yang memiliki dua belas macam gerakan.

Demikian sekilas tentang keberagaman yang ada di Medan, salah satu kota besar yang ada di wilayah Indonesia. Banyak sekali daerah lain yang ada di Indonesia tak kalah memiliki kekhasannya masing-masing. Budayakan eksplorasi yang ada di sekitar kita,  karena bisa jadi bahan referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang negara Indonesia.

Nah, itulah tadi serangkaian artikel yang menjelaskan tentang Budaya daerah Medan. Semoga tulisan yang dikirimkan oleh Susandra Karima ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Terimakasih,


0 Response to "Eksplor Indonesia: Daerah Medan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel